Matamaya

Influencer Marketing: Apa Itu dan Bagaimana Membangun Sebuah Strategi

Influencer Marketing: Apa Itu dan Bagaimana Membangun Sebuah Strategi
08 December 2021

Influencer marketing pada saat ini menjadi sangat penting dari sebelumnya untuk memastikan market share bisnis kamu tetap terjaga dan memiliki cash flow yang konsisten. Memiliki strategi influencer marketing sosial media yang konsisten akan membantu bisnis dalam meraih target audiens serta target hasil dan tujuan pemasaran.

Dalam pemasaran oleh influencer atau influencer marketing, kamu akan bekerjasama dengan seorang pengambil keputusan di jejaring sosial media yang memiliki following yang banyak serta followers yang responsif. Kunci dari strategi influencer marketing sosial media adalah menentukan siapa influencer yang akan membantu mempromosikan bisnismu.

Akan tetapi, sebelum menjalankan strategi pemasaran influencer, kamu perlu mendefinisikan target audiens bisnismu dengan jelas. Sebagai pebisnis, kamu membutuhkan waktu untuk mempertimbangkan siapa target pasar, apa bidang ketertarikan mereka, target kelompok usia dan bagaimana perilaku membeli mereka. 

Setelah menentukan target, menetapkan tujuan pemasaran dan Key Performance Indicator (KIP) adalah langkah berikutnya. Bisa saja tujuan pemasaranmu merupakan sesuatu yang kecil seperti memperoleh sejumlah visitors di website. Oleh karena itu, perlu bagimu untuk memilih strategi pemasaran influencer yang bertujuan akhir meningkatkan penjualan dengan persentase tertentu.

Tujuan menggunakan strategi influencer marketing sosial media untuk bisnis adalah untuk memperluas konten layanan produk bisnis guna meningkatkan exposure. Pemasaran dengan bantuan influencer tidak semata-mata mengenai bekerjasama dengan seseorang yang memiliki audiens yang banyak, melainkan seseorang yang memiliki audiens atau followers yang tepat. Ini bermanfaat agar kamu dapat terhubung dengan audiens di platform sosial media lebih jauh guna mempromosikan produkmu.

 

Bagaimana strategi pemasaran influencer menjadi pilihan efektif?

Sebuah studi telah membuktikan bahwa persentase terbesar yang mempengaruhi dorongan audiens untuk membeli adalah mempercayai rekomendasi pribadi dan membaca ulasan produk yang dituliskan secara online oleh customer lain. 

Bagaimana strategi pemasaran influencer menjadi pilihan efektif - Matamaya

Sebagian besar pemasar pun setuju bahwa traffic yang diperoleh dari influencer marketing jauh lebih tinggi dari strategi pemasaran lainnya. Dengan melakukan pemasaran influencer, kamu akan meningkatkan visibilitas online, dimana tentunya review dan reaksi yang diciptakan oleh influencer akan sering muncul ketika audiens mencari produkmu di platform sosial media maupun mesin pencarian.

Selain itu, bisnismu juga akan menghasilkan konten-konten yang lebih beragam dan lebih menarik. Influencer memiliki cara mereka tersendiri dalam menilai trend dan metode yang efektif untuk merekomendasikan suatu produk atau layanan kepada audiens mereka. 

Kamu juga akan memiliki banyak mentions dan pengikut baru di sosial media setelah influencer mempromosikan produk. Namun, biasanya ini tidak bertahan lama sehingga kamu memerlukan strategi pemasaran lainnya untuk menghasilkan banyak followers setia.

Strategi influencer marketing sosial media Facebook, Twitter, Instagram cukup berbeda. Ini tergantung karakteristik audiens dari masing-masing platform sosial media. Misalnya, strategi influencer marketing sosial media Instagram lebih preferably menggunakan konten yang menyenangkan dan ringan, karena banyaknya pengguna kelompok usia remaja dan dewasa awal.

Ada dua tipe strategi influencer marketing sosial media yang sering dijumpai sekarang ini, antara lain kode diskon, dan kompetisi dengan metode giveaway. Kode diskon dan giveaway memiliki manfaat yang sangat besar dalam peningkatan engagement followers. Biasanya metode ini akan memberikan syarat berupa follow, share, comment, tag friends, like yang tentunya akan meningkatkan traffic pada platform sosial media dan website bisnismu.

 

Bagaimana cara memilih influencer yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu?

