Matamaya

Macam-Macam KPI Social Media

Macam-Macam KPI Social Media
02 January 2024
Macam-Macam KPI Social Media - strategi sosial media marketing - Matamaya

Suatu akun lebih bisa berkembang apabila mempunyai KPI (Key Performance Indicator). Hal ini karena KPI social media bisa membantu dalam mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan strategi yang sudah diterapkan selama ini.

KPI ini dapat beragam, tergantung pada tujuan bisnis yang spesifik. Misalnya, KPI awareness, engagement, dan kepuasan audiens. Yuk, simak macam-macam KPI berdasarkan tujuannya lewat penjelasan di bawah ini!

 

Apa Itu KPI Social Media?

KPI social media adalah pengukuran yang digunakan untuk menilai performa dan keberhasilan suatu strategi atau campaign yang dilakukan di media sosial. KPI ini membantu dalam mengukur sejauh mana tujuan-tujuan yang ditetapkan untuk kegiatan media sosial telah tercapai.

 

KPI Social Media yang Perlu Diukur

KPI Awareness

KPI awareness mengacu pada seberapa banyak audiens yang terpapar dengan brand, produk, atau layanan Anda. Melalui KPI awareness berikut, Anda bisa mengukur seberapa efektif pesan atau konten Anda dalam menjangkau audiens dan membangun brand awareness.

  • Reach
    Jumlah orang atau akun yang melihat konten atau postingan Anda di media sosial. Ini mencerminkan seberapa luasnya audiens yang terpapar dengan konten Anda.

  • Impressions
    Total tampilan atau penayangan konten Anda di platform media sosial. Meskipun bukan unik individu, impressions menggambarkan seberapa sering konten Anda muncul di feed pengguna.

  • Share of Voice (SOV) 
    Meskipun SOV bukanlah metrik yang secara langsung mengukur awareness, tapi SOV bisa dianggap sebagai bagian dari hasil strategi awareness yang Anda lakukan. Hal ini karena SOV dapat menunjukkan seberapa besar eksposur brand Anda dibandingkan dengan kompetitor. Dengan memantau SOV, Anda dapat memperoleh insight tentang seberapa besar perbincangan atau perhatian yang diberikan audiens kepada brand Anda di media sosial.

 

KPI Engagement

KPI Social Media - Matamaya

KPI engagement adalah ukuran yang digunakan untuk menilai seberapa aktif dan terlibatnya audiens dengan konten Anda bagikan di platform media sosial. KPI ini membantu dalam memahami seberapa efektif konten Anda dalam menarik perhatian dan memancing interaksi audiens.

Beberapa KPI social media engagement yang umum digunakan meliputi:

  • Overall engagement
    Overall engagement atau engagement adalah total interaksi audiens pada konten Anda, seperti like, comment, dan shares. Metrik ini memberikan gambaran secara keseluruhan tentang seberapa aktifnya audiens dalam berinteraksi dengan konten Anda.

  • Comment per post
    Comment adalah jumlah rata-rata komentar yang diterima setiap postingan. Comment merujuk pada seberapa banyak konten Anda yang memicu diskusi atau pendapat dari audiens.

  • Like
    Merik ini menghitung jumlah total suka atau reaksi yang diterima setiap postingan. Like mengukur seberapa banyak konten yang diterima positif oleh pengguna.

  • Share
    Share menunjukkan frekuensi konten Anda dibagikan oleh audiens ke akun mereka sendiri (repost di Stories), orang lain (Direct Messages), ataupun platform sosial media lainnya. Jumlah shares mencerminkan seberapa layak konten Anda dibagikan.

 

KPI Kepuasan Audiens

KPI kepuasan audiens berhubungan dengan tingkat kepuasan, persepsi , atau tanggapan pengguna audiens terhadap konten, layanan, atau brand di platform media sosial. KPI ini membantu dalam memahami seberapa baik audiens merespons atau merasa puas atau senang selama berinteraksi dengan brand Anda.

Dalam konteks kepuasan audiens media sosial, sentimen menjadi metrik yang penting. Sentimen mengacu pada analisis untuk memahami perasaan atau pendapat audiens. Sentimen dapat berupa tanggapan positif, negatif, atau netral.

Sentimen positif umumnya berupa pujian, dukungan, atau testimoni positif. Kemudian, sentimen negatif bisa berupa keluhan dan kritik. Sementara itu, sentimen netral berupa opini yang netral atau tidak menunjukkan perasaan positif maupun negatif secara signifikan terhadap brand atau konten di media sosial.

 

Pantau Ketercapaian KPI Anda dengan Matamaya!

Social Media Monitoring dan Listening - Matamaya

Setelah mengetahui macam-macam KPI di atas, Anda bisa menggunakannya sebagai panduan dalam mengevaluasi keberhasilan social media marketing sesuai fase bisnis Anda. Untuk memudahkan Anda dalam melakukannya gunakanlah social media monitoring dan listening tool.

Salah satu tools yang sudah memenuhi kebutuhan monitoring dan listening sekaligus adalah Matamaya. Pada Matamaya, Anda tidak hanya bisa mengetahui ketercapaian reach, SOV, fans, ataupun engagement. Namun, perbandingan tiap sentimen serta respon yang sering diutarakan audiens di kolom komentar juga bisa diidentifikasi.

Dengan begitu, analisis dan evaluasi Anda semakin komprehensif dan membantu dalam pengambilan keputusan. Yuk, coba Matamaya di sini!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.