Matamaya

Influencer Analytics

Influencer Analytics

Influencer Analytics - Matamaya

Terlepas dari ukuran bisnismu atau dalam industri apa pasar brandmu terlibat, sekarnag ini konsep analytics lebih penting daripada sebelumnya.

Semua bisnis terlibat dalam persaingan pasar, sehingga untuk tumbuh dan berhasil, mereka harus memahami kompetitornya, dan yang paling penting, customer.

Bisnis harus membangun dan memantau serta mengelola proses dan aktivitas, semuanya dengan tujuan menjadi yang paling produktif dan responsif di pasar.

Untuk berhasil, banyak marketer generasi baru menggunakan analytics untuk memandu strategi influencer mereka. Mereka menemukan peluang influencer baru lebih cepat daripada kompetitor serta terlibat dengan audience dan customer mereka.

Dalam social media networks, influencer dapat membawa efek riak ke seluruh audience melalui penyiaran pesan. 

Influencer menawarkan skala ekonomi untuk menjangkau kelompok yang lebih besar, sementara juga menawarkan opini populer dan kondisi pasar terkini dengan memanfaatkan jaringan pribadi mereka untuk mengumpulkan data intelijen yang menguntungkan strategi pemasaran.

Sebelum dapat menangkap data tentang tema atau topik utama yang penting bagi reputasi brand, kamu perlu mengungkap jenis influencer yang tepat untuk strategi influencer yang kuat.

Kamu dapat menggunakan fitur Matamaya Influencer Analytics untuk menemukan influencer yang tepat untuk berkolaborasi. Karena tidak semua influencer berada pada niche yang sama.

Matamaya Influencer Analytics juga dapat mengukur, menganalisis, dan mengevaluasi jangkauan dan kinerja influencer yang sedang berkolaborasi dengan brandmu, termasuk menganalisis basis follower. 

Matamaya dapat mengukur seberapa sering influencer dan follower mereka terlibat dan bagaimana mereka juga dapat memberi tahumu apakah follower mereka nyata atau tidak.

Influencer Analytics kami juga dapat mengidentifikasi jenis konten yang paling sesuai untuk target pasar dan followermu serta membantu menyusun kampanye influencer yang sukses daripada kampanye yang diam-diam gagal di social media networks yang luas.

 

Informasi Dashboard Influencer Analytics 

Influencer Analytics - Matamaya

Untuk mempertahankan keunggulan kompetitif, kamu harus tahu data apa yang perlu dianalisis untuk mendapatkan informasi penting yang akan mendorong kesuksesan brand. 

Salah satu tugas yang paling penting marketer dalam analytics adalah menemukan dan mengumpulkan data yang tepat dan memastikan bahwa semua faktor, variabel, dan data yang dapat mempengaruhi hasil analisis disertakan. 

Mungkin ada puluhan variabel, dan marketer seringkali kesulitan mengidentifikasi variabel yang tepat. Namun tanpa kemampuan untuk mengidentifikasi variabel yang tepat, bisnis kemungkinan akan mengukur dan memperhatikan hal-hal yang salah.

Gunakan Matamaya Influencer Analytics untuk mengidentifikasi influencer dengan tingkat pengaruh tertinggi. 

Didukung oleh algoritma AI yang canggih, Matamaya melihat puluhan metrik untuk dapat mengukur potensi dampak yang diciptakan influencer.

Kamu dapat menggunakan alat analytics kami untuk menemukan influencer potensial yang dapat membantu pemasaran brand di berbagai social media platform, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan TikTok.

Fitur yang tersedia dalam dashboard Matamaya Influencer Analytics terdiri dari dua, yakni Search Influencer, dan Lists Influencer.

Kamu dapat melihat kinerja influencer dengan mengetik user name pada fitur Search Influencer dan membandingkan kinerja beberapa influencer pada fitur Lists Influencer.

Kamu dapat memperoleh informasi berupa jumlah fans/ follower, reach, jumlah posts, engagement, jumlah likes dan comments, kinerja hashtag, mention, wordcloud, enable/ disable word, interaction sentiment user dan sebagainya ketika masuk ke dalam akun influencer.

 

Contoh Analisis 1 Influencer Analytics – Reach and Impressions 

Influencer Analytics – Reach and Impressions - Matamaya

Dua metrik pertama yang dapat dilihat dalam menganalisis kinerja pemasaran influencer adalah jangkauan rata-rata (reach) dan tayangan (impressions) setiap posting. 

Reach mengacu pada jumlah total orang sebenarnya yang melihat postingan atau video, sedangkan impressions dihitung setiap kali konten ditampilkan, terlepas dari apakah konten tersebut dilihat beberapa kali oleh audience yang sama.

Salah satu keuntungan utama pemasaran influencer dibandingkan iklan berbayar yang lebih tradisional adalah audience yang sangat besar yang dapat langsung kamu manfaatkan. 

Dalam banyak kasus, reach pemasaran influencer juga bisa jauh lebih berharga daripada jumlah yang setara dalam pengeluaran iklan berbayar karena audience mereka jauh lebih reseptif dan terlibat dengan konten mereka. Ini membawa kita ke metrik utama berikutnya untuk dilacak.

 

Contoh Analisis 2 Influencer Analytics – Engagement 

Influencer Analytics – Engagement - Matamaya

Sebelum dan sesudah berinvestasi pada influencer, engagement adalah salah satu metrik terpenting untuk dianalisis. Karena banyak algoritma social media menggunakan engagement sebagai faktor untuk menentukan berapa banyak audience yang akan melihat postingan.

Dalam mengevaluasi influencer, perlu diingat bahwa kamu tidak perlu membandingkan metrik ini hanya berdasarkan angka mentah. 

Kamu dapat membandingkan engagement influencer relatif terhadap ukuran audience mereka. Misalnya, "micro-influencer" yang lebih kecil biasanya memiliki tingkat engagement yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang memiliki lebih dari 1 juta follower.

 

Kenapa Pilih Matamaya Fitur Influencer Analytics 

Fitur Influencer Analytics - Matamaya

Matamaya Influencer Analytics memberdayakan setiap pengguna bisnis dan memungkinkanmu dengan cepat memilih dan menargetkan data untuk mencapai hasil tanpa bantuan profesional IT, atau analis.

Matamaya Influencer Analytics dapat membantumu menemukan hubungan nyata dan dampak keputusan untuk targetmu.

Beberapa keuntungan menggunakan Matamaya Influencer Analytics, yakni:

  1. Efisiensi Waktu
    Ketika membandingkan dengan pekerjaan manual yang harus kamu lakukan, platform kami dapat membantu meningkatkan efisiensi secara dramatis dalam memantau kinerja influencer yang bekerjasama dengan brand dan mendapatkan informasi tepat tentang kinerja organik mereka.
  2. Influencer yang Tepat
    Kami dapat membantu menyempurnakan strategi dan fokus pada aktivitas, produk, fitur, dan influencer yang akan memiliki dampak positif terbesar pada bisnismu melalui identifikasi influencer yang tepat yang berbicara tentang industri-mu.
Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.