Matamaya

10+ Rekomendasi Tools Gratis untuk Social Media Marketer

10+ Rekomendasi Tools Gratis untuk Social Media Marketer
05 February 2024
10+ Rekomendasi Tools Gratis untuk Social Media Marketer - strategi sosial media marketing - Matamaya

Dalam dunia social media marketing, ada banyak tool yang dapat membantu mempermudah pekerjaan seorang social media marketer. Penggunaan tool- tool ini mampu membantu dalam meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja. 

Terlebih jika tool tersebut gratis, maka kehadiran tool ini dapat mengoptimalkan social media campaign tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba tools yang direkomendasikan berikut dan rasakan manfaatnya sendiri!

 

Rekomendasi Tools yang Mendukung Social Media Marketing

Content Planning Tools

Perencanaan konten adalah kunci dalam menjaga konsistensi dan relevansi dalam strategi pemasaran media sosial. Dengan alat content planning yang tepat, seorang pemasar dapat mengatur konten secara efisien dan efektif. Berikut rekomendasi content planning tools yang bisa membantu Anda:

  • Trello
    Trello adalah alat manajemen proyek berbasis papan kanban yang dapat digunakan untuk merencanakan dan mengatur konten media sosial. Dengan tampilan yang intuitif, Trello memungkinkan social media marketer untuk melacak progres konten dan mengatur tugas dengan lebih efisien.

  • Notion
    Selain Trello, Anda bisa menggunakan Notion yang memiliki lebih banyak template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tim Anda. Alur kerja mulai dari merencanakan konten media sosial, berkolaborasi dengan tim, dan mengatur jadwal posting dapat dilakukan secara mudah dan tertata melalui Notion.

Content Research Tools

Riset ide konten merupakan langkah penting dalam merencanakan strategi konten yang relevan dan menarik. Dengan content research tools yang tepat, Anda dapat memahami tren dan minat audiens mereka. Berikut rekomendasi content research tools yang bisa Anda coba:

  • Answer The Public
    Answer The Public adalah tools yang dapat memberikan informasi topik dan pertanyaan sering dicari oleh audiens. Informasi ini dapat Anda gunakan untuk menciptakan konten yang relevan dan bermanfaat bagi audiens.

  • Google Trends
    Sementara itu, Google Trends memungkinkan Anda untuk mengetahui tren yang sedang populer. Informasi dari Google Trend bisa mempercepat Anda mendapatkan ide konten yang sesuai dengan situasi maupun topik terkini.

Caption Generator Tools

Chat GPT - Matamaya

Suka kehabisan ide untuk menulis caption? Nah, Anda bisa mencoba tools di bawah ini untuk menciptakan caption atau teks yang menarik dan persuasif. 

  • Chat GPT
    Chat GPT bisa digunakan untuk membuat caption baru, mengedit, ataupun memberikan saran perbaikan terhadap caption yang telah Anda buat. Anda hanya perlu memberikan detail atau gambaran umum tentang konten yang ingin Anda beri caption untuk mendapatkan caption yang menarik.

  • Quillbot
    Jika Anda menulis caption dalam bahasa Inggris, Quillbot adalah tool yang bisa dicoba berikutnya. Quillbot mampu untuk mengoreksi kesalahan grammar maupun memparafrasekannya menjadi kalimat yang lebih mudah dibaca.

Hashtag Research Tools

Penggunaan hashtag yang relevan dan populer dapat meningkatkan jangkauan dan eksposur konten Anda di platform media sosial. Sebab itu, melakukan riset hashtag yang cermat dapat menjadi proses yang patut Anda lakukan. Untuk melakukannya, terdapat beberapa tools yang bisa digunakan:

  • Hashtagify
    Hashtagify adalah rekomendasi tool gratis selanjutnya yang dapat membantu Anda untuk menemukan hashtag yang relevan dengan konten Anda dan populer di media sosial. Selain menemukan hashtag, Hastagify dapat dimanfaatkan untuk melihat tren hashtag dan menganalisis performa hashtag.

  • Ritetag
    Hampir sama seperti Hashtagify, Ritetag merupakan tool yang akan membantu Anda memperoleh hashtag yang efektif untuk digunakan dalam konten. Informasi berupa popularitas hashtag dan daya saing antar hashtag tersaji dalam tool ini.

Editing Tools

Konten visual seperti grafis dan video memainkan peran penting dalam pemasaran media sosial. Nah, jika Anda ingin mencari tool yang mudah dipakai dan gratis, Anda dapat mempertimbangkan tool berikut:

  • Canva
    Canva adalah tool untuk membuat desain grafis yang sangat populer belakangan ini dengan berbagai fitur desain yang mudah digunakan. Canva sangat cocok digunakan untuk membuat grafis yang cepat dan mudah untuk pemula.

  • CapCut
    Aplikasi editing video yang dikembangkan ByteDance ini dapat membantu Anda untuk membuat dan mengedit video dengan berbagai efek dan fitur kreatif. CapCut amat direkomendasikan untuk Anda yang kerap membuat TikTok karena banyak tren TikTok yang menggunakan template CapCut.

Social Media Monitoring dan Listening Tools

Social Media Monitoring dan Listening Tools - Matamaya

Setelah konten sudah siap dan berhasil diposting, langkah selanjutnya melakukan monitoring performa konten. Proses ini perlu dilakukan untuk mengetahui keefektifan konten dan membuat keputusan yang lebih baik untuk strategi selanjutnya.

Matamaya adalah alat social media monitoring tool yang dapat membantu untuk melacak performa berbagai konten dan akun Anda di platform Instagram, Facebook, X, TikTok, YouTube, dan LinkedIn. Metrik penting seperti reach dan engagement tersedia secara detail perkembangannya secara periodik. Tak ketinggalan, keefektifan konten berdasarkan content pillar tersedia pula di dashboard Matamaya.

Tidak hanya dapat digunakan sebagai monitoring, Matamaya juga bisa melakukan listening sekaligus. Perbandingan tiap sentimen serta respon yang sering diutarakan audiens di kolom komentar dapat teridentifikasi dengan mudah. Melalui fitur-fitur analisis yang komprehensif, tool ini mampu menjadi alat yang sangat berguna untuk social media marketing Anda.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.