Matamaya

5 Tanda Personal Branding Sudah Berhasil

5 Tanda Personal Branding Sudah Berhasil
16 January 2024
5 Tanda Personal Branding Sudah Berhasil - Analisis Personal Branding - Matamaya

Keberhasilan personal branding memainkan peran dalam meningkatkan kredibilitas. Mengetahui tingkat keberhasilan membantu Anda memahami sejauh mana personal branding telah diterima audiens dan mengetahui apakah sesuai dengan ekspektasi yang Anda harapkan.

 

5 Tanda Personal Branding Sudah Berhasil

Berikut adalah 5 tanda bahwa personal branding Anda sudah berhasil:

  1. Dikenal dan diingat secara luas
    Tanda pertama adalah cukup banyak audiens yang sudah mengenali dan dapat mengingat identitas serta keunikan Anda di antara banyaknya individu yang melakukan personal branding serupa. Bahkan, ketika nama atau wajah Anda muncul di media sosial, audiens dapat langsung mengaitkannya dengan karakteristik atau nilai-nilai khas yang Anda tunjukkan.

  2. Dibicarakan secara positif
    Tanda selanjutnya yaitu pembicaraan tentang Anda cenderung positif. Feedback yang positif seperti pujian dan testimoni positif mencerminkan bahwa personal branding Anda telah diterima dengan baik. Jika Anda diliput oleh media, berita yang disampaikan juga cenderung positif dan menggambarkan Anda sebagai figur yang mumpuni di bidangnya.

  3. Lebih disukai audiens dibanding kompetitor
    Di antara banyaknya tokoh ataupun profesional yang aktif di dunia digital dan audiens tetap memilih Anda adalah indikator yang positif. Preferensi audiens terhadap Anda mencerminkan keberhasilan daya tarik personal branding yang sudah Anda terapkan. Jika audiens sudah tertarik dengan Anda, opini-opini Anda juga akan cenderung lebih dipercayai dan mendapat respon positif.

  4. Tingkat engagement audiens tinggi

    Engagement yang tinggi dari audiens dalam bentuk like, retweet, repost, dan lainnya dapat menjadi tanda bahwa mereka menyukai opini maupun cerita-cerita yang Anda sajikan. Tentu, tingginya jumlah  engagement tidak hanya bisa membuat Anda lebih unggul dari kompetitor, tapi juga berdampak positif pada luasnya jangkauan personal branding Anda di media sosial.

  5. Mendapat tawaran kolaborasi
    Bagi Anda yang membangun personal branding di media sosial dengan tujuan mendapatkan klien atau tawaran kolaborasi, poin ini bisa menjadi tolok ukur keberhasilan. Dengan personal branding yang kuat, Anda akan dianggap sebagai tokoh yang dipercaya dan kredibel. Hal ini akan meningkatkan keinginan para pemilik bisnis untuk berkolaborasi dengan Anda.

 

Ketahui Keberhasilan Personal Branding Anda dengan Matamaya!

Tanda keberhasilan di atas akan sulit diketahui tanpa adanya sebuah Personal branding analytic tool. Keberadaan tool ini berperan untuk memberikan data akurat dan gambaran lebih jelas tentang keberhasilan yang telah Anda capai.

Salah satu tool yang menyajikan data-data terkait personal branding adalah Matamaya. Personal branding analytic Matamaya dapat digunakan untuk mengetahui beberapa informasi berikut:

  1. Popularitas melalui data mention volume untuk mengetahui seberapa terkenal Anda di tiap platform digital. 
  2. Respon audiens beserta sentimennya untuk lebih memahami bagaimana cara audiens memandang Anda (positif, netral, atau negatif).
  3. Perbandingan dengan kompetitor melalui chart personal brand comparison, popularity-favorability, dan share of voice untuk mengidentifikasi kelemahan serta kekuatan Anda dibanding kompetitor.
  4. Tingkat engagement beserta detail jenis interaksinya untuk memahami cara audiens berinteraksi dengan Anda.
Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.