Matamaya

Engagement Instagram Analytics: Metrik yang Diukur dan Cara Meningkatkannya

Engagement Instagram Analytics: Metrik yang Diukur dan Cara Meningkatkannya
10 November 2023
Engagement Instagram Analytics: Metrik yang Diukur dan Cara Meningkatkannya - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Engagement adalah salah satu aspek penting dalam menjalankan akun Instagram. Melalui engagement, Anda dapat mengetahui seberapa banyak orang yang menanggapi dan berinteraksi dengan postingan Anda.

Dalam artikel ini, akan dibahas tuntas pengertian engagement, macam-macam metrik yang perlu dipantau di Instagram Analytics, dan cara meningkatkannya. Jadi, bagi Anda yang ingin meningkatkan performa engagement di Instagram, ikuti pembahasan ini!

 

Apa itu Engagement?

Engagement merujuk pada interaksi dan keterlibatan audiens dengan postingan yang Anda bagikan. Engagement merupakan indikator penting untuk mengukur sejauh mana audiens yang terpapar tertarik dan terlibat dengan postingan yang Anda posting.

Semakin tinggi tingkat engagement maka dapat diartikan audiens Anda semakin aktif. Engagement yang tinggi ini dapat membantu meningkatkan visibilitas postingan Anda di media sosial.

Salah satu contohnya adalah algoritma Instagram yang cenderung memprioritaskan postingan dengan interaksi tinggi untuk dibagikan ke audiens yang lebih luas. Jika audiens tersebut sering berinteraksi dengan akun Anda, postingan Anda lebih mungkin muncul di feed mereka.

 

Apa Saja yang Termasuk dalam Metrik Engagement?

Dalam mengukur engagement di Instagram Analytics, terdapat beberapa jenis interaksi audiens yang perlu diperhatikan. Interaksi ini dapat berupa like, comment, save, dan share. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Like
    Like dapat menunjukkan bahwa audiens menyukai postingan Anda.  Like merupakan interaksi yang cepat dan sederhana bagi audiens untuk memberikan umpan balik positif tanpa perlu menulis komentar.

  • Comment
    Comment yang diberikan audiens bisa menandakan bahwa postingan Anda menarik untuk didiskusikan lebih lanjut atau berhasil orang lain berpendapat.

  • Save
    Save dapat menggambarkan bahwa postingan Anda inspiratif ataupun bermanfaat sehingga audiens menyimpannya untuk dilihat kembali di kemudian hari.

  • Share
    Interaksi audiens berupa share dapat membantu meningkatkan visibilitas dan jangkauan postingan Anda. Jangkauan akan meningkat apabila banyak audiens yang membagikan postingan Anda ke akun mereka sendiri (repost di Stories), orang lain (Direct Messages) maupun platform sosial media lainnya.

 

Cara Meningkatkan Engagement di Instagram

Setelah mengetahui macam-macam Instagram Analytics metrics untuk engagement, yuk ketahui juga cara meningkatkan engagement!

  • Membuat postingan yang relevan 
    Membuat postingan yang relevan dengan minat audiens dapat membantu meningkatkan engagement di Instagram. Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui minat audiens dan buat postingan yang sesuai dengan minat tersebut.

    Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai variasi postingan seperti variasi topik dan format agar audiens tidak mudah bosan. Lakukan A/B testing dan cari tahu jenis postingan yang diminati audiens Anda di Instagram Analytics.

  • Menggunakan CTA 
    Gunakan call to action (CTA) pada caption atau postingan feed untuk membuat audiens tertarik memberikan interaksi. Anda bisa mengajak mereka memberikan likes, comment, save, dan share.

    Tulis dengan kalimat singkat agar lebih jelas dan dipahami audiens. Anda juga bisa menambahkan unsur manfaat pada CTA, seperti "Save postingan ini buat jadi panduan Anda nanti!"

  • Berinteraksi dengan audiens
    Respons positif dari Anda sebagai pemilik akun dapat mendorong audiens untuk melakukan lebih banyak interaksi di kemudian hari. Hal ini karena audiens merasa dihargai sehingga dapat menciptakan kedekatan antara pemilik Anda dan audiens.

  • Mengadakan challenge/ giveaway
    Challenge atau giveaway merupakan salah satu cara cepat untuk meningkatkan engagement yang bisa Anda coba. Anda dapat membuat peraturan tertentu seperti meminta partisipan memberikan like, comment, atau berbagi postingan. Dengan begitu, partisipan akan aktif berinteraksi dan engagement berpotensi meningkat.

 

Yuk, Pantau Performa Engagement Anda dengan Instagram Analytics dari Matamaya!

Dalam Instagram marketing, engagement adalah metrik penting untuk mengevaluasi performa postingan dan strategi social media marketing. Dalam artikel ini, Anda pun telah mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan engagement.

Untuk mengetahui strategi yang berdampak positif ke performa engagement, Anda bisa menganalisisnya dengan mudah di Matamaya. Matamaya dapat membantu Anda menemukan postingan yang relevan dengan audiens dan mengundang banyak interaksi.

Anda juga bisa membandingkannya secara langsung dengan kompetitor melalui grafik perbandingan performa/engagement. Tersedia pula perbandingan ranking 10 postingan teratas berdasarkan jenis interaksi yang Anda inginkan. Selain itu, masih banyak lagi informasi penting mengenai akun brand Anda maupun kompetitor yang bisa Anda dapatkan di Matamaya.

Tertarik menggunakannya? Coba Instagram analytics free dari Matamaya dengan daftar di sini!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.