Matamaya

4 Social Media Monitoring Tools Indonesia Terbaik untuk Meningkatkan Strategi Marketing Social Media

4 Social Media Monitoring Tools Indonesia Terbaik untuk Meningkatkan Strategi Marketing Social Media
08 April 2022

Bisnis dari semua ukuran menggunakan platform social media untuk terhubung dengan customer dan mempromosikan produk dan layanan yang ditawarkan oleh brand mereka. Penting untuk tetap mengetahui apa yang dikatakan orang-orang tentang brand-mu di social media, dan inilah alasan pentingnya menggunakan social media monitoring tools untuk bisnis. Dalam artikel ini, kita akan membahas daftar social media monitoring Indonesia terbaik yang tersedia untuk kamu gunakan agar strategi social mediamu tetap efektif dan bagaimana mereka dapat membantu mengawasi reputasi online brand-mu. Namun pertama, mari kita memahami terlebih dahulu bagaimana social media monitoring bekerja untuk pemasaran bisnis.

Seperti yang kita ketahui, social media monitoring merupakan suatu aktivitas yang sangat penting, karena pada akhirnya aktivitas ini selalu menguntungkan untuk kemajuan bisnis. Kampanye social media tidak pernah berhasil secara otomatis, kamu dapat menggabungkan pengalaman sebelumnya dengan pengalaman langsung, seperti mengetahui bagaimana reaksi target audience terhadap produk dan layanan-mu saat ini dan banyak hal lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengamati dan menganalisis bagaimana target audience-mu mengekspresikan dirinya di sosial media. Dengan menganalisis target audience, kamu dapat melihat tren dan dengan cepat bereaksi terhadap perubahan kondisi pasar. Social media monitoring tools memungkinkanmu untuk melacak dan mengevaluasi citra social media brand-mu dan kinerja kompetitor. Dengan konten baru yang tidak terhitung jumlahnya, komentar, share, dan likes setiap menit, serta dengan mempelajari audience dan kompetitor-mu, social media menjadi sumber daya yang sangat besar untuk mengevaluasi kinerja kampanye pemasaran dan kamu dapat menyesuaikan strategi social media untuk mencapai hasil yang lebih baik. 

Ada beberapa tools yang dirancang khusus untuk membantumu memantau social media. Beberapa alat dikenal sebagai kolaborasi social monitoring dan listening tools. Alat ini selain melakukan fungsi monitoring pada umumnya, juga dapat melaporkan tentang buzz social media seputar frasa atau topik yang kamu pilih. Tools ini sangat baik bagi marketer untuk menganalisis keterlibatan audiens dengan brand, baik sebelum dan sesudah kampanye untuk membuktikan ROI.

Social Media Monitoring Tools - Matamaya

Selain itu, beberapa penyedia platform juga telah menggabungkan SEO dan software social monitoring tools. Tools ini bekerja dengan mengumpulkan semua data menggunakan social media monitoring tools untuk dimasukkan ke dalam basis data yang mudah dianalisis. Kemudian social media management dapat mengevaluasi semua metrik yang ingin ditingkatkan. Beberapa monitoring tools hanya dapat menampilkan hasil kinerja satu platform, sementara yang lain dapat menjalankan lintas platform. Setelah melakukan analisis terhadap data yang dikumpulkan, kamu dapat melihat bagaimana persepsi audience secara online dan menemukan jawaban atas pertanyaan dan permasalahan yang diungkapkan audience. Selain itu, banyak social monitoring memberikan analisis berkelanjutan dan mengevaluasi kampanye pemasaran saat ini dan memberikan hasil kinerja pemasaran kompetitor secara real-time.

Berikut adalah daftar beberapa social media monitoring tools Indonesia yang sangat direkomendasikan berdasarkan urutan peringkat:

  1. Matamaya
  2. NoLimit
  3. Indonesia Indicator
  4. Rockad

 

Matamaya

Matamaya - Matamaya

 

Matamaya merupakan social media management tool yang memiliki fungsi integrasi monitoring dan listening analytics. Pendekatan monitoring dan analytics yang disediakan oleh Matamaya dimulai dengan me-listing semua keywords dan semua hal yang ingin dilacak oleh brand serta bagaimana aplikasi ini akan menanggapi pesan dan feedback yang diberikan oleh audience.

Fitur-fitur Matamaya dikelompokkan ke dalam dua kategori umum, yakni social media monitoring dan social media listening. Social media monitoring atau social media analytics meliputi activity analytics dan 5 social media platforms analytics. Kelima social media platforms tersebut antara lain Twitter, Instagram, TikTok, YouTube, dan Facebook. Sementara itu, Matamaya social media listening meliputi proses tracking percakapan frase, tagline, atau kata-kata yang berhubungan dengan brand atau produk/ layanan bisnis serta analisis terkait influencers.

