Matamaya

Cara Riset Pasar dengan Social Media Listening Tools

Cara Riset Pasar dengan Social Media Listening Tools
25 September 2023
Cara Riset Pasar dengan Social Media Listening Tools - Target audiens - Matamaya

Di era serba digital, para marketer semakin dimudahkan untuk melakukan riset pasar dengan social media listening tools. Memahami audiens lewat media sosial merupakan cara yang efektif karena Anda dapat menggali berbagai informasi tanpa batasan waktu. Dalam artikel ini, Anda akan lebih memahami pentingnya social media listening untuk riset pasar.

 

Apa Itu Riset Pasar?

Riset pasar adalah proses pengumpulan dan analisis data tentang pasar yang bertujuan untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku target audiens maupun konsumen. Riset pasar sangat penting dilakukan agar marketer dapat membuat keputusan lebih baik dalam mengembangkan produk, menentukan harga, dan merancang strategi pemasaran yang efektif.

 

Mengapa Social Media Listening Tools Penting untuk Riset Pasar?

Social media listening tools adalah alat yang dapat membantu para marketer memahami target audiens melalui analisis percakapan di media sosial. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pemanfaatannya penting untuk riset pasar:

  • Mengetahui tren dan kebutuhan pasar
    Melalui analisis percakapan di media sosial,  Anda dapat mengetahui apa yang ramai dibicarakan dan apa yang target audiens butuhkan. Selain itu, dapat juga digunakan untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin dihadapi oleh mereka agar bisa menyediakan solusi yang tepat.

    Misalnya, saat ini topik lingkungan sedang menjadi tren dan permintaan produk ramah lingkungan meningkat pula. Selanjutnya, Anda pun dapat mempertimbangkan untuk membuat inovasi yang berkaitan dengan tren tersebut agar relevan dengan konsumen.

  • Mengetahui brand positioning
    Dengan menggunakan tools ini, informasi yang menunjukkan sejauh mana suatu bisnis berhasil memposisikan brand mereka sesuai tujuan awal dibandingkan kompetitor akan terlihat. Hal ini bisa diketahui melalui pandangan serta respon konsumen maupun target audiens.
    Manfaat Social Media Listening Tools - Matamaya
    Contohnya, sebuah perusahaan mie instan ingin memposisikan brand-nya sebagai yang paling sehat dan aman dikonsumsi. Lalu, mereka menemukan bahwa audiens seringkali membandingkan produk mereka dengan kompetitor dari segi kandungan gizi.

    Konsumen menganggap produk mereka memang unggul dalam aspek tersebut, maka terkonfirmasi bahwa brand positioning sebagai yang paling sehat dan aman dikonsumsi telah berhasil.

  • Memahami sentimen pasar
    Tools ini juga dapat menganalisis sentimen dari postingan dan komentar di media sosial. Anda dapat mengetahui apakah konsumen senang atau tidak senang dengan brand Anda maupun kompetitor. Misalnya, jika ada banyak postingan positif tentang produk baru yang dirilis, hal ini bisa mengindikasikan bahwa produk tersebut menjawab kebutuhan atau permasalahan konsumen.

 

Keuntungan Menggunakan Social Media Listening Tools

Penggunaan social media listening tools memiliki beberapa keuntungan antara lain:

  • Menghemat waktu dan sumber daya
    Dibandingkan metode riset lainnya, penggunaan tools ini lebih bisa menghemat waktu dan sumber daya manusia yang sebelumnya digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data secara manual.

    Contohnya, jika di metode observasi, Anda harus mendatangi satu per satu target audiens. Namun, dengan best social media listening tools, Anda mungkin hanya perlu mewawancarai lebih sedikit orang dan kemudian melengkapinya dengan data yang tersedia otomatis di tool.

  • Sumber data lebih banyak dan bervariasi
    Keuntungan lainnya adalah tool ini mampu mengumpulkan data dari berbagai sumber yaitu media sosial dan media online secara bersamaan. Bayangkan apabila satu platform saja sudah terdapat ribuan percakapan maka jika ditambah platform akan lebih memperkaya insight yang bisa Anda dapatkan.

  • Data tersaji lebih cepat
    Apakah Anda pernah melakukan analisis data hingga berhari-hari atau berminggu-minggu? Melalui tool inilah, Anda dapat menganalisis data dalam hitungan detik atau menit. Dampak positifnya, Anda dapat segera mengambil tindakan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran.

 

Langkah-langkah Melakukan Riset Pasar dengan Social Media Listening Tools

Keunggulan Social Media Listening Tools - Matamaya

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan ketika melakukan riset pasar:

  1. Merumuskan masalah
    Sebelum memulai riset pasar, Anda perlu merumuskan masalah  terlebih dahulu. Awali dengan mengajukan pertanyaan yang harus terjawab melalui riset ini. Hal ini perlu dilakukan agar tujuan yang ingin dicapai juga terdefinisi dengan jelas.

  2. Pilih social media listening tools yang tepat
    Ada banyak top social media listening tools yang tersedia di Indonesia sehingga para marketer perlu memilih alat yang tepat untuk keperluan riset pasar. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilihnya adalah kemampuan analisis data, kemudahan penggunaan, dan harga.

  3. Tentukan Kata Kunci yang Relevan
    Kata kunci adalah kata, frasa, ataupun hashtag yang relevan dengan brand, produk/ layanan yang Anda tawarkan maupun tujuan riset pasar. Melalui kata kunci akan diketahui percakapan target audiens yang berkaitan dengan hal tersebut sehingga data yang dihasilkan akan lebih spesifik.

  4. Monitor Percakapan
    Setelah menentukan kata kunci, Anda perlu memonitor percakapan di media sosial. Dalam melakukan monitoring, Anda perlu memperhatikan konteks percakapan, reaksi, dan sentimen konsumen.

  5. Analisis Hasil
    Langkah terakhir adalah menganalisis hasil dari social media listening tools. Analisis ini dapat membantu Anda untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen. Gunakan hasil analisis untuk merancang inovasi produk atau strategi pemasaran berikutnya.

 

Yuk, Nikmati Kemudahan Melakukan Riset Pasar dengan Social Media Listening Tools!

Matamaya merupakan salah satu social media listening tools Indonesia yang dapat Anda manfaatkan untuk riset pasar. Terlebih, jika Anda ingin memahami lebih dalam mengenai konsumen maupun target audiens lokal maka tool ini layak untuk dipertimbangkan.

Beberapa keunggulan yang bisa Anda nikmati, yaitu:

  • Word cloud untuk memahami kebutuhan, minat, dan tren target audiens.
  • Brand positioning/ Share of voice guna mengetahui posisi dan popularitas Anda dibandingkan kompetitor.
  • Sentimen untuk mengetahui penilaian target audiens terhadap brand Anda maupun kompetitor.

Jadi tunggu apalagi, mulailah perjalanan mengenali target audiens lebih dekat Anda bersama Matamaya. Dapatkan manfaat terbaiknya secara gratis di sini.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.