Matamaya

5 TikTok Marketing Strategy untuk Memaksimalkan Bisnis Anda

5 TikTok Marketing Strategy untuk Memaksimalkan Bisnis Anda
02 March 2024
5 TikTok Marketing Strategy untuk Memaksimalkan Bisnis Anda - Analisis Performa TikTok - Matamaya

Ketika mendengar tentang TikTok, mungkin langsung terlintas platform media sosial yang sangat populer dengan berbagai video konten menarik. Platform ini memiliki jangkauan yang sangat luas sehingga menjadikannya media yang sangat baik untuk marketing.

Fitur-fitur menarik di TikTok juga membantu brand dan bisnis untuk tetap terhubung dengan audiens. Oleh karena itu, mari telusuri lebih dalam mengenai TikTok marketing strategy!

 

Apa Itu TikTok Marketing?

TikTok marketing adalah strategi marketing yang memanfaatkan platform TikTok untuk menjangkau audiens, meningkatkan brand awareness, dan mendorong interaksi dengan audiens. Saat ini, banyak brand yang sudah memanfaatkan TikTok karena TikTok merupakan yang sangat potensial.

Dengan format video pendek, konten-konten Anda menjadi lebih mudah dicerna dan dinikmati sehingga mudah diingat audiens. Selain itu, berbagai fitur kreatif, seperti musik, filter, dan efek membuat konten Anda menjadi lebih menarik. 

 

Karakteristik Audiens TikTok

Karakteristik Audiens TikTok - Matamaya

Untuk memaksimalkan TikTok marketing strategy, mari kenali terlebih dahulu kebiasaan serta preferensi audiens TikTok. Berikut karakteristiknya secara umum:

  1. Generasi Z dan Millennial
    Mayoritas pengguna TikTok adalah Generasi Z dan milenial, yang dikenal sebagai generasi yang kreatif, tech-savvy, dan selalu mencari konten yang baru dan menarik. 

  2. Suka dengan konten yang singkat dan menarik
    Audiens TikTok lebih menyukai konten yang singkat dan padat. Artinya, video yang mereka sukai biasanya berdurasi singkat, to the point, dan tidak bertele-tele.

  3. Cenderung aktif berinteraksi
    Audiens TikTok tergolong aktif dan terlibat dengan konten yang mereka lihat. Mereka sering meninggalkan komentar, like, dan share video yang mereka sukai.

  4. Bisa menerima konten yang terkesan apa adanya
    Dibandingkan dengan platform lainnya, konten yang tidak terlalu banyak sentuhan editing, tapi tetap berkualitas baik bisa diterima oleh audiens TikTok.

 

TikTok Marketing Strategy 2024

Berikut beberapa strategi TikTok marketing yang dapat diterapkan brand:

  1. Membuat konten yang mudah dipahami dalam waktu singkat
    Berdasarkan penjelasan karakteristik audiens TikTok di atas, Anda perlu menyesuaikan strategi kreatif Anda agar sesuai dengan preferensi mereka. Meskipun TikTok kini mendorong kreator dan brand untuk membuat video berdurasi panjang, kebiasaan audiens mengonsumsi konten pendek masih belum banyak berubah. Oleh karena itu, penting untuk membuat plot cerita atau pesan yang mudah dimengerti dan dinikmati audiens, bahkan dalam durasi singkat.

  2. Mengoptimalkan SEO TikTok
    Meskipun TikTok tidak diciptakan sebagai mesin pencari, tapi platform ini memiliki fitur pencarian yang memungkinkan audiensnya menemukan konten berdasarkan kata kunci. Melihat peluang ini, Anda bisa memanfaatkan strategi SEO TikTok untuk mencapai target marketing Anda dan membangun brand awareness di platform ini. Kata kunci tersebut bisa Anda sematkan pada caption, voice over, on-screen text (subtitle), dan hashtag.

  3. Membuat hashtag challenge
    Hashtag challenge adalah salah satu bentuk user generated content (UGC) yang mengajak audiens untuk membagikan video berdasarkan tema tertentu dan menggunakan hashtag yang telah ditentukan brand. Contohnya seperti hashtag challenge #TokopediaxErigo yang dilakukan oleh Tokopedia saat berkolaborasi dengan Erigo. Challenge ini berupa ajakan untuk memadu padankan koleksi pakaian dari Erigo yang bisa dibeli di Tokopedia.
    TikTok Hashtag Challenge - Matamaya
  4. Mengikuti tren
    Mengikuti tren di TikTok adalah strategi marketing yang berpotensi efektif dan menguntungkan untuk brand, namun perlu dilakukan dengan cerdas dan strategis. Pilih tren yang sesuai dengan brand Anda dan target audiens. Kemudian, sesuaikan tren tersebut dari segi kreatif agar tetap sejalan dengan brand identity.

  5. Berkolaborasi dengan influencer
    Influencer umumnya memiliki pengikut yang besar dan loyal, sehingga kolaborasi dengan mereka dapat membantu brand untuk menjangkau audiens yang lebih luas ataupun memaksimalkan hasil TikTok marketing campaign lainnya. Jenis kolaborasi influencer di TikTok dapat berupa review produk dan mengadakan livestream bersama.

 

Kenali dan Pahami Audiens TikTok Anda dengan Matamaya!

Lima strategi di atas dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan bisnis Anda di platform TikTok yang penuh potensi. Namun, strategi tersebut hanyalah permulaan. Hal yang perlu senantiasa Anda lakukan adalah mempelajari karakteristik audiens TikTok Anda untuk menemukan strategi yang tepat dalam menjangkau mereka.

Untuk memahami audiens TikTok Anda secara mendalam, Anda bisa memanfaatkan TikTok analytics dari Matamaya. Analisis top post by engagements, monthly engagement, dan performa konten berdasarkan content pillar untuk memahami preferensi mereka bisa Anda dapatkan dengan mudah. Matamaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi konten views, likes, comment, dan share secara cepat.

Coba free trial 30 hari dan tingkatkan strategi TikTok Anda bersama Matamaya!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.