Matamaya

TikTok Analytics Report: Definisi, Manfaat, Metrik, dan Panduan Membuatnya

TikTok Analytics Report: Definisi, Manfaat, Metrik, dan Panduan Membuatnya
06 October 2023
TikTok Analytics Report: Definisi, Manfaat, Metrik, dan Panduan Membuatnya - Analisis Performa TikTok - Matamaya

TikTok dikenal sebagai platform yang perkembangan kontennya sangat dinamis. Oleh karena itu, suatu brand perlu senantiasa mengikuti perkembangan tren agar bisa terus relevan dengan audiensnya. Salah satu langkah penting yang perlu diambil supaya bisa memahami minat audiens adalah dengan menyusun TikTok analytics report.

Cari tahu selengkapnya mengenai penjelasan TikTok analytics report dan panduan untuk merumuskannya menjadi informasi yang berharga bagi strategi Anda kedepannya.

 

Apa Itu TikTok Analytics Report?

TikTok analytics report adalah laporan yang berisi tentang performa akun TikTok. Laporan ini berisi data yang dapat membantu Anda untuk memahami bagaimana konten mereka diterima oleh audiens serta mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan performa konten.

 

Mengapa TikTok Analytics Report Penting?

Penyusunan report ini dapat membantu Anda mengetahui performa konten yang telah diposting. Performa ini terlihat dari sejumlah metrik yaitu view, like, comment, dan share yang terdapat di TikTok analytics free atau berbayar. Tentunya, performa konten dapat memberikan Anda informasi tentang jenis konten yang paling diminati oleh audiens. 

Selain itu, report ini juga akan membantu Anda mengetahui strategi konten yang efektif atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui langkah selanjutnya yang perlu diambil, seperti memperbaiki jenis pendekatan kreatif atau membuat durasi konten yang lebih optimal.

 

Metrik yang Perlu Diperhatikan dalam TikTok Analytics Report

Metrik TikTok Analytics - Matamaya

Empat metrik berikut merupakan metrik umum yang bisa memberikan gambaran keefektifan strategi TikTok Anda. Apa saja metriknya? Simak daftarnya di bawah ini:

  1. Reach
    Reach adalah jumlah akun TikTok yang melihat suatu konten. Reach dapat membantu brand untuk mengetahui seberapa banyak audiens yang berhasil terpapar oleh konten Anda.

  2. Views
    Metrik TikTok analytics viewer ini merupakan frekuensi suatu konten dilihat oleh audiens. Views dapat membantu brand untuk mengetahui seberapa banyak audiens yang melihat konten Anda.

  3. Engagement
    Engagement adalah jumlah interaksi (like, comment, save, dan share) yang dilakukan oleh audiens pada konten. Engagement dapat membantu brand untuk mengetahui seberapa besar audiens yang tertarik dengan konten Anda.

  4. Followers growth
    Followers growth adalah pertumbuhan jumlah followers suatu akan di TikTok. Melalui metrik ini maka akan diketahui seberapa populer brand Anda di platform TikTok.

 

Panduan Membuat TikTok Analytics Report

Cara Membuat Social Media Report - Matamaya

Secara garis besar terdapat beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, mulai dari seleksi data hingga perumusan rekomendasi. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  1. Seleksi Data
    Langkah pertama dalam membuat report adalah dengan melakukan seleksi data. Brand perlu mengidentifikasi metrik yang diperlukan sesuai dengan KPI yang ditentukan. Metrik yang perlu dipilih adalah metrik yang relevan dengan tujuan bisnis brand di TikTok.

    Namun, Anda bisa saja mencantumkan metrik lainnya jika terdapat temuan menarik pada konten atau perkembangan akun secara keseluruhan. Metrik ini akan lebih mendukung dan memperkuat analisis Anda nantinya.

  2. Pengolahan dan Visualisasi Data
    Setelah melakukan seleksi data, Anda perlu mengolah dan visualisasi data. Data yang telah dipilih perlu diolah agar mudah dipahami dan disajikan dalam bentuk grafik atau tabel. Tools yang umum umum digunakan adalah Google Sheets atau Microsoft Excel. 

    Namun, sekarang sudah ada pilihan lain yang lebih memudahkan digital marketer untuk melakukan otomatisasi pengolahan dan visualisasi analitik performa TikTok, yaitu Matamaya. Matamaya akan memudahkan proses pembuatan TikTok analytics report mulai dari mendapatkan data, pengolahan data, hingga penyajian report yang sudah tersusun rapi dan siap digunakan.

  3. Analisis Data
    Tahapan berikutnya adalah analisis data atau proses membaca setiap perubahan pertumbuhan performa akun. Kemudian, identifikasi pula dari segi komunikasi maupun kreatif konten. Berikan alasan yang membuat performa akun Anda meningkat atau menurun.

    Hal yang perlu diperhatikan adalah dalam proses analisis ini, Anda juga perlu mencantumkan data pembanding yaitu data periode sebelumnya serta data kompetitor agar keberhasilan dapat terukur dengan pasti. 

  4. Tuliskan key learning
    Tahapan yang tak boleh dilewatkan berikutnya yaitu menuliskan key learning atau pembelajaran yang didapatkan selama periode menjalankan strategi konten tersebut. Key learning ini meliputi pencapaian, tantangan dalam menerapkannya, serta peluang untuk mengeksplor hal lainnya.

  5. Rumuskan rekomendasi
    Hasil dari serangkaian proses di atas dapat Anda rumuskan menjadi sebuah rekomendasi atau action plan. Rekomendasi ini berisikan upaya yang perlu diambil untuk meningkatkan performa konten selanjutnya. Pada periode report selanjutnya, Anda perlu melakukan analisis kembali atas upaya yang sudah Anda jalankan.

Ingin Membuat TikTok Analytics Report dengan Lebih Mudah dan Cepat?

Report TikTok Analytics - Matamaya

Dalam penyusunan TikTok analytics report ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Meskipun begitu, kini Anda sudah bisa membuatnya menjadi lebih mudah dan cepat. Cara terbaiknya adalah dengan menggunakan TikTok analytics tools, seperti Matamaya.

Matamaya adalah tool untuk analisis media sosial yang dapat membantu Anda membuat laporan analisis media sosial secara efektif dan efisien. Cukup dengan mendaftarkan akun yang ingin dipantau maka selanjutnya, data performa akun TikTok Anda akan tersaji dalam visualisasi yang informatif dan mudah dimengerti. Lebih menariknya lagi, Anda bisa mengunduh report dalam bentuk .PPTX dan .XLSX.

Tertarik untuk mencobanya? Daftar sekarang melalui halaman ini!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.