Matamaya

Metrik LinkedIn Analytics yang Penting Dilacak Bisnis 2024

Metrik LinkedIn Analytics yang Penting Dilacak Bisnis 2024
16 April 2024
Metrik LinkedIn Analytics yang Penting Dilacak Bisnis 2024 - Analisis Performa LinkedIn - Matamaya

LinkedIn Analytics adalah alat yang sangat berharga yang dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas, keterlibatan, dan pertumbuhan bisnis Anda di LinkedIn. Tanpa menggunakan LinkedIn Analytics, Anda mungkin kehilangan wawasan penting tentang bagaimana konten Anda diterima oleh audiens, serta kesempatan untuk menyesuaikan strategi Anda agar lebih efektif.

 

Apa Itu LinkedIn Analytics?

LinkedIn analytics adalah fitur yang memungkinkan para digital marketer untuk melacak dan menganalisis performa konten dan halaman mereka di LinkedIn. LinkedIn analytics menyediakan berbagai metrik yang terkait dengan aktivitas bisnis, seperti jumlah reach, engagement, dan perkembangan followers. Fitur ini memberikan wawasan berharga untuk memahami efektivitas marketing campaign, membuat strategi konten berdasarkan data, dan menilai pertumbuhan brand di LinkedIn.

 

Metrik LinkedIn yang Harus Dilacak

Terdapat banyak metrik LinkedIn yang tersedia bagi, tapi bukan berarti Anda harus melacak dan memantau semua hasilnya. Metrik LinkedIn yang harus Anda lacak tergantung pada tujuan marketing yang Anda tetapkan. Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan brand awareness di platform ini, maka Anda bisa mengutamakan metrik reach dalam menilai ketercapaiannya.

Berikut penjelasan dari masing-masing metrik LinkedIn yang perlu bisnis Anda ketahui:

  1. Reach
    Metrik reach di LinkedIn mengacu pada jumlah orang yang melihat atau terpapar dengan konten Anda di platform tersebut. Metrik ini mencerminkan seberapa luasnya jangkauan atau distribusi konten Anda kepada audiens LinkedIn. 

    Semakin tinggi metrik reach, semakin besar potensi konten Anda untuk dilihat dan diakses oleh pengguna LinkedIn yang lebih banyak. Dengan memantau metrik reach, Anda dapat mengevaluasi seberapa efektif konten Anda dalam menjangkau target Anda di platform LinkedIn.

  2. Impression
    Metrik selanjutnya adalah impression. Impression adalah jumlah total tampilan konten Anda di LinkedIn, termasuk tampilan ulang oleh audiens yang sama. Metrik ini mencerminkan seberapa sering konten Anda muncul di beranda audiens LinkedIn, meskipun tidak menunjukkan apakah konten tersebut benar-benar dilihat. 

    Namun, impression yang tinggi bisa menjadi indikasi bahwa konten Anda memiliki potensi untuk mencapai audiens yang lebih luas. Melalui metrik ini, Anda akan memahami seberapa baik konten Anda mendapatkan eksposur di LinkedIn.

  3. Engagement
    Metrik Engagement - Matamaya

    Metrik engagement mengacu pada interaksi atau respons yang diterima oleh konten yang Anda bagikan di LinkedIn.  Engagement mencakup berbagai tindakan interaksi, seperti like, comments, dan share.

    Metrik ini memberikan gambaran tentang seberapa aktifnya audiens Anda dalam berinteraksi dengan konten Anda di LinkedIn. Dengan memantau engagement, Anda dapat mengevaluasi efektivitas komunikasi Anda, mengetahui minat audiens, serta membuat perubahan strategis untuk meningkatkan interaksi dan respons dari audiens.

  4. Engagement rate per post
    Metrik selanjutnya adalah engagement rate per post yang juga bisa mengukur seberapa aktifnya audiens Anda berinteraksi dengan konten yang Anda. Engagement rate per post lebih mengacu pada rasio antara total engagement suatu konten dibagi dengan reach.

    Semakin tinggi engagement rate per post, semakin besar pengaruh dan relevansi konten Anda terhadap audiens. Informasi mengenai kualitas dan daya tarik konten bisa Anda nilai melalui metrik ini.

  5. Click 
    Metrik click mengacu pada frekuensi audiens mengklik tautan atau konten yang Anda bagikan di platform tersebut. Click bisa mengarah pada berbagai tindakan, seperti mengunjungi link artikel/ landing page yang Anda tautkan di postingan, membaca caption lebih lanjut, atau membuka dokumen yang Anda tautkan di postingan.

    Melalui metrik click, Anda dapat mengukur seberapa efektif CTA (Call to action/ kalimat ajakan) yang Anda pakai untuk mendorong audiens mengambil tindakan di LinkedIn. Selain itu, metrik ini juga membantu Anda memahami seberapa baik konten Anda mengarahkan audiens untuk mempelajari bisnis Anda lebih lanjut.

  6. Pertumbuhan followers
    Metrik pertumbuhan followers di LinkedIn mengukur jumlah followers baru yang mengikuti halaman atau profil bisnis Anda. Metrik ini mencerminkan seberapa efektif upaya Anda dalam menarik minat audiens baru dan membangun komunitas yang lebih besar di LinkedIn. 

    Pertumbuhan pengikut yang positif menunjukkan bahwa konten Anda menarik perhatian dan relevan bagi audiens, serta bahwa strategi pemasaran Anda efektif dalam meningkatkan brand awareness. Dengan memantau metrik ini, Anda dapat mengevaluasi performa social media marketing Anda di LinkedIn, mengidentifikasi tren pertumbuhan, dan membuat strategi lebih lanjut untuk meningkatkan pertumbuhan yang konsisten.

 

Cara Mengakses LinkedIn Analytics

LinkedIn analytics dapat diakses melalui melalui dua cara, yaitu melalui analitik bawaan LinkedIn atau melalui social media monitoring tools yang menyediakan LinkedIn Analytics seperti Matamaya. Mana yang harus Anda pilih antara keduanya?

Cara Mengakses LinkedIn Analytics - Matamaya

Jawabannya tergantung dengan kebutuhan kelengkapan data serta visualisasinya. LinkedIn analytics yang terdapat Matamaya lebih dapat menyajikan metrik-metrik LinkedIn dengan komprehensif. Perbandingan performa berbagai metrik secara periodik bisa terlihat dengan jelas melalui visualisasi data yang mudah dipahami. 

Beberapa keunggulan yang tidak Anda dapatkan melalui analitik bawaan LinkedIn adalah kemampuan Matamaya dalam membandingkan performa konten berdasarkan content pillar, mengetahui audiens yang paling sering berinteraksi dengan konten Anda, dan ketersediaan LinkedIn analytics report yang dapat diunduh dalam format Excel dan PowerPoint.

Menarik, bukan? Pelajari lebih lanjut mengenai fitur ini di sini, yuk!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.