Matamaya

Cara Mengukur Performa IG Stories di Instagram Analytics

Cara Mengukur Performa IG Stories di Instagram Analytics
04 August 2023
Cara Mengukur Performa IG Stories di Instagram Analytics - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Stories merupakan salah satu fitur andalan Instagram yang bisa kamu manfaatkan  untuk berinteraksi lebih aktif dengan audiens. Kamu pun bisa mengetahui keefektifan Stories di Instagram analytics.

Stories memiliki metrik tersendiri yang membedakannya dengan postingan di feed. Yuk, simak metrik-metrik yang terdapat di Stories melalui artikel ini! 

 

Perbedaan Reach dan Impressions pada Instagram Analytics Stories

Reach dan impressions adalah metrik yang bisa membantumu mengetahui jumlah audiens dari Stories. Lalu, apa perbedaan dari keduanya?

Reach adalah jumlah akun yang terpapar atau melihat Stories kamu. Jumlah reach dihitung secara unik, termasuk reach dari followers maupun non-followers. Kamu dapat melihat profil akun yang melihat Stories dengan melakukan swipe-up pada Stories yang sedang aktif.

Sementara itu, impressions adalah total tayangan Stories, termasuk yang melihat Stories lebih dari 1 kali. Apabila jumlah impressions lebih dari reach maka bisa dikatakan bahwa Stories kamu beresonansi dengan audiens. Audiens ingin melihat Stories kamu kembali untuk dibaca ulang.

Instagram Analytics Stories - Matamaya

Cara Mengukur Jumlah Interaksi di Stories

Dalam hal ini, interaksi menghitung jumlah tindakan yang diambil audiens setelah melihat Stories. Interaksi stories yang terdapat di Instagram analytics dibagi menjadi 2 metrik, yaitu shares dan replies. Kamu bisa mengetahui jumlah interaksi yang kamu dapatkan pada bagian “Story Intercations”. 

Metrik interaksi merupakan metrik yang perlu difokuskan jika objektif Instagram kamu saat ini adalah meningkatkan engagement. Untuk mencapai objektif tersebut, kamu dapat membuat story interaktif dengan bentuk diskusi ataupun menggunakan call to action berupa ajakan share dan reply.

Mengukur Interaksi Instagram Stories Analytics - Matamaya

Cara Mengukur Completion Rate di Stories

Berbeda dengan interaksi, completion rate menunjukkan cara audiens bernavigasi ketika melihat Stories. Oleh karena itu, kamu dapat melihat jumlah taps backward, forward, next story, dan exit di Instagram analytics platform. Apa perbedaan dari macam-macam navigasi Stories ini?

  1. Tap back
    Tap back adalah frekuensi penonton yang mengetuk sisi kiri layar untuk menonton ulang cerita sebelumnya. Jenis navigasi ini bisa digunakan untuk menentukan suatu Stories itu disukai audiens atau tidak, loh.

    Saat audiens mengetuk mundur, bisa dikatakan bahwa audiens menganggap konten kamu layak untuk ditonton ulang atau berhasil menarik perhatian. Kamu dapat mempelajari konten yang memiliki banyak tap back dan menguji cobanya di Stories selanjutnya. 
    Tap Back Instagram Stories - Matamaya
  2. Tap forward
    Tap forward adalah metrik Instagram analytics yang menunjukkan frekuensi audiens yang melihat slide story kamu selanjutnya. Apabila audiens menikmati dengan storytelling kamu di Stories, mereka pasti akan senantiasa melanjutkan ke slide berikutnya. 

    Namun, tidak sepenuhnya audiens yang menonton Stories sampai selesai adalah audiens yang menyukai Stories kamu karena bisa saja mereka hanya asal mengetuk Stories tanpa melihat konten. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan fitur polling, Q&A, dan sticker agar mereka terdorong membaca Stories.
    Tap Forward Instagram Stories - Matamaya
  3. Next Story
    Berbeda dengan tap forward, next story merupakan jumlah audiens yang beralih menonton Stories selanjutnya dari akun lain. Data ini dapat membantu kamu menentukan jumlah slide atau durasi Stories yang optimal.

    Selain itu, next story juga dapat menunjukkan keefektifan dari strategi Stories selama ini. Apabila banyak audiens yang lebih memilih next story, hal itu menandakan bahwa kamu perlu meninjau ulang dan meningkatkan kualitas konten Stories.

  4. Exit
    Exit menjelaskan jumlah audiens yang berhenti menonton Stories. Kamu bisa mengeceknya langsung di Instagram Insight secara langsung atau menggunakan online Instagram analytics

    Apakah kamu mengira bahwa banyaknya jumlah exit merupakan indikator yang buruk? Hal ini tidak sepenuhnya benar, loh. Tidak perlu khawatir, mungkin saja orang yang melakukan exit tersebut memang tidak punya cukup waktu untuk melihat Stories kamu selanjutnya.

Cara Mengukur Jumlah Sticker Taps di Stories

Adanya stickers bisa kamu optimalkan untuk membuat Stories yang lebih interaktif dan berpotensi dilihat lebih banyak orang. Kamu bisa mencantumkan hashtag, stiker produk, hashtag, dan mention. Analisisnya pun bisa kamu ketahui langsung melalui jumlah ‘Sticker Taps’ di Instagram analytics.

Jumlah dari ‘Sticker Taps’ bisa kamu gunakan untuk menentukan apakah stiker yang kamu cantumkan diperlukan audiens atau tidak. Selain itu, untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan stiker pada jumlah reach Stories.

 

Cara Mengukur Traffic dari Stories

Selain efektif untuk meningkatkan engagement akun, Stories juga bisa kamu gunakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan website atau toko online suatu bisnis. Caranya adalah dengan melihat jumlah ‘Link clicks’ yang terdapat pada Instagram analytics.

Link click Instagram Stories - Matamaya

Namun, agar kamu dapat lebih memantau keakuratan traffic yang didapatkan melalui Stories, kamu perlu membuat UTM tracking. UTM tersebut dapat dibuat dengan memasukkan link yang ingin kamu bagikan di story ke UTM builder.

Setelah itu, salin URL yang sudah mengandung UTM ke Stories. Selanjutnya, pantaulah hasilnya menggunakan Google Analytics untuk mengetahui traffic website yang berasal dari Stories.

 

Yuk, Pantau Instagram Analytics Akunmu dengan Matamaya!

Demikianlah penjelasan mengenai Instagram Stories analytics yang bisa kamu gunakan sebagai panduan ketika mengevaluasi konten Stories. Selain itu, informasi ini perlu dipahami oleh kamu yang tertarik bekerja sebagai Social Media Specialist, karena kedepannya pekerjaanmu akan berhubungan erat dengan Instagram analytics job.

Untuk memudahkan pekerjaan tersebut, gunakanlah tools penunjang. Salah satunya, kamu bisa menggunakan Matamaya agar evaluasi strategi Instagram lebih optimal. Tertarik mencobanya? Coba demo produknya di sini!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.