Matamaya

Matamaya sosial Media Management Tool Indonesia

Matamaya sosial Media Management Tool Indonesia
11 March 2022
Matamaya sosial Media Management Tool Indonesia - Influencer marketing Indonesia - Matamaya

Jejaring sosial telah menjadi sumber penting bagi bisnis dalam upaya mereka untuk menemukan feedback dari customers yang sebenarnya. Tugas tersebut sebelumnya ditugaskan ke departemen marketing, namun sekarang ini kegiatan sosial media management dapat dilakukan lebih cepat dan efisien daripada sebelumnya. sosial media management adalah cara untuk mengetahui apa yang dikatakan customers tentang suatu brand, produk atau layanan yang diberikan, dan industri pada umumnya. Bahkan tugas management dapat diperluas lebih lanjut untuk mengidentifikasi tren, kebutuhan customers, peluang potensial yang dapat dikembangkan dan lain sebagainya.

Serangkaian aktivitas yang terlibat dalam sosial media management memungkinkan bisnismu untuk mengidentifikasi seberapa sering brand-mu ditandai di berbagai sosial media platform dengan menyebutkan produk, tren, dan aktivitas kompetitor. Kegiatan tersebut memungkinkan brand-mu untuk mengukur ROI dan metrik lainnya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan tentang alat efektif yang dapat digunakan oleh brand untuk menjalankan sosial media management. Namun, sebelum lanjut ke bagian itu, mari kita pahami terlebih dahulu manfaat menggunakan sosial media management tools secara lebih rinci berikut ini.

Social media management tools dapat memberikanmu insights tentang cara terbaik menggunakan kampanye online untuk efektivitas maksimum. Hal ini termasuk data tentang waktu terbaik untuk menerbitkan, panjang konten yang kamu perlukan, dan memilih jenis atau format konten terbaik untuk dilibatkan. social media management tools juga dapat menawarkan alat segmentasi untuk mempersonalisasi postingan sosial media-mu untuk dapat dijangkau oleh demografi yang relevan. Beberapa produk social media management tools juga menawarkan layanan pemantauan kompetitor yang mencakup engagement kompetitor, jangkauan, analisis dampak, dan sentimen audience. Selain itu, alat ini juga dapat mengotomatiskan banyak tugas manual pemantauan sehingga memungkinkanmu untuk fokus pada pembuatan konten dan interaksi unik dengan audience.

 

Best social Media Management Tool: Matamaya

Cara membuat sosial media benar-benar bekerja untukmu adalah dengan memantau perilaku audiens dan melihat apa yang mereka katakan tentang brand, produk atau layanan, dan bahkan kompetitor-mu. Ketika kamu memiliki data yang tepat, tentunya kamu dapat menganalisis informasi untuk membuat keputusan yang tepat tentang bagaimana brand-mu berpromosi di sosial media untuk mencapai keterlibatan maksimum yang pada gilirannya dapat meningkatkan penjualan.

Kunci untuk mengumpulkan data yang kamu butuhkan adalah menggunakan social media management tool yang hebat seperti Matamaya. Tool ini dapat memantau segala sesuatu tentang perilaku audience-mu melalui pelacakan keywords, hashtag, URL, dan masih banyak lagi.

Matamaya adalah platform social media management buatan Indonesia yang menyediakan insights secara real time tentang bagaimana kinerja brand-mu di sosial media. Fitur-fitur analisis yang ditawarkan oleh Matamaya dapat menjangkau keseluruhan fungsi analisis media sosial, yakni social media monitoring, listening, dan intelligence, dengan lingkup analisis pada segala hal berkaitan dengan brand, produk, industri, audience, dan strategi pemasaran yang kamu gunakan termasuk analisis influencer.

Namun, secara garis besar, fitur analisis yang kamu temukan dalam Matamaya dikategorikan ke dalam 2 fitur analytics utama, meliputi sosial monitoring dan sosial listening. Fitur-fitur sosial monitoring kemudian dijabarkan ke dalam 7 analytics, yaitu Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, YouTube, Activity, dan Influencer Analytics. Sementara fungsi sosial listening dan intelligence tidak dipisahkan berdasarkan fungsi atau platform tertentu dan keduanya digabungkan dalam satu fitur bernama Benchmark Tool.

