Matamaya

Activity Analytics

Activity Analytics

Activity Analytics - Matamaya

(source : camilo jaminez)

Jumlah pengguna social media meningkat menjadi 3,6 miliar dan 73% marketer menganggap penggunaan social media untuk pemasaran efektif atau sangat efektif untuk bisnis mereka. Namun, hanya membuat halaman bisnis dan menjalankan kampanye tidak akan banyak membantu kecuali kamu secara aktif memantau keefektifannya.

Sama pentingnya dengan menghasilkan kampanye pemasaran yang efektif, melacak kemajuannya dan melihat apakah itu memiliki dampak yang kamu harapkan akan terjadi juga penting. 

Akibatnya, kamu memerlukan strategi pemantauan kampanye social media untuk menentukan apa yang dapat kamu lakukan untuk membuatnya lebih efektif.

Saat merencanakan strategi atau kampanye pemasaran digital, kamu mungkin memiliki serangkaian target dan sasaran untuk social media yang ingin dicapai, dan itu akan membantu mengukur kesuksesan. 

Tetapi bagaimana kamu menilai apakah kamu mencapai tujuan ini? 

Matamaya memiliki sebuah fitur yang dapat kamu gunakan untuk memantau progress kampanye yang dilakukan dalam periode waktu tertentu, yakni Activity Analytics.

Kamu dapat menambahkan hingga limit tidak terbatas detail tentang kampanye pemasaran yang dijalankan. 

Activity Analytics akan memberikan gambaran kinerja dari kampanye dengan melacak kinerja hashtag yang digunakan, bertujuan untuk mengukur dampak yang diberikan dari masing-masing hashtag terhadap jangkauan dan engagement audience.

Sebelum melakukan pemantauan kampanye di fitur Matamaya Activity Analytics, kamu perlu melakukan beberapa hal ini terlebih dahulu:

  1. Impressions
    Mengacu pada berapa kali post muncul di feed atau timeline audience, terlepas dari apakah audience memperhatikan atau berinteraksi dengan kiriman tersebut. Penting untuk dicatat bahwa satu pemirsa dapat memiliki beberapa impressions karena postinganmu dapat muncul di feed mereka lebih dari sekali.

  2. Reach
    Jangkauan mengacu pada jumlah audience unik yang telah melihat (atau berpotensi melihat) suatu konten. Mengukur jangkauan akan memberimu gambaran tentang seberapa jauh informasi tentang kampanye menyebar.

  3. Volum Brand Mentions
    Ini mengacu pada jumlah total mentions di social media platform selama jangka waktu tertentu.

 

Informasi Dashboard Activity Analytics  

Informasi Dashboard Activity Analytics - Matamaya

Activity Analytics di Matamaya memungkinkanmu untuk menganalisis dan melaporkan keberhasilan kampanye, memberimu insights yang dibutuhkan untuk menyesuaikan dan memperbarui pendekatan guna fokus pada strategi dengan dampak tertinggi bagi perusahaan.

Dashboard dan laporan analitik Matamaya membekali kamu untuk memahami bagian mana dalam kampanye pemasaran yang berhasil, apa yang perlu dioptimalkan, dan dampak keseluruhan pemasaran pada sasaran pemasaran dan bisnismu.

Laporan dan dashboard Matamaya memberikan gambaran umum tentang aktivitas kampanye yang kamu jalankan di setiap social media platform. 

Dari daftar kampanye di Matamaya, kamu dapat melihat analisis sekilas untuk setiap kampanye yang dijalankan. Kamu dapat menambahkan daftar kampanye dengan menambahkan judul kampanye, periode berlangsungnya kampanye, primary hashtag, hashtags, dan social media platform mana yang ingin kamu gunakan untuk menjalankan kampanye tersebut. 

Setelah mengisikan beberapa informasi di atas, maka kamu dapat memantau kampanye selama periode waktu berlangsung. 

 

Contoh Analisis 1 Activity Analytics - Metrik Brand Awareness 

Activity Analytics - Metrik Brand Awareness - Matamaya

Activity analytics memberi kamu pembaruan secara real time tentang hasil dari setiap kampanye dan varian dalam kampanye tersebut, serta detail pesan.

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur Activity Analytics adalah memantau progress sasaran kampanye.

Tentu kamu telah memiliki sasaran yang ingin dicapai dari kampanye social media, misalnya brand awareness.

Kamu hanya perlu fokus pada pengukuran seberapa besar perhatian publik saat ini yang diperoleh oleh brandmu. Mungkin terdengar seperti konsep abstrak, tetapi di social media platform, kamu dapat menemukan tanda-tanda kuat tentang seberapa mapan identitas dan kehadiran brandmu dengan memperhatikan beberapa metriks dalam fitur Activity Analytics, antara lain:

  1. Brand mentions: berapa kali audience menyebut nama brandmu dengan memberikan tag atau hanya disebutkan.
  2. Hashtag: penyebaran hashtag yang dibuat oleh brandmu untuk memperkuat identitas dan mendorong engagement.
  3. Sentiment audience: positif, negatif, atau netral tentang brandmu.

 

Contoh Analisis 2 Activity Analytics - Audience Behavior 

Activity Analytics - Audience Behavior - Matamaya

Kamu dapat menggunakan informasi dari activity analytics untuk mengubah target audience dan meningkatkan efisiensi kampanye.

Activity analytics kami adalah alat canggih yang memungkinkanmu mendapatkan visibilitas ke dalam atribut audience behavior yang membentuk interaksi kampanye, dan mempelajari bagaimana atribut tersebut memengaruhi jalur konsumen menuju konversi.

Baik brands berfokus pada klik, konversi, atau KPI lainnya, analisis ini akan menunjukkan kepadamu tumpang tindih antara audience behavior tertentu dan tindakan yang kamu lacak.

 

Kenapa Pilih Matamaya Fitur Activity Analytics 

  1. Kenali audience
    Dengan activity analytics kamu dapat mengidentifikasi target audience dengan mudah. Ketahui audience yang menjangkau dan terlibat dengan konten dan hashtag yang kamu tentukan, kemungkinan besar kamu akan dapat mengetahui kapan mereka menghabiskan waktu mereka dan berada di sana.

  2. Pahami mode komunikasi
    Kamu tahu di mana audiencemu berada. Sekarang kamu juga dapat mencari tahu apa yang harus diberitahukan kepada mereka dan bagaimana caranya. Apakah menurut kamu gambar yang sangat detail akan berhasil? Atau mungkin artikel panjang yang bagus? Dengan melakukan activity analytics kamu dapat mengetahuinya dengan mudah.

  3. Kurasi konten
    Jangan hanya mengirim pesan acak secara tiba-tiba. Matamaya Activity Analytics merupakan sebuah tool riset yang dapat kamu gunakan untuk menguji konten yang efektif. Uji dan terus uji, untuk mengetahui mana yang terbaik untuk meningkatkan kinerja strategi pemasaran.

 

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.