Matamaya

Ini 6 Manfaat Social Media Insight untuk Memaksimalkan Brand Anda

Ini 6 Manfaat Social Media Insight untuk Memaksimalkan Brand Anda
29 November 2023
Ini 6 Manfaat Social Media Insight untuk Memaksimalkan Brand Anda  - Target audiens - Matamaya

Apa Itu Social Media Insight?

Social media insight adalah wawasan yang didapatkan dari proses pemantauan dan analisis percakapan maupun aktivitas yang terjadi di berbagai platform media sosial. Insight ini dapat berupa pemahaman terhadap tren, sentimen, preferensi, keluhan, atau kesan yang orang miliki terhadap suatu topik, produk, atau layanan.

Untuk mendapatkannya, diperlukan tool khusus yaitu social media listening tool. Dengan menggunakan tool tersebut, brand maupun digital marketer dapat melacak keyword dan hashtag yang berkaitan dengan mereka guna memahami bagaimana audiens berinteraksi, berdiskusi, atau bereaksi terhadap hal-hal tersebut di media sosial. 

 

Manfaat Social Media Insight

Social media insight terbukti bisa memberikan segudang manfaat bagi brand. Adapun berbagai manfaatnya adalah sebagai berikut: 

  1. Menjaga reputasi brand
    Social listening insight bermanfaat untuk mengetahui tren dan perubahan dalam percakapan mengenai brand Anda dari waktu ke waktu. Informasi mengenai perubahan persepsi dan kebutuhan audiens dapat membantu Anda menjaga reputasi brand.

  2. Menemukan brand insights
    Manfaat berikutnya adalah brand Anda akan lebih memahami bagaimana audiens melihat dan merespons atas produk maupun layanan yang Anda berikan. Bukan hanya memahami kebutuhan dan preferensi audiens saja, tapi juga tentang harapan dan pengalaman audiens terhadap brand tersebut.

  3. Inovasi produk
    Berhubungan dengan poin sebelumnya, social listening analysis dapat memahami kebutuhan, preferensi, dan masalah yang dihadapi oleh audiens. Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan insight ini guna menciptakan ide inovatif pengembangan produk atau perbaikan produk yang ada.

  4. Mendapatkan informasi kompetitor
    Social media insight bisa membantu Anda untuk mengetahui jenis konten yang diposting kompetitor maupun oleh audiens, tingkat interaksi, sentimen, dan percakapan yang berkaitan dengan kompetitor. Dengan demikian, insight tentang strategi yang berhasil ataupun tidak berhasil pada kompetitor dapat Anda temukan sehingga Anda bisa berpeluang untuk memenangkan persaingan lebih baik.

  5. Menemukan pelanggan potensial
    Manfaat selanjutnya adalah brand Anda bisa menemukan pelanggan potensial secara online dan menawarkan mereka untuk menggunakan produk atau layanan Anda. Anda bisa memulai dengan membagikan informasi berguna ketika mereka menyebutkan keyword tertentu. 

  6. Menciptakan konten yang menarik 
    Konten adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga keterlibatan audiens dan menjaga citra positif brand. Melalui konten, Anda dapat menunjukkan kemampuan Anda dalam memenuhi kebutuhan audiens dan beradaptasi dengan tren.

 

Mau Mendapatkan Social Media Insight?

Social Media Insight - Matamaya

Setelah mengetahui manfaat-manfaat di atas, tentunya Anda juga ingin mendapatkannya, ‘kan? Nah, Anda bisa memanfaatkan social media listening tools seperti Matamaya yang dapat memantau ratusan bahkan ribuan percakapan dan postingan dalam waktu yang cepat. Dengan demikian, Anda dapat fokus ke pekerjaan lainnya seperti penyusunan strategi daripada menganalisis data secara manual. 

Terlebih, jika Anda ingin memahami lebih dalam mengenai konsumen maupun target audiens lokal maka tool ini layak untuk dipertimbangkan. Beberapa keunggulan yang bisa Anda nikmati, yaitu:

  • Word cloud untuk memahami kebutuhan, minat, dan tren target audiens.
  • Brand positioning/ Share of voice guna mengetahui posisi dan popularitas Anda dibandingkan kompetitor.
  • Sentimen untuk mengetahui penilaian target audiens terhadap brand Anda maupun kompetitor.

Jadi tunggu apalagi, mulailah perjalanan mengenali target audiens lebih dekat Anda bersama Matamaya. Dapatkan manfaat terbaiknya secara gratis di sini!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.