Matamaya

Buzz Marketing: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya

Buzz Marketing: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya
15 December 2023
Buzz Marketing: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Contohnya - Target audiens - Matamaya

Pastinya Anda sering menemukan sebuah campaign yang sangat viral di media sosial. Nah, hal tersebut tidak terlepas dari penggunaan buzz marketing sebagai strategi. Strategi ini memang kerap digunakan brand untuk menciptakan suatu "buzz" atau kehebohan di kalangan audiens. 

Penasaran dengan penjelasan lebih lanjut tentang buzz marketing? Pahami lebih dalam lewat artikel ini!

 

Apa itu Buzz Marketing?

Buzz marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan cara-cara kreatif untuk membuat audiens tertarik dan berbicara suatu produk/layanan. Tujuan utamanya adalah untuk memicu perbincangan yang positif di antara audiens dan memperluas kesadaran serta minat terhadap produk atau layanan yang dipromosikan.

Buzz marketing ini tidak terjadi secara spontan atau dengan sendirinya. Terdapat peran buzzer di sini yang berfungsi untuk menyebarluaskan sebuah pesan hingga terjadilah efek domino.

Para buzzer ini dapat membuat konten yang menarik, ulasan, atau testimoni yang menggugah minat orang lain untuk mencoba produk/layanan tersebut. Melalui rekomendasi, konten yang kreatif, atau informasi yang menarik, para buzzer dapat mempengaruhi persepsi dan keputusan pembelian konsumen.

 

Kelebihan Buzz Marketing

Kelebihan Buzz Marketing - Matamaya

Berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan dari buzz marketing:

  • Meningkatkan brand awareness
    Ketika ada buzz yang tercipta, audiens akan penasaran dan memperhatikan brand tersebut karena  perbincangan sering muncul di berbagai media sosial dan platform online. Hal ini membantu dalam membangun brand awareness karena brand tersebut menjadi lebih dikenal.

  • Hemat biaya
    Meskipun terkadang ada biaya terkait dengan kolaborasi dengan influencer, biaya ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan biaya iklan tradisional.

  • Jangkauan luas
    Pemanfaatan media sosial menjadikan suatu pesan bisa menyebar dengan cepat dan luas tanpa ada batasan geografis. Selain itu, buzzer seringkali sangat aktif dan konsisten menyampaikan sebuah pesan, sehingga tidak hanya berdampak pada besarnya jangkauan, tapi juga meningkatkan viralitas.

 

Kekurangan Buzz Marketing

Sementara buzz marketing dapat memberikan banyak kelebihan, terdapat juga risiko dan tantangan yang perlu dipertimbangkan sebelum menerapkan strategi ini. 

  • Ketergantungan pada kreativitas
    Keberhasilan buzz marketing seringkali bergantung pada kreativitas ide dan kemampuan untuk menciptakan viralitas di media sosial. Hal ini memerlukan strategi yang tepat dan bisa menjadi tantangan bagi brand.

  • Tidak semua brand cocok menggunakan buzz marketing
    Jika brand menargetkan pasar yang tidak aktif di media sosial, maka kemungkinan strategi ini tidak akan efektif. Buzz marketing campaign lebih efektif diterapkan brand yang target pasarnya aktif di media sosial.

  • Bisa menjadi kontroversial
    Terkadang, buzz yang diciptakan bisa menimbulkan kontroversi jika informasi yang disebarkan tidak sesuai atau respons audiens tidak sesuai harapan. Akibatnya, reputasi brand bisa dinilai buruk oleh audiens. Oleh karena itu, Anda perlu memantau percakapan audiens secara berkala di social media listening tools.

 

Contoh Buzz Marketing dari Uniqlo

Uniqlo Marketing Campaign - Matamaya

Pada Mei 2023, salah satu brand pakaian dari Jepang, Uniqlo, sempat meluncurkan campaign #AnakUniqlo. Campaign ini tidak hanya disebarkan melalui strategi above the line, tapi juga diamplifikasi di media sosial menggunakan buzz marketing.

Uniqlo bekerja sama dengan para selebtweet, seperti cursedkidd, unmag, dan andihiyat untuk menciptakan buzz. Strategi ini berhasil menarik audiens lain untuk memberikan likes, retweet, dan juga berkomentar tentang koleksi Uniqlo milik mereka. 

 

Pantau Efektivitas Buzz Marketing Anda dengan Matamaya

Dalam pemantauan buzz marketing ada beberapa hal yang perlu diukur. Hal ini meliputi jangkauan dari tiap pesan, jumlah interaksi pada sebuah pesan, penggunaan hashtag, dan sentimen. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan respon audiens melalui sebuah word cloud.

Untuk memantau itu semua, manfaatkan social media listening tools dari Matamaya untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang seberapa efektif buzz marketing yang telah Anda lakukan. Matamaya juga dapat memudahkan Anda dalam mengevaluasi dampak buzz marketing terhadap brand awareness di media sosial dan platform online.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.