Matamaya

Listening Analytics

Listening Analytics

Listening Analytics - Matamaya

Di era digital, lebih dari separuh penduduk Indonesia menggunakan social media platform setiap hari. Apa yang dapat diceritakan dari percakapan tersebut tentang trend dan sentimen terbaru terhadap brand?

Social listening memberikan kemampuan untuk mengakses percakapan digital di seluruh social media platform, memahami apa yang sedang diperbincangkan, yang pada akhirnya dapat membantumu dalam mengambil tindakan.

Kunci dari social listening sama seperti mendengarkan dalam kehidupan nyata, yakni mengidentifikasi dan menganalisis bagian-bagian yang bermakna dari suatu percakapan.

Baik kamu adalah agen pemerintah yang melayani publik, atau pelaku usaha yang bersaing di pasar yang berkembang pesat, Matamaya Social Listening dan Analytics dapat membantu menginformasikan kinerja strategimu, mengelola risiko, memantau landscape kompetitif, dan terhubung dengan customer secara real-time.

Pemantauan yang kami lakukan menggunakan pendekatan scrape and dump, yang dapat membantu mengumpulkan setiap mention yang disebutkan terkait brand, produk, atau industri sejenis.

Matamaya Social Listening mengambil pendekatan refleksi dan analisis. Alat kami dapat membantu memperhatikan pola dan insights, serta sentiment, seperti bagaimana perasaan audience ketika mereka berbicara tentang brand, dan di platform mana percakapan tersebut terjadi.

Sejak 2020, Matamaya telah menyediakan social media monitoring seperti Facebook, Twitter, YouTube, TikTok, dan Instagram hingga kemampuan teks, sentimen, dan social listening analytics tingkat lanjut.

Matamaya menawarkan insights yang dapat membantu kamu memimpin perubahan.

Alat social listening analytics kami dapat membantumu menganalisis percakapan terkait brand, konten, dan mention di social media platforms untuk insights terkait customer. 

Semua skala bisnis dapat menggunakan insights yang kami sediakan untuk mengembangkan strategi cerdas untuk menangkap peluang bisnis baru dan meningkatkan kehadirannya saat ini. 

Platform pembelajaran mesin berbasis AI Matamaya dapat memindai ribuan komentar, posting, hashtag, item berita, dan semua obrolan sosial lainnya, serta menganalisis semuanya untuk sentimen. 

Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui bagaimana perasaan publik tentang brand, dan apa alasan di balik metrik social media platform.

 

Informasi Dashboard Listening Analytics  

Dashboard Listening Analytics - Matamaya

Matamaya Social Listening Analytics memberikan beberapa insights yang dapat digunakan bisnis, seperti brand mention, sentimen sosial, analisis hashtag, dan banyak lagi. 

Berikut insights yang dapat kamu peroleh dari Matamaya secara rinci.

 

  1. Brand Mentions
    Matamaya Listening Analytics dapat memberi tahu semua informasi yang dibutuhkan tentang brand mention. Kamu akan tahu apakah itu positif atau negatif, dan tergantung pada sentimen yang diungkapkan. Alat analisis social media kami juga memiliki dashboard analisis sentimen yang dapat mengingatkanmu ketika brand mentionmu muncul.

  2. Sentimen Sosial
    Kamu dapat memberikan semua informasi tentang sentimen publik terkait brand yang diungkapkan di seluruh social media platform. Sentimen sosial yang terkumpul dapat digunakan untuk mengarahkan audience ke arah yang kamu inginkan atau mengembangkan konten sosial yang lebih menarik di masa mendatang.

  3. Analisis Tren
    Setiap brand dan perusahaan tentu ingin berada di social media untuk memastikan bahwa mereka memiliki jangkauan seluas mungkin dan memenuhi kebutuhan publik. Kabar baiknya adalah kamu dapat memanfaatkan informasi yang kami sediakan untuk menemukan tren dan melihat bagaimana kamu dapat menggunakannya untuk keuntungan bisnismu.