Bagaimana cara memilih influencer yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu - Matamaya

Sebelum menentukan cara memilih influencer, kamu dapat terlebih dahulu menentukan tipe influencer. Pilihan influencer tidak sebatas pada selebritas, ia bisa berprofesi sebagai bloggers, social media stars, pakar dalam industri yang sesuai dengan produk kamu, leaders, bahkan seorang customers. Setelah menentukan tipe influencer, kamu dapat mulai mencari detail tentang individu tersebut.

Ada dua cara yang dapat kamu lakukan dalam memilih influencer. Kamu bisa memilih salah satu cara ini atau menggunakan keduanya sebagai referensi.

  1. Menemukan Influencers yang Dapat Melakukan Pendekatan ke Audiens
    Sebagai contoh, jika kamu menjual perlengkapan olahraga outdoors seperti memancing, audiens-mu kemungkinan besar membaca situs-situs terkait pelet terbaik yang dapat menarik perhatian ikan atau cara membawa pulang banyak ikan dari memancing, maka kamu harus menemukan website yang banyak dikunjungi oleh audiensmu. Gunakan daftar website sebagai panduan untuk menemukan influencer yang tepat untuk pemasaranmu.
  2. Menemukan Influencers Berdasarkan Topik
    Kamu dapat menggunakan beberapa tools untuk mengamati individu-individu yang masuk ke dalam daftar calon influencer produkmu seperti BuzzSumo. Tak hanya itu, kamu juga dapat mencarinya dengan cara mengklik hashtag yang relevan di Twitter dan Instagram dan kamu akan mendapatkan hint terkait siapa influencer yang memiliki hobi yang sama dengan produk atau layanan yang kamu jual dan sebagainya.

 

Lalu apa yang dapat dilakukan setelah menentukan target, tujuan, dan menemukan influencer yang tepat?

Lalu apa yang dapat dilakukan setelah menentukan target, tujuan, dan menemukan influencer yang tepat? - Matamaya

Meskipun influencer mengetahui metode terbaik yang dapat menarik banyak audiens membeli produk bisnis yang mereka tawarkan, kamu juga dapat berdiskusi merumuskan metode dan konten yang tepat untuk target audiens bisnismu.

Pebisnis memiliki sejumlah tools yang dapat dimanfaatkan untuk melihat trend dari berbagai penilaian, dan biasanya penilaian tersebut bernilai kuantitatif seperti mengetahui tipe konten apa yang lebih diminati dan waktu terbaik untuk posting.

Mempersiapkan rencana konten dengan influencer dimulai dengan menentukan topik yang relevan dengan isu-isu terkini dan menarik bagi audiens atau target pasar yang telah kamu identifikasi sebelumnya. Selain itu, penting bagi kamu membuat daftar serangkaian konten dengan timeline waktu yang spesifik, sehingga strategi konten yang dijalankan bersama dengan influencer memperoleh engagement yang tinggi.

 

Mengukur hasil campaign

Mengukur hasil campaign - Matamaya

Ketika kamu menyelesaikan kampanye strategi influencer marketing, itu akan terasa seperti sebuah kemenangan. Akan tetapi, kesuksesan dan ketidaksuksesan promosi yang dilakukan tergantung pada tujuan yang kamu tetapkan di awal proses.

Kamu dapat membandingkan ROI yang kamu peroleh terhadap target hasil bisnismu. Jika kamu mencapai target itu, kini waktunya untuk mengevaluasi kembali dan mungkin merencanakan promosi baru dengan target yang lebih tinggi.

Untuk men-track total engagements yang kamu peroleh setelah melakukan strategi pemasaran influencer, kamu dapat memanfaatkan aplikasi monitong sosial media yang dikembangkan oleh Matamaya.id. Matamaya.id merupakan platform sosial media monitoring Indonesia yang menyediakan sebuah dashboard untuk memantau semua digital assets yang dimiliki oleh bisnismu dan kompetitor seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan TikTok.

Matamaya.id memberikan laporan performa aktivitas secara real time yang dapat kamu unduh kapanpun dan tidak seperti platform sosial media monitoring Indonesia lainnya, Matamaya.id memiliki format yang seragam sehingga memudahkan kamu memperoleh insight dengan cepat.

Ini sangat dibutuhkan bagi bisnis kamu untuk memantau apakah strategi pemasaran yang kamu jalankan perlu segera improvisasi atau tidak. Kamu juga dapat mengetahui platform sosial media mana saja yang telah mencapai target pemasaran yang telah kamu tetapkan. Kamu dapat mengantisipasi dan memperbaiki kekurangan itu dengan lebih cepat karena aplikasi monitoring sosial media yang dikembangkan oleh Matamaya.id hanya membutuhkan satu klik saja (one click away) untuk mendapatkan laporan hasil pantauan assets yang kamu perlukan. 

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.