Matamaya

Personal Branding Analytics

Nikmati kemudahan mengetahui reputasi digital individu secara akurat

Personal Branding Analytics

Apa Itu Personal Branding Analytics? | Personal Branding - Matamaya

Apa Itu Personal Branding Analytics?

Personal Branding Analytics adalah solusi bagi individu yang ingin memahami citra dirinya, persepsi audiens, maupun popularitasnya di platform digital. Mulai dari influencer, artis, pejabat, pebisnis, bahkan tokoh potensial sekalipun dapat memanfaatkan analitik ini.

Melalui data serta analisis mendalam yang tersaji, Anda dapat mengetahui keefektifan personal branding yang sudah maupun yang akan dibangun. Titik kelemahan dan kekuatan Anda dibandingkan kompetitor dari berbagai aspek juga dapat teridentifikasi.

 

Berbagai Fitur Andalan untuk Meningkatkan Reputasi Anda

Berbagai Fitur Andalan untuk Meningkatkan Reputasi Anda | Personal Branding - Matamaya

  1. Word Cloud
    Ketahui kata kunci yang sering disebutkan audiens dan media berita ketika mereka membicarakan tentang Anda, kompetitor, dan kategori yang berhubungan dengan Anda. Melalui hal ini, Anda dapat memahami pandangan mereka secara tepat.
  2. Comparison
    Bandingkan kekuatan dan kelemahan kategori personal brand Anda dengan kompetitor. Identifikasi peluang dan petakan strategi untuk memenangkan persaingan merebut hati audiens.
  3. Mention Volume
    Dapatkan kemudahan mengetahui kategori yang paling banyak dibicarakan audiens dan media berita. Lalu, temukan platform yang menghasilkan percakapan tersebut agar Anda dapat menjangkau mereka lebih maksimal.
  4. Mention Trend
    Pantau setiap perubahan total percakapan tentang Anda dari waktu ke waktu. Temukan kapan saja puncak percakapan tersebut terjadi supaya Anda dapat membangun interaksi dengan audiens di waktu yang tepat. Ketahui pula dampak dari setiap campaign atau aktivitas tertentu (debat, kebijakan baru, pernyataan, dan lainnya) yang Anda maupun kompetitor lakukan dalam suatu periode terhadap total percakapan audiens.
  5. Share of Voice
    Pahami sejauh mana pesaing Anda mendapat perhatian audiens. Informasi ini juga dapat Anda gunakan untuk mengetahui keefektifan strategi Anda dibandingkan pesaing.
  6. Sentimen
    Pelajari sentimen positif, negatif, dan netral pada setiap kategori sehingga bisa menghasilkan respon yang tepat. Temukan pula masalah dan keluhan audiens untuk menjaga reputasi Anda serta mencegah isu negatif.
  7. Hashtag & Mention
    Pahami tingkat keterlibatan audiens dalam tiap hashtag campaign yang berkaitan dengan kompetitor dan kategori Anda. Temukan pula tokoh ataupun audiens terpopuler yang sering disebut dalam percakapan.
  8. Popularity dan Favorability
    Kenali posisi tiap kategori Anda di pandangan audiens. Apakah sudah diterima dengan baik atau masih perlu ditingkatkan? Pemahaman ini sangat berarti dalam membantu Anda menentukan strategi yang lebih tepat dan efektif.ns.
  9. Most User
    Ketahui akun media sosial yang paling aktif membicarakan Anda dan kompetitor maupun siapa yang paling berpengaruh dalam sebuah perbincangan. Temukan peluang kolaborasi dengan individu yang memiliki pengaruh besar tersebut.
  10. Interaction
    Pahami perubahan respon audiens dari waktu ke waktu untuk memahami tingkat ketertarikan mereka terhadap masing-masing kategori. Informasi ini dapat membantu Anda untuk menciptakan strategi komunikasi yang lebih relevan dan menarik
  11. Topic
    Ketahui apa yang menjadi perhatian utama audiens melalui perbandingan total penyebutan topik dalam setiap kategori personal brand. Temukan insight mendalam mengenai topik yang perlu difokuskan selanjutnya.

Mengapa Personal Branding Analytics Layak Anda Gunakan? 

  1. Multiple Project
    Anda maupun tim dapat menambahkan berbagai project secara bebas di satu dashboard. Hal ini memudahkan Anda yang ingin memantau lebih dari satu personal brand atau kategori sehingga hasil yang disajikan lebih spesifik dan akurat.
  2. Multiple Access
    Dengan multiple access, setiap anggota tim dapat melihat perubahan analitik yang sama pada dashboard. Hal ini memungkinkan tim untuk cepat merespons perubahan situasi, mengidentifikasi masalah, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan tanpa menunggu laporan dari salah satu pihak.
  3. Memantau Percakapan Lokal
    Melalui kelebihan ini, Anda akan semakin memahami insight audiens lokal untuk berkomunikasi dengan mereka secara lebih autentik, relevan, dan efektif. Insight ini juga berguna untuk menemukan berbagai potensi strategi promosi, perancangan kebijakan, dan lainnya.
  4. Menangkap Percakapan dari Berbagai Platform
    Sederhanakan pemantauan percakapan Anda dalam satu dashboard saja. Personal Branding Analytics akan memudahkan Anda menggali insight dari 5 media sosial (Instagram, Facebook, X/Twitter, TikTok, dan YouTube) dan media berita online sekaligus. Dapatkan hasilnya secara mendalam berdasarkan analisis harian, mingguan, dan bulanan.

 

Contoh Insight yang Bisa Anda Dapatkan 

 

Comparison

Comparison | Personal Branding - Matamaya

Berdasarkan comparison chart di atas dapat diketahui bahwa setiap personal brand memiliki kategori terkuat dan terlemah yang berbeda-beda. Contohnya, Prabowo paling kuat pada kategori impor dan produksi, tapi paling lemah pada kategori energi sehingga perlu mengambil langkah-langkah untuk memperkuat strateginya dalam sektor energi.

Sebaliknya, Ganjar paling kuat pada kategori infrastruktur dan kebijakan, tapi paling lemah pada kategori pangan. Oleh karena itu, Ganjar perlu untuk mengembangkan solusi kebijakan yang lebih efektif dalam bidang tersebut.

 

Mention by Topic

Mention by Topic | Personal Branding - Matamaya

Berdasarkan mention by topic, Anda dapat mengetahui secara detail topik yang diperbincangkan pada setiap personal brand dan category. Contohnya, ketika audiens maupun media membicarakan category pangan yang berkaitan dengan Anies, hampir 50% percakapan adalah seputar topik produksi. Sementara, topik logistik sangatlah minim dibicarakan.

 

Mention Trend

Mention Trend | Personal Branding - Matamaya

Selama 6-23 Mei 2023, pemberitaan dan perbincangan seputar Ganjar yang berkaitan dengan topik pilpres mengalami pergerakan tren tertinggi dibandingkan para tokoh politik lainnya. Puncak pembahasan tersebut terjadi pada 19 Mei. Pada topik yang serupa, Prabowo juga menarik perhatian sehingga kenaikan tren berada di atas tokoh lainnya.

Siap Memperkuat Personal Branding Anda? 

Mulai tingkatkan citra diri Anda dan hasilkan strategi branding yang tepat melalui keakuratan data bersama Matamaya.

 

Hubungi Kami
Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.