Matamaya

Tren TikTok 2024 : Cara Jitu Agar Brand Cepat Viral

Tren TikTok 2024 : Cara Jitu Agar Brand Cepat Viral
29 March 2024
Tren TikTok 2024 : Cara Jitu Agar Brand Cepat Viral - Analisis Performa TikTok - Matamaya

Apa Itu Tren TikTok?

Tren TikTok adalah topik atau konsep yang sedang populer dan banyak dibahas di TikTok. Tren ini bisa berupa gaya tarian tertentu, tantangan kreatif, filter wajah, meme, atau topik pembicaraan yang sedang viral di kalangan audiens TikTok. 

Tren TikTok sering kali muncul secara organik, diinisiasi oleh influencer atau kelompok audiens tertentu. Kemudian, tren menyebar dengan cepat ke seluruh komunitas TikTok dan diikuti oleh audiens secara luas.

 

Manfaat Mengikuti Tren TikTok Bagi Brand

Manfaat Mengikuti Tren TikTok - Matamaya

Berikut adalah beberapa manfaat jika brand mengikuti tren TikTok:

  1. Meningkatkan relevansi
    Dengan mengikuti tren, brand dapat menunjukkan bahwa mereka up-to-date dan relevan dengan target audiens mereka. Hal ini dapat membantu brand untuk menarik perhatian dan membangun kepercayaan dengan audiens.

  2. Meningkatkan engagement
    Tren dapat membantu brand untuk menciptakan konten yang menarik bagi audiens. Hal ini dapat meningkatkan interaksi dengan audiens dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka.

  3. Meningkatkan reach
    Tren dapat membantu brand untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Ketika brand mengikuti tren, mereka lebih mungkin untuk ditemukan oleh orang-orang yang tertarik dengan topik tersebut.

  4. Meningkatkan brand awareness
    Ketika brand mengikuti tren dan menciptakan konten yang menarik, mereka akan lebih mudah dikenali dan diingat oleh audiens. Hal ini dapat membantu meningkatkan brand awareness dan membangun reputasi brand.

 

5 Tips Mengikuti Tren TikTok Bagi Brand

Tips Mengikuti Tren TikTok - Matamaya

Perlu diingat bahwa tidak semua tren cocok untuk semua brand. Brand harus memilih tren yang sesuai dengan target audiens dan nilai-nilai brand. Berikut adalah beberapa tips untuk brand yang ingin mengikuti tren:

  1. Perhatikan konteks
    Sebelum Anda membuat konten berdasarkan tren tertentu, pastikan memahami sepenuhnya konteks dari tren dan lihatlah respons audiens yang terhadap tren tersebut. Jika tren tersebut memiliki banyak komentar negatif atau kontroversi, lebih baik untuk menghindarinya.

  2. Pilih tren yang relevan
    Pastikan tren yang Anda pilih relevan dengan target audiens dan industri Anda. Mengikuti tren yang relevan akan membantu meningkatkan daya tarik konten Anda dan memperluas jangkauan audiens.

  3. Pilih tren yang tidak melanggar hak cipta
    Umumnya, tren dapat diikuti oleh siapa pun tanpa batasan, Namun, ada tren tertentu yang perlu diwaspadai karena mungkin mengandung atau materi yang melanggar hak cipta.

    Contohnya, tren parodi jasa keliling dari acara Indosiar yang sempat viral di TikTok merupakan tren yang tidak direkomendasikan untuk diikuti. Hal ini karena Indosiar akan menindak tegas siapapun yang melakukan penyalahgunaan logo, simbol, motto, dan program (termasuk tetapi tidak terbatas pada judul, nama peran, cuplikan program).

  4. Jaga konsistensi branding
    Meskipun Anda mengikuti tren, tetaplah konsisten dengan identitas brand Anda. Jangan sampai konten Anda terlalu berbeda dengan ciri khas konten-konten Anda lainnya sehingga membuat orang kesulitan mengidentifikasi brand Anda. Kolaborasikan elemen-elemen yang mencerminkan kepribadian brand Anda ke dalam setiap konten dari segi visual ataupun tone of voice.

  5. Gunakan hashtag secara cerdas
    Gunakan hashtag yang relevan dengan tren yang Anda ikuti untuk meningkatkan visibilitas konten Anda. Pastikan untuk memilih hashtag yang populer tetapi juga sesuai dengan konten Anda agar lebih mudah ditemukan oleh audiens yang tepat.

 

Pahami Tren yang Paling Disukai oleh Audiens dengan Matamaya!

Tidak semua tren cocok untuk diikuti. Sebaiknya Anda mencoba mengikuti beberapa tren terlebih dahulu untuk mempelajari jenis tren yang disukai audiens Anda.

Cara mengidentifikasinya dengan menggunakan TikTok analytics dari Matamaya. Matamaya dapat menyajikan analisis top post by engagements, monthly engagement, dan performa konten berdasarkan kategori topik atau content pillar. 

Anda juga dapat membandingkan performa akun TikTok Anda dengan kompetitor melalui berbagai metrik yang sesuai dengan objektif Anda. Dengan begitu, Anda dapat lebih memahami preferensi audiens dan menemukan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan bisnis Anda di TikTok.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.