TikTok analytics merupakan kumpulan metrik yang dapat membantu kreator dan bisnis untuk memantau keberhasilan konten. Dengan TikTok analytics, kamu akan mendapatkan informasi mengenai perkembangan akun serta performa dari video yang sudah kamu posting. Informasi ini bisa kamu olah untuk membuat konten yang lebih bagus dan berpotensi untuk menghasilkan engagement yang tinggi.
Keberadaan TikTok analytics bagi pemula maupun bisnis sangat penting untuk membantu dalam mengembangkan strategi digital. Hal ini didukung fakta bahwa TikTok merupakan media sosial yang paling banyak diunduh pada awal 2022 (SensorTower, 2022). Berikut adalah alasan tentang pentingnya belajar TikTok analytics untuk bisnis:
Panduan Belajar TikTok Analytics untuk Pemula
Bagi bisnis yang baru saja akan mengembangkan strategi marketing di TikTok perlu mempelajari TikTok analytics dari awal. Belajar TikTok analytics untuk pemula akan membantumu memahami berbagai istilah sampai cara menggunakannya untuk keperluan bisnis. Berikut ini panduan belajar TikTok analytics untuk pemula mulai dari cara mengaksesnya:
Pada dashboard ini kamu akan melihat overview atau gambaran umum, content, followers, dan LIVE. Overview merupakan dashboard ringkasan analytics pada periode tertentu. Periode analitik tersebut adalah dalam kurun waktu 7 hari, 28 hari, 60 hari, atau periode kustom. Berikut penjelasan mengenai dashboard TikTok analytics:
Berbeda dengan platform media sosial lainnya, dalam aplikasi TikTok kamu dapat mengunduh report analytics dalam bentuk Xlsx dan Csv. Namun, akses ini hanya bisa kamu dapatkan jika membuka TikTok melalui komputer/ laptop.
Langkah untuk mengaksesnya adalah login melalui website TikTok. Buka halaman profil dan klik foto profil kamu di bagian pojok kanan atas. Masuk ke Business Suite untuk melihat TikTok analytics dan mengunduh laporan akun kamu.
Jika kamu ingin belajar TikTok analytics untuk pemula, kamu bisa mencoba Matamaya. Matamaya merupakan TikTok analytics tools yang user-friendly dan dilengkapi dengan grafik yang memudahkan pengguna memahaminya. Untuk mengaksesnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan nama profil dalam dashboard Tiktok analytics di Matamaya.
Setelah itu, kamu akan disajikan dashboard overview yang merupakan ringkasan fans, engagement, dan content. Kamu pun dapat mengubah periode data yang ingin ditarik sampai 2 tahun ke belakang. Untuk insight yang lebih detail, pilih fans, engagement, content, wordcloud, dan benchmark pada segmen bar.
Dalam tab “Fans” terdapat informasi jumlah followers saat ini maupun pertumbuhannya dalam periode yang kamu pilih. Kemudian, di tab “Engagement” menampilkan likes, comments, shares, plays, dan total engagement. Pada tab “Content”, detail analitik setiap video dapat dilihat dalam satu dashboard.
Menariknya di Matamaya kamu dapat melihat keyword yang paling banyak muncul dalam akunmu dalam sebuah word cloud. Word cloud dapat kamu gunakan untuk menganalisis keyword yang paling menghasilkan engagement dari audiens. Demi memudahkanmu untuk menganalisis kompetitor, kamu dapat melakukan membandingkan performa akunmu dengan kompetitor melalui tab “Benchmark”.