Matamaya

3 Hal Penting dalam Instagram Analytics

3 Hal Penting dalam Instagram Analytics
02 December 2022
3 Hal Penting dalam Instagram Analytics  - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Instagram analytics adalah dasar dari strategi pemasaran Instagram yang perlu pemasar digital pahami. Semua keputusan dan strategi yang baik berasal dari data yang komprehensif pula. Dalam Instagram analytics, terdapat banyak data yang tersedia untuk memberitahu strategi yang berhasil maupun yang tidak. 

Agar strategimu bisa dikembangkan lebih tepat, kamu perlu memperhatikan metrik yang sebaiknya selalu diukur. Berikut merupakan hal penting perlu diperhatikan saat penyusunan Instagram analytics report:

 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Instagram Analytics Report

Dalam penyusunan Instagram analytics report, kamu perlu menyampaikan performa akun secara komprehensif untuk meningkatkan strategi konten. Setidaknya laporan kamu harus terdiri dari 3 bagian berikut agar dapat menggambarkan efektivitas konten Instagram:

  1. Gambaran umum performa Instagram
    Gambaran umum atau wawasan akun biasanya ditempatkan di bagian atas laporan. Bagian ini akan memberikan ringkasan tentang bagaimana audiens kamu berinteraksi dengan akunmu. Informasi yang perlu dimasukkan seperti jangkauan profil, impresi, pertumbuhan pengikut, dan keterlibatan konten secara keseluruhan. 

    Dengan melihat gambaran umum, kamu dapat memahami tren dan preferensi audiens secara lebih mudah dan cepat. Contohnya, jika jangkauan dan keterlibatan profil kamu rendah atau menurun, kamu bisa menggunakan strategi iklan berbayar atau bekerja sama dengan influencer untuk mendatangkan audiens baru. 

  2. Demografi audiens
    Bagian kedua dari Instagram analytics report adalah data demografis audiens yang meliputi usia, jenis kelamin, dan lokasi. Data ini dapat mendeskripsikan sebagian karakteristik audiens yang kamu jangkau.

    Adapun keuntungan dari mengetahui demografi audiens adalah penjadwalan konten lebih tepat, penargetan iklan lebih efektif. Selain itu, kamu dapat melihat kecocokan antara konten yang telah kamu buat dengan target demografis yang kamu tuju.

  3. Performa tiap konten
    Dalam platform Instagram terdapat banyak format postingan yang bisa kamu coba seperti single image, carousel, motion grafis, reels, dan IGTV. Tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur story untuk meningkatkan interaksi dengan audiens. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana kamu bisa mengetahui tentang konten mana yang paling disukai audiens?

    Untuk mengetahuinya, kamu perlu melihat performa secara mendalam pada masing-masing konten. Kamu dapat menggunakan data ini untuk menentukan format konten maupun topik konten. Jika kamu ingin menjalankan iklan, kamu bisa mencari referensi materi iklan dengan melihat konten organik yang memiliki keterlibatan besar.

 

Instagram Analytics Tools

Instagram analytics tools dirancang guna membantu kamu melacak dan mengevaluasi performa konten. Selanjutnya, data tersebut dapat kamu olah menjadi strategi konten yang baru untuk meningkatkan performa konten dan mencapai target yang diinginkan. Berikut rekomendasi Instagram analytics tools yang dapat kamu gunakan:

  1. Instagram Insights
    Dashboard Instagram Insight - Matamaya

    Tool ini merupakan tool bawaan yang tersedia gratis apabila kamu menggunakan akun Instagram Business atau Creator. Kamu dapat melihat kinerja akun, termasuk jangkauan, interaksi, pengikut, bahkan iklan yang sedang dijalankan. 

    Namun, data yang disajikan terbilang terbatas jika kamu ingin memonitor akun lebih mendalam dan dengan metrik yang lebih banyak. Untuk itu, kamu perlu mencoba tools lainnya.

  2. Hootsuite 
    Dashboard Hootsuite - Matamaya

    Tool selanjutnya adalah Hootsuite Analytics. Tool ini mampu untuk memonitor Instagram analytics  lebih detail daripada Instagram Insights.

    Beberapa keunggulannya yaitu performa akun dari waktu yang sudah lama dapat dilihat kembali, informasi waktu posting terbaik, hasil laporan dapat diunduh, dan terdapat opsi untuk memilih metrik yang ingin kamu perhatikan saja. Selain itu, sentimen audiens dapat dimonitor melalui tool ini.

  3. Iconosquare
    Dashboard Iconosquare - Matamaya

    Iconosquare menyediakan data tentang jangkauan, interaksi, statistik pengikut, dan lainnya. Iconosquare juga memberikan informasi tentang perbandingan performa akun kamu kelola terhadap rata-rata performa akun Instagram lainnya.

    Iconosquare menawarkan uji coba gratis dasbor pro yang bisa kamu manfaatkan. Ini membuatmu dapat menganalisa Instagram lebih mendalam lagi.

  4. Keyhole
    Dashboard Keyhole - Matamaya

    Terdapat juga Keyhole yang dapat kamu gunakan untuk memantau kinerja akun Instagram kamu. Selain metrik standar, tools ini secara khusus menyediakan analisis hashtag dan pelacakan kata kunci.

    Keyhole merupakan Instagram analytics tool yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja hashtag dan user generated  content yang dijalankan di Instagram secara real-time. Keyhole juga dapat digunakan memonitor Instagram analytics saat kamu menjalankan campaign dengan influencer.

  5. Phlanx
    Dashboard Phlanx - Matamaya

    Phlanx menawarkan fitur kalkulator engagement rate Instagram secara gratis dan mudah digunakan. Bahkan, kamu dapat memanfaatkannya untuk memeriksa akun orang lain seperti akun influencer.

    Caranya yaitu dengan nama akun yang dituju. Selanjutnya, total pengikut, engagement rate, dan rata-rata engagement per postingan akan terlihat.

 

Matamaya Instagram Analytics Free Trial
Matamaya Instagram Analytics Free Trial - Matamaya

Selain Instagram analytics tools di atas, terdapat tools buatan Indonesia yaitu Matamaya yang dapat membantumu lebih memahami kebutuhan maupun perilaku audiens Indonesia di Instagram. Matamaya adalah tools yang dikembangkan tim lokal sehingga secara data dan kebutuhan akan sangat bisa menyesuaikan dengan situasi market di Indonesia. Matamaya dapat kamu manfaatkan sebagai Instagram analytics free trial untuk menunjang kebutuhan analitik.

Dalam Matamaya Instagram analytics free trial, kamu akan menikmati fitur untuk melihat perkembangan pengikut, persentase keterlibatan, demografi hingga analisis kompetitor. Kamu bisa mencobanya secara gratis selama 7 hari dengan mendaftar terlebih dahulu di website Matamaya. Kamu pun dapat memasukkan sampai 2 buah akun untuk melihat Instagram analytics di dashboard Matamaya.

Matamaya memungkinkan kamu untuk melacak Instagram analytics dengan detail yang jauh lebih dalam dibandingkan Instagram Insights. Contohnya, kamu dapat melacak performa akunmu dari dua tahun yang lalu dan membandingkannya dengan masa sekarang. Selain itu, kamu akan mendapatkan laporan khusus yang bisa kamu unduh dalam format PPTX dan XLSX sehingga tidak perlu menyusunnya secara manual. Tak hanya itu, analisis sentimen dapat memberitahukan mengenai positif atau negatifnya komentar audiens terhadap akun maupun bisnismu.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.