Terkait pricing, Matamaya bekerja pada model premium, dimana calon customers dapat mengajukan request demo yang bersifat gratis sebelum mendaftar langganan berbayar. Matamaya demo dapat menunjukkan performance dari berbagai social media platforms dengan mengambil beberapa post terakhir. Selain menyediakan demo, Matamaya memiliki versi gratis dan berbayar. Matamaya versi gratis menyediakan setidaknya 7 layanan meliputi pendataan 1 akun social media platform, activity analytics, pencarian 1 keyword percakapan dan 2 kompetitor, melakukan penyimpanan performance kampanye pemasaran 1 platform social media, penyimpanan data pada range waktu terbatas dan pengunduhan laporan dalam format penyimpanan terbatas. Sementara itu pada versi berbayar, monitoring dapat dilakukan pada multi platforms, pada keywords yang tidak terbatas, lebih dari 3 akun kompetitor, dan penyimpanan data hingga 3 tahun terakhir.

Price plan yang ditawarkan oleh Matamaya versi berbayar sangat terjangkau dan bersifat fleksibel. Matamaya memiliki basic package dimana kamu dapat memiliki akses social media management untuk 3 akun. Jika ingin menambahkan kuota akun, activity, influencer & benchmark tool, kamu dapat menambahkan sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki.

 

NoLimit

NoLimit - Matamaya

 

Salah satu alat yang dapat membantu aktivitas social media monitoring adalah NoLimit Indonesia yang dirintis oleh Aqsath Rasyid. Berawal dari penelitian tesis mengenai Sentiment Analysis, pada mulanya tool ini bertujuan untuk menjalankan pemantauan dan analisis media online menggunakan teknologi Big Data untuk mendapatkan hubungan antara perusahaan dengan konsumen yang lebih baik. 

NoLimit menawarkan tiga fitur utama yakni NoLimit Care, Online Loyalty, dan NoLimit Dashboard. Ketiganya memiliki fokus pekerjaan yang berbeda. NoLimit Dashboard memiliki fokus pada monitoring social media yang akan membantu menganalisis brand. Sementara itu, NoLimit Care akan membantu melakukan analisis terhadap penggunaan platform social media dan Online Loyalty membantu dalam peningkatan publikasi dan promosi berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan.

 

Indonesia Indicator

Indonesia Indicator - Matamaya

 

Indonesia Indicator merupakan salah satu social media monitoring tool di Indonesia yang menawarkan fitur yang cukup lengkap. Platform ini mengusung tagline “Strategic Intelligence Company”, sesuai dengan misi perusahaan untuk membantu bisnis memahami isu-isu terbaru dengan dukungan metode pengambilan data yang kompleks. Indonesia Indicator atau yang lebih dikenal dengan IMM memiliki fokus aktivitas tidak hanya menyatukan platform social media, melainkan juga menganalisis data dan melakukan kajian strategi untuk klien sebagai pertimbangan pengambilan keputusan.

Indonesia Indicator sangat tepat bagi perusahaan yang sedang membesarkan nama brand atau mengkampanyekan gerakan tertentu. IMM memiliki sistem kerja 24 jam yang bersifat real time dan otomatis, dengan robot yang melakukan social media monitoring untuk mengumpulkan konten media online, media cetak, dan TV. Kajian yang diberikan oleh platform meliputi timeline, influencer, media, sentimen, dan penelusuran terhadap objek pemberitaan. Laporan yang disediakan oleh Indonesia Indicator tidak hanya berisikan data hasil pemantauan kinerja social media, namun juga perencanaan dan prediksi kondisi di masa mendatang.

 

Rockad

Rockad - Matamaya

 

Rockad dapat membantu bisnis dalam menyatukan beberapa platform pemasaran secara online dan offline. Rockad bahkan mengklaim dapat menjangkau media konvensional seperti televisi, sampai melakukan analisis pada running teks yang sedang berjalan di televisi. Jika kamu membutuhkan social media monitoring khusus artikel populer dan berita, Rockad menawarkan layanan yang sesuai. Social media monitoring tool yang dibangun oleh Rockad dapat menggali ke lebih dari 2.000 situs berita online, 400 media cetak dan 19 stasiun televisi.

Rockad melakukan pemantauan berdasarkan kata kunci yang dipilih termasuk yang muncul pada running text untuk pantauan televisi. Notifikasi Rockad dapat dikirim melalui email dan pesan singkat terutama jika hasil pantauan ditemukan bernada negatif guna dapat mengambil tindakan preventif yang lebih cepat.

 

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.