Matamaya

Ingin Endorse Influencer? Ikuti Tips Influencer Marketing Ini!

Ingin Endorse Influencer? Ikuti Tips Influencer Marketing Ini!
28 March 2024
Ingin Endorse Influencer? Ikuti Tips Influencer Marketing Ini! - Influencer marketing Indonesia - Matamaya

Menjalin kerjasama yang baik dengan influencer sangatlah penting karena mendatangkan banyak keuntungan jangka panjang bagi brand. Namun, dalam melakukannya terkadang ada saja hambatan yang menghalanginya. Nah, agar Anda bisa bekerja sama dengan influencer secara baik dan efektif, yuk ikuti tips berikut!

 

Tantangan Bekerja Sama dengan Influencer

Sebelum membahas tips untuk bekerja sama dengan influencer, penting untuk mengidentifikasi tantangan yang sering dialami. Beberapa tantangan yang mungkin Anda hadapi termasuk:

  1. Kurangnya kontrol atas konten
    Anda mungkin khawatir tentang kehilangan kendali atas konten sehingga ada potensi konten yang dihasilkan influencer kurang sesuai brief atau panduan yang sudah diberikan. Kekhawatiran wajar terjadi karena konten yang kurang sesuai brief dapat merusak konsistensi dan citra brand yang telah dibangun dengan baik. 

  2. Biaya tambahan
    Umumnya, Influencer akan mengenakan biaya tambahan atau meminta kompensasi atas revisi yang signifikan atau melebihi jumlah maksimum revisi yang disepakati dalam kontrak. Oleh karena itu, persiapkan anggaran cadangan untuk menghindari pengeluaran yang tidak terduga.

  3. Potensi keterlibatan palsu
    Beberapa influencer bisa jadi berpotensi menggunakan bot untuk meningkatkan engagement dan memenuhi target campaign. Tentunya, praktik ini dapat merusak integritas campaign Anda dan merugikan brand Anda.

  4. Kesulitan mendapatkan data performa campaign
    Seringkali influencer sangat sulit untuk dimintai data performa campaign yang sering berjalan. Hal ini menyebabkan brand menjadi terkendala dalam melakukan improvisasi campaign apabila ternyata hasilnya kurang memuaskan.

 

Tips Bekerja Sama dengan Influencer

Tips Kerja Sama dengan Matamaya - Matamaya

Meskipun tantangan-tantangan ini mungkin terjadi, tapi bukan berarti tidak dapat diantisipasi. Anda bisa jadi tidak akan mengalami kejadian di atas apabila menerapkan strategi yang tepat dan kerja sama yang baik dengan influencer. Berikut tips yang bisa Anda praktikkan:

  1. Riset yang mendalam
    Lakukan riset atau penelitian yang mendalam untuk memilih influencer agar lebih relevan dengan audiens dan nilai-nilai brand Anda. Pastikan bahwa cara komunikasi dan target audiens mereka sesuai dengan target pasar Anda. Selain itu, telusuri juga respon audiensnya untuk mengetahui apakah mereka memiliki reputasi yang baik di kalangan audiensnya.

  2. Jalin hubungan yang dua arah
    Perlu diingat bahwa ketika Anda memilih bekerja sama dengan influencer berarti Anda juga telah memilihnya sebagai partner kerja. Oleh karenanya, fokuslah untuk membangun hubungan yang dua arah dan saling menguntungkan. Jangan hanya berfokus pada tujuan bisnis Anda, tetapi juga berikan nilai kepada influencer seperti kompensasi yang sesuai atau tawaran kolaborasi yang menarik untuk kedepannya

  3. Tetap terbuka terhadap kreativitas
    Berikan influencer kebebasan kreativitas kepada influencer untuk menyampaikan pesan brand Anda dengan cara dan ciri khas mereka sendiri. Anda cukup memberikan brief atau panduan yang jelas dan responsif membantu influencer apabila mereka membutuhkan informasi tambahan.

  4. Transparan dan jujur
    Selalu jaga transparansi dalam kerja sama Anda dengan influencer. Bicarakan tentang kompensasi, alur kerja, peraturan brand, data performa campaign yang harus diberikan influencer, dan ekspektasi Anda dari awal untuk menghindari kesalahpahaman dan menimbulkan hambatan.

  5. Proaktif melakukan monitoring
    Tidak perlu menunggu influencer memberikan hasil campaign-nya yang cenderung lama diberikan ataupun menunggu sampai campaign selesai, brand Anda sebaiknya proaktif dalam melakukan monitoring campaign sendiri.

    Dengan melakukan monitoring sendiri, Anda dapat memiliki kontrol yang lebih besar atas campaign yang berjalan dan melakukan improvisasi dengan lebih cepat. Monitoring ini bisa dilakukan dengan bantuan  Influencer analytic tool dari Matamaya.
    Influencer analytic tool - Matamaya
    Matamaya dapat memberikan informasi tentang performa influencer campaign, termasuk daily engagement, average engagement, video view, dan metrik lainnya untuk membantu Anda mengevaluasi efektivitas campaign dan membuat penyesuaian jika diperlukan. Selain itu, Anda bisa memisahkan antara konten personal dengan konten endorse di Matamaya sehingga dapat diketahui dengan pasti perbandingan performa antara keduanya.

    Jika ingin mengetahui reputasi influencer ataupun memahami baik buruknya respon atas campaign yang Anda jalankan, Matamaya juga menyajikan analisis sentimen mulai dari perkembangan sentimen harian, persentase tiap sentimen, dan detail komentar sesuai klasifikasi sentimen. 
Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.