Matamaya

Lima Langkah Membangun Strategi Sosial Media Marketing – Panduan untuk Pemula

Lima Langkah Membangun Strategi Sosial Media Marketing – Panduan untuk Pemula
02 November 2021

Seberapa urgen sosial media marketing untuk mempromosikan bisnis kamu?

Sosial media telah mentransformasi pemasaran bisnis dan popularitasnya diprediksi masih akan terus mengalami peningkatan. Global WebIndex di tahun 2021 menyatakan bahwa lebih dari setengah populasi dunia telah menggunakan sosial media dengan penggunaan rata-rata setiap hari 2 jam 25 menit.

Pemasaran produk merupakan salah satu dari tiga penggunaan sosial media dengan persentase terbesar, dimana dua lainnya adalah update berita, dan info lowongan pekerjaan. Persentase ini akan selalu berubah, dan sangat tergantung pada sasaran audiens yang kamu tuju. Hal ini karena popularitas sosial media sangat beragam di latar demografi yang berbeda.

Di Indonesia, tidak sedikit bisnis gagal dalam memanfaatkan sosial media sebagai strategi marketing mereka. Semakin banyak pengguna internet, itu menguntungkan kamu sebagai pebisnis untuk meningkatkan ROI. Namun persaingan bisnis akan semakin kompetitif, sehingga membutuhkan strategi sosial media marketing yang efektif.

Banyak pebisnis yang berpikir bahwa strategi yang paling tepat untuk mempromosikan produk dan untuk melibatkan audiens dapat dilakukan dengan fokus pada konten dan iklan saja. Itu kesalahan yang sangat besar, dan kamu perlu memahami alasannya.

Mempromosikan bisnis di sosial media tidak semudah yang terlihat. Banyak hal yang perlu diperhatikan, tidak hanya sekedar memposting informasi produk dan layanan bisnis kamu ke Facebook dan Instagram. Pebisnis dalam hal ini marketer perlu melakukan assessment sebelum memasarkan produk, yakni terkait brand awereness, metode dan metriks yang tepat, peran bisnis di berbagai sosial media, serta gaya bahasa yang akan digunakan pada masing-masing sosial media platforms.

Berikut 5 langkah strategis yang dapat digunakan pebisnis pemula untuk memasarkan bisnis di sosial media:

 

1. Menetapkan target sasaran

Menetapkan target sasaran - Matamaya

Sebelum menentukan strategi konten yang terbaik untuk bisnis, kamu perlu mengidentifikasi Key Performance Indicator (KPI), karakteristik calon customer dan informasi terkait pesaingmu, seperti keberhasilan yang ingin dicapai, dimana sasaran audiens sering menghabiskan waktu online, strategi promosi apa yang dilakukan pesaing bisnis, dan lain sebagainya perlu disusun dalam bentuk metriks.

Menentukan KPI yang spesifik dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah kamu identifikasi sebelumnya, seperti apakah tujuan pemasaran bisnismu di sosial media untuk menghasilkan prospek, meningkatkan jangkauan bisnismu, atau memberikan dukungan kepada customers. Jika tujuan bisnismu untuk mencari prospek, maka jumlah klik dan konversi sangat penting untuk diketahui.

Mengetahui karakteristik audiens atau prospektif customers sangat berguna untuk menemukan cara yang efektif dan efisien dalam mengarahkan traffic ke situs web bisnismu, seperti preferensi konten dan demografis. Jika produk bisnismu digunakan oleh kelompok usia dewasa dan lansia, kamu dapat memasarkan produk lebih banyak di Facebook dibandingkan platform sosial media lain.

Beberapa platforms sosial media memiliki trend pengguna berdasarkan kelompok usia. Facebook banyak digunakan oleh kelompok usia remaja akhir, dewasa, hingga lansia, sementara Instagram lebih banyak diminati oleh kelompok usia remaja akhir dan dewasa awal.

Jika kamu belum yakin dengan metode yang kamu rumuskan, kamu bisa mengamati bagaimana strategi promosi yang digunakan oleh kompetitor bisnismu. Kamu bisa mempelajari cara yang mereka lakukan sebagai referensi, namun kamu harus tetap menyisipkan ciri khas tentang produk kamu di dalamnya.

 

2. Menentukan strategi konten

Menentukan strategi konten - Matamaya

Konten dalam strategi sosial media marketing memiliki nilai yang sangat penting sehingga kamu perlu menjaga agar konten yang dibuat tetap relevan dan mengikuti trend. Strategi konten harus memiliki 4 parameter ini agar konten bisnismu berkualitas, yakni konten bersifat menghibur, menginformasi, melibatkan, dan membujuk audiens.