  4. Analisis Hashtag
    Fitur listening analytics Matamaya dapat memberitahumu detail tentang sentimen seputar hashtag tertentu, dan frekuensi kemunculannya. Kamu dapat memanfaatkan listening analytics kami untuk menganalisis hashtag yang sedang tren dan memproses konten berdasarkan konteks waktu, brand, jenis produk, jenis audience, profil pengguna, dan aspek lainnya. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat mengetahui semua yang perlu diketahui tentang apa yang berhasil untuk brand dan apa yang tidak, serta membuat keputusan yang tepat tentang penggunaannya untuk efisiensi dan hasil yang lebih baik.

 

Contoh Analisis 1 Listening Analytics – Strategi Produk yang Tepat 

Dashboard Listening Analytics - Strategi Produk yang Tepat - Matamaya

L'Oreal merupakan salah satu brand terkenal yang menerima manfaat social media listening untuk membangun strategi pemasaran dan pengembangan produk.

Hal ini tercermin bagaimana setiap perwakilan digital dari L'Oreal pernah berbicara tentang perlunya dan manfaat social media listening untuk bisnis.

Salah satu petinggi mereka pernah mengatakan bahwa social media listening dapat mendorong siklus pengembangan produk dengan membantu perusahaan mengidentifikasi tren industri dan menunjukkan apa yang menjadi demand dari customers.

Meskipun sebagian besar brand menggunakan social media listening untuk pengembangan produk, itu bukan satu-satunya tujuan yang dapat dicapai, dimana social listening dapat membantu perusahaan di berbagai skala mengawasi peringkat, ulasan, dan percakapan.

 

Contoh Analisis 2 Listening Analytics – Customer Service Based Social Listening 

Listening Analytics - Customer Service Based Social Listening - Matamaya

Taco Bell adalah salah satu brand yang melakukan interaksi lucu dengan brand lain, bekerja dengan komedian sebagai influencer, dan mempekerjakan programmer untuk membuat GIF humor yang di-share di social media platform.

Banyak ide yang mereka peroleh datang dari social listening secara real time. Mereka menggunakan penelitian untuk membuat kampanye social media baru, ide produk, dan mengembangkan customer service.

Bagi Taco Bell, customer service adalah prioritas utama yang mereka lakukan dengan bantuan social media listening.

Mereka tidak hanya me-retweet setiap hal positif yang dikatakan publik tentang brand, dan sering berinteraksi dengan audience hanya untuk berbagi humor, tetapi mereka juga membalas keluhan dan menghargai pendapat customers . Misalnya, ketika tim social media memperhatikan bahwa customers sering kecewa dengan salah satu ingredient, mereka mulai mengirimkan email ke restoran untuk mengingatkan cara mengikuti resep.

Kenapa Pilih Matamaya Fitur Listening Analytics 

  1. Real-time Tracking
    Berbeda dari metode pelacakan pemasaran tradisional, dimana laporan diberikan setiap 1-3 bulan tergantung pada paket subscription, Matamaya menyediakan pelacakan secara real-time kepada klien. Kamu dapat memperoleh insights listening analytics berbasis real-time dan melihat kinerja brand yang diperbarui setiap hari, serta mengoptimalkan kampanye yang sesuai.

  2. Insights Otentik
    Di masa lalu, brand dan perusahaan mendapatkan insights konsumen melalui penelitian konsumen yang ekstensif dan mahal, dimana lokasi, ukuran sampel, dan topik penelitian terbatas. Dengan Matamaya, kamu dapat belajar dari percakapan organik tentang diri mereka sendiri dari seluruh social media platform. Kamu tidak hanya dapat memperoleh akses ke customer secara massal, alat analytics kami juga dapat membantu menghemat waktu, uang, dan sumber daya untuk riset pasar.

  3. Identifikasi Influencer
    Di masa lalu, perusahaan menghubungi influencer untuk mendukung brand mereka di social media platforms, yang terkadang terkesan dipaksakan dan dapat dengan cepat diabaikan sebagai “iklan”. Dengan Matamaya Listening Analytics, kamu kini dapat mengidentifikasi orang-orang yang sudah membicarakan brand, dan menjangkau mereka sebagai influencer dengan cara yang otentik dan hemat biaya.
Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.