Pastinya Anda sering menemukan sebuah campaign yang sangat viral di media sosial. Nah, hal tersebut tidak terlepas dari penggunaan buzz marketing sebagai strategi. Strategi ini memang kerap digunakan brand untuk menciptakan suatu "buzz" atau kehebohan di kalangan audiens.
Penasaran dengan penjelasan lebih lanjut tentang buzz marketing? Pahami lebih dalam lewat artikel ini!
Buzz marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan cara-cara kreatif untuk membuat audiens tertarik dan berbicara suatu produk/layanan. Tujuan utamanya adalah untuk memicu perbincangan yang positif di antara audiens dan memperluas kesadaran serta minat terhadap produk atau layanan yang dipromosikan.
Buzz marketing ini tidak terjadi secara spontan atau dengan sendirinya. Terdapat peran buzzer di sini yang berfungsi untuk menyebarluaskan sebuah pesan hingga terjadilah efek domino.
Para buzzer ini dapat membuat konten yang menarik, ulasan, atau testimoni yang menggugah minat orang lain untuk mencoba produk/layanan tersebut. Melalui rekomendasi, konten yang kreatif, atau informasi yang menarik, para buzzer dapat mempengaruhi persepsi dan keputusan pembelian konsumen.
Berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan dari buzz marketing:
Sementara buzz marketing dapat memberikan banyak kelebihan, terdapat juga risiko dan tantangan yang perlu dipertimbangkan sebelum menerapkan strategi ini.
Pada Mei 2023, salah satu brand pakaian dari Jepang, Uniqlo, sempat meluncurkan campaign #AnakUniqlo. Campaign ini tidak hanya disebarkan melalui strategi above the line, tapi juga diamplifikasi di media sosial menggunakan buzz marketing.
Uniqlo bekerja sama dengan para selebtweet, seperti cursedkidd, unmag, dan andihiyat untuk menciptakan buzz. Strategi ini berhasil menarik audiens lain untuk memberikan likes, retweet, dan juga berkomentar tentang koleksi Uniqlo milik mereka.
Dalam pemantauan buzz marketing ada beberapa hal yang perlu diukur. Hal ini meliputi jangkauan dari tiap pesan, jumlah interaksi pada sebuah pesan, penggunaan hashtag, dan sentimen. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan respon audiens melalui sebuah word cloud.
Untuk memantau itu semua, manfaatkan social media listening tools dari Matamaya untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang seberapa efektif buzz marketing yang telah Anda lakukan. Matamaya juga dapat memudahkan Anda dalam mengevaluasi dampak buzz marketing terhadap brand awareness di media sosial dan platform online.