Menghasilkan konten yang valuable dapat memberikan banyak manfaat, satu diantaranya menjaga reputasi bisnis. Jika reputasi bisnismu baik, para influencer akan merekomendasikan bisnismu kepada followers mereka dan bisnismu juga berpeluang untuk diliput oleh media.

Kamu dapat menggunakan multimedia seperti jajak pendapat Twitter atau story Instagram untuk meningkatkan interaksi dengan audiens dan juga antarfollowers. Crowdsource juga dapat kamu manfaat di dalam konten guna menarik perhatian calon customers. Crowdsource berupa hashtag perlu otentik, karena dapat digunakan untuk melacak histori interaksi pelanggan dan ini merupakan bagian dari brand voice bisnismu.

Selain hal-hal di atas, cara lain yang dapat dilakukan yaitu melakukan growing hack yang bermanfaat untuk meningkatkan ranking SEO bisnismu di mesin pencarian internet. Ranking SEO dapat meningkat jika kamu memahami algoritma dari platform konten kamu dipublikasi, seperti format konten yang lebih preferable atau disukai pada waktu-waktu tertentu.

 

3. Membangun relasi sosial media

Membangun relasi sosial media - Matamaya

Membangun relasi sosial media tidak semata-semata dilakukan untuk mendiskusikan bisnis yang dijalankan, melainkan bertukar pandangan tentang solusi dari masalah bisnis yang sedang dihadapi dengan kolega pebisnis lainnya. Kamu juga dapat saling berbagi informasi terkait hal lain seperti kebijakan pemerintah dalam mendukung pasar bisnis, lalu lintas, dan sebagainya.

Kamu dapat berpartisipasi dalam kelompok dan komunitas online dengan ragam yang berbeda. Itu bisa komunitas bisnis berdasarkan lokasi atau bisnis yang serupa. Kamu juga dapat saling mendukung dengan cara membantu promosi, bahkan berpeluang mendapatkan partner guna mengembangkan bisnismu.

Relasi sosial media juga dapat membantu kamu mengenal pesaing lebih jauh seperti bagaimana cara mereka mempromosikan produknya, harga yang mereka tawarkan, sistem yang dibangun dan lain-lain.

 

4. Melibatkan percakapan dengan audiens

Melibatkan percakapan dengan audiens - Matamaya

Sosial media selain bermanfaat untuk membantu pelanggan mendapatkan informasi terkait produk yang kamu tawarkan, juga dapat menjadi ruang untuk berkomunikasi langsung dengan customers dan audiens. Mereka bisa saja membagikan pengalamannya setelah membeli produk yang kamu jual, membicarakan promo dan hal lain yang kamu tuliskan di sosial media, bahkan menanyakan pertanyaan seputar produk.

Komentar seperti ini sangat positif untuk pertumbuhan bisnismu dan kamu perlu memberikan apresiasi yang besar kepada mereka. Akan tetapi, ada juga audiens yang memberikan komentar tidak positif di dalam ruang percakapan. Nantinya ini dapat berpengaruh pada persepsi audiens lain.

Untuk menghindari konsekuensi yang tidak baik, kamu perlu mem-brand dirimu selalu ada untuk mendengarkan dan menyelesaikan permasalahan customers. Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan membangun kepercayaan audiens dan ini akan menguntungkan bisnismu lebih dari sebelumnya.

 

5. Melakukan pemantauan

Melakukan pemantauan - Matamaya

Setelah melakukan serangkaian upaya dalam strategi sosial media marketing, tentunya kamu ingin mengetahui apakah strategi yang telah kamu terapkan mencapai target bisnis yang ditetapkan atau tidak.

Memantau hasil strategi marketing sangat penting dilakukan untuk memberikan masukan terhadap strategi sosial media marketing yang sedang diterapkan. Kamu dapat menggunakan sebuah tool yang dikembangkan oleh Matamaya.id dimana menyediakan sebuah dashboard untuk memantau semua digital assets yang dimiliki oleh bisnismu dan kompetitor seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan TikTok.

Matamaya.id memberikan laporan performa aktivitas secara real time yang dapat kamu unduh kapanpun dan tidak seperti tool lainnya, Matamaya.id memiliki format yang seragam sehingga memudahkan kamu memperoleh insight dengan cepat. Kamu dapat mengantisipasi dan memperbaiki kekurangan itu dengan lebih cepat karena tool Matamaya.id hanya membutuhkan satu klik saja (one click away) untuk mendapatkan laporan hasil pantauan assets yang kamu perlukan.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.