Musik dan viralitas telah dimasukkan ke dalam TikTok sejak awal memasuki pasar Cina pada September 2016. Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi ByteDance, awalnya bernama A.me, kemudian diubah menjadi Doujin. Dalam setahun, Doujin memiliki lebih dari 100 juta pengguna dengan sekitar 1 miliar video dilihat setiap hari, menjadikannya aplikasi nomor 2 yang paling banyak diunduh di Apple store China. Pada September 2017, ByteDance membawa Douyin ke pasar global, meluncurkan versi internasional yang diberi nama TikTok.
Meskipun tampilan dan nuansa versi China dan internasional cukup mirip, kedua aplikasi tersebut sebenarnya berjalan di server terpisah untuk mematuhi regulasi China. Akibatnya, Douyin hanya tersedia di China, dan TikTok hanya tersedia di luar China. Tetapi apapun perbedaan konten yang mungkin ada, kecanduan TikTok benar-benar universal.
Baik kamu seorang marketer atau influencer, kamu akan setuju bahwa mempublikasikan video di TikTok adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan reach dan views. Untuk membantu dalam pembuatan konten yang menarik bagi audience dan membuat mereka tetap tertarik seterusnya, kamu harus menemukan jawaban atas pertanyaan seperti, “apa yang suka ditonton audience-mu? dari mana asal mereka?", dan banyak lagi. Inilah mengapa TikTok analytics bisa sangat berguna untuk mendukung perkembangan bisnismu.
Kamu dapat menggunakan data dari TikTok analytics untuk menunjukkan kekuatan dan kelemahan konten pemasaran-mu. Jenis data ini juga dapat membantu untuk memandu strategi pemasaran berikutnya. Content creator dan influencer juga dapat memanfaatkan TikTok analytics dengan memahami preferensi audiens dan kemudian mempublikasikan video yang sesuai. Untuk mengetahui apa dan bagaimana TikTok analytics digunakan untuk mengetahui konten video yang berkinerja lebih baik, kamu dapat mempelajari beberapa hal dalam artikel ini.
TikTok analytics adalah sebuah fitur yang memungkinkan pembuat konten mengidentifikasi lokasi, usia, demografi, tampilan konten, dan data penting follower/ fans yang mempengaruhi seberapa populer channel brand-mu. TikTok analytics yang disediakan aplikasi TikTok sendiri hanya tersedia untuk akun Pro, tetapi untungnya, beralih ke akun Pro sangatlah mudah.
Untuk beralih ke akun Pro, dalam privasi dan pengaturan, kamu dapat mengklik "kelola akun saya" dan kemudian "beralih ke akun Pro" yang terletak di bagian bawah. Dari sana, kamu dapat memilih kategori akun pilihanmu, memasukkan nomor handphone yang aktif untuk verifikasi, dan opsi "analitik" di akun bisnismu akan segera aktif. Sekarang, kamu dapat mengakses TikTok analytics account dashboard pribadimu, yang menawarkan berbagai insights dasar untuk membantu kemajuan pemasaran bisnismu.
Tiktok analytics memungkinkanmu memeriksa kinerja setiap postingan dan mempersiapkan setiap aspek pemasaran di akun TikTok bisnismu, mulai dari perolehan prospek hingga penjualan. Saat mengakses analytics, kamu dapat melihat kinerja terkait postingan untuk jumlah plays, comments, likes dan shares. Kamu juga dapat memeriksa metrik viewership, audience territories dan sumber traffic untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kinerja kampanye TikTok bisnismu. Cara mendapatkan matrik tersebut cukup mudah. Kamu hanya perlu mengakses TikTok analytics yang disediakan in-app TikTok analytics dan itu dapat digunakan secara gratis. Berikut rincian statistik utama yang dapat kamu peroleh untuk dapat menilai TikTok analytics individual post-mu:
Setelah kamu mengenal fitur-fitur dasar yang terdapat di in-app TikTok analytics tool, dengan data berbasis keilmuan dan artificial intelligence, Matamaya dapat membawa streaming analytics-mu ke tingkat berikutnya dengan memperluas cakupan data-mu ke market-level data. Hal ini karena Matamaya memiliki target pasar yang luas, mulai dari influencers, publishers, brand marketers, dan perusahaan. Melalui Matamaya, kamu dapat membandingkan dan mengevaluasi efisiensi konten dan kampanye-mu di berbagai platform social media hanya dalam satu layar.
TikTok Analytics yang disediakan oleh Matamaya memudahkanmu untuk melacak, menganalisis, dan mengoptimalkan akun TikTok bisnismu melalui key features yang lengkap, menjadikan platform ini referensi pertamamu untuk melakukan analisis strategi bisnis karena menyajikan TikTok analytics reporting yang detail dan mudah dibaca.
Dibandingkan platform analytics tools yang berasal dari luar negeri, tentunya Matamaya dapat lebih memahami situasi dan kebutuhan pasar di Indonesia. Matamaya menyediakan skema analytics social media secara gratis yang dapat memberikan-mu akses terhadap insights dasar, dan juga menawarkan skema demo dan berbayar untuk mengakses metrik-metrik yang dapat digunakan untuk analisis lanjutan.
Pada skema demo, kamu dapat memperoleh gambaran tentang hasil kampanye melalui satu akun dengan mengambil beberapa post terakhir, dimana jumlahnya disesuaikan dengan regulasi yang ditetapkan oleh setiap platforms. Sementara itu, pada skema berbayar kamu dapat memperoleh akses melalui tiga akun ke activity analytics, influencer dan benchmark analytics untuk memperoleh informasi terkait influencers dan lebih dari tiga akun kompetitor serta memperoleh akses penyimpanan data hingga 3 tahun terakhir. Beberapa fitur yang diunggulkan TikTok analytics Matamaya, yakni: