Suatu akun lebih bisa berkembang apabila mempunyai KPI (Key Performance Indicator). Hal ini karena KPI social media bisa membantu dalam mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan strategi yang sudah diterapkan selama ini.
KPI ini dapat beragam, tergantung pada tujuan bisnis yang spesifik. Misalnya, KPI awareness, engagement, dan kepuasan audiens. Yuk, simak macam-macam KPI berdasarkan tujuannya lewat penjelasan di bawah ini!
KPI social media adalah pengukuran yang digunakan untuk menilai performa dan keberhasilan suatu strategi atau campaign yang dilakukan di media sosial. KPI ini membantu dalam mengukur sejauh mana tujuan-tujuan yang ditetapkan untuk kegiatan media sosial telah tercapai.
KPI Awareness
KPI awareness mengacu pada seberapa banyak audiens yang terpapar dengan brand, produk, atau layanan Anda. Melalui KPI awareness berikut, Anda bisa mengukur seberapa efektif pesan atau konten Anda dalam menjangkau audiens dan membangun brand awareness.
KPI Engagement
KPI engagement adalah ukuran yang digunakan untuk menilai seberapa aktif dan terlibatnya audiens dengan konten Anda bagikan di platform media sosial. KPI ini membantu dalam memahami seberapa efektif konten Anda dalam menarik perhatian dan memancing interaksi audiens.
Beberapa KPI social media engagement yang umum digunakan meliputi:
KPI Kepuasan Audiens
KPI kepuasan audiens berhubungan dengan tingkat kepuasan, persepsi , atau tanggapan pengguna audiens terhadap konten, layanan, atau brand di platform media sosial. KPI ini membantu dalam memahami seberapa baik audiens merespons atau merasa puas atau senang selama berinteraksi dengan brand Anda.
Dalam konteks kepuasan audiens media sosial, sentimen menjadi metrik yang penting. Sentimen mengacu pada analisis untuk memahami perasaan atau pendapat audiens. Sentimen dapat berupa tanggapan positif, negatif, atau netral.
Sentimen positif umumnya berupa pujian, dukungan, atau testimoni positif. Kemudian, sentimen negatif bisa berupa keluhan dan kritik. Sementara itu, sentimen netral berupa opini yang netral atau tidak menunjukkan perasaan positif maupun negatif secara signifikan terhadap brand atau konten di media sosial.
Setelah mengetahui macam-macam KPI di atas, Anda bisa menggunakannya sebagai panduan dalam mengevaluasi keberhasilan social media marketing sesuai fase bisnis Anda. Untuk memudahkan Anda dalam melakukannya gunakanlah social media monitoring dan listening tool.
Salah satu tools yang sudah memenuhi kebutuhan monitoring dan listening sekaligus adalah Matamaya. Pada Matamaya, Anda tidak hanya bisa mengetahui ketercapaian reach, SOV, fans, ataupun engagement. Namun, perbandingan tiap sentimen serta respon yang sering diutarakan audiens di kolom komentar juga bisa diidentifikasi.
Dengan begitu, analisis dan evaluasi Anda semakin komprehensif dan membantu dalam pengambilan keputusan. Yuk, coba Matamaya di sini!