Pada artikel ini, kami akan membantumu mengenal lebih mendalam pada ketiga fitur analytics yang terdapat di Matamaya, yakni Matamaya Influencer Analytics, Listening Analytics, dan Activity Analytics. 

 

Mayamata Influencer Analytics

Ketika berbicara tentang iklan berbayar, banyak yang akan setuju bahwa kampanye pemasaran dengan melibatkan influencer dapat menjadi salah satu jalan untuk menghasilkan ROI tertinggi. Dengan melibatkan influencer yang tepat, kamu dapat menjangkau lebih banyak audience untuk terlibat, meningkatkan jangkauan brand-mu, dan menghasilkan aset materi iklan baru dalam prosesnya.

Dalam fitur Matamaya Influencer Analytics, kamu akan menemukan dua tab yang akan mengarahkanmu pada pencarian dan pemantauan akun influencers, yakni tab search influencers dan tab list influencers. Tab search influencers akan membantumu menemukan influencers yang tepat untuk kolaborasi, dimana tab ini menyediakan blank fill yang dapat kamu gunakan untuk mengetik secara langsung nama akun influencers yang ingin kamu libatkan dalam promosi bisnismu. Setelah mengetikkan nama influencers tersebut, kamu akan memperoleh berbagai informasi terkait performance mereka dan ini dapat kamu gunakan untuk memberikan gambaran tentang dampak yang akan mereka berikan dalam kampanye bisnismu. Insights ini meliputi jumlah followers, estimasi reach, jumlah post, engagement, comments, video views, likes, dan berbagai insights lainnya. Sementara itu, tab list influencers digunakan untuk memonitor performance list influencers yang terlibat dalam kampanye produk atau layananmu. Tab ini akan memudahkanmu melihat hasil performance mereka secara langsung. Selain memiliki kedua tab tersebut, Matamaya Influencer Analytics juga dapat membedakan konten personal dan konten endorse yang terdapat dalam akun influencers, sehingga dapat membantumu membandingkan performance berbagai konten endorse dengan mudah.

 

Matamaya Listening Analytics

Salah satu penentu utama dalam memilih sosial listening tool adalah apa yang ingin kamu lakukan dengannya. Matamaya dapat mengetahui apa tujuanmu akan membantu mempersempit pilihan. Apakah kamu ingin terlibat dengan pelanggan-mu atau hanya ingin mendengarkan percakapan mereka, mengelola dan mengukur reputasi onlinemu atau menginginkan alat yang dapat membantu mengidentifikasi influencer yang dapat diajak berkolaborasi? Faktor lain yang sama pentingnya untuk dipertimbangkan adalah cakupan cakupan alat, yang akan bergantung pada ukuran dan kompleksitas bisnis-mu.

Diantara platform lainnya, Matamaya memiliki fungsi analisis yang dapat menjangkau kebutuhan berbagai jenis perusahaan, terlepas dari skala dan tingkatan pesaingnya. Listening analytics ini dapat melakukan optimasi dan pemantauan performance aset digital brandmu, kompetitor, serta optimasi dan pemantauan keywords yang digunakan untuk membantu menemukan percakapan audience di seluruh sosial media platform (Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Tiktok) dan website secara real time.

Listening analytics yang ditawarkan Matamaya dapat dikelola oleh multi-admin serta menyediakan skema gratis, demo, dan berbayar, dimana pada skema gratis, setidaknya terdapat 7 layanan yang disediakan oleh Matamaya, meliputi pendataan 1 akun sosial media platform, pencarian 1 keyword percakapan dan 2 brand kompetitor, melakukan penyimpanan performa marketing campaign di 1 media sosial, penyimpanan data pada range waktu terbatas dan pengunduhan report dalam format terbatas. 

 

Matamaya Activity Analytics

https://app.matamaya.id/channel/campaign

Fitur Matamaya Activity Analytics merupakan fitur yang unik dan tidak dimiliki oleh social media management tools manapun. Fitur ini menampilkan sebuah halaman singkat yang dapat kamu gunakan untuk memonitor “kuis” di berbagai platform sosial media secara real time. Kamu akan diarahkan pada list kampanye yang telah kamu buat, atau jika belum pernah menginputnya, kamu diarahkan untuk menambahkan kampanye baru dan beberapa informasi seperti periode waktu kampanye yang ingin dimonitor, hashtag-hashtag yang dilibatkan dalam kampanye dan informasi lainnya. “Kuis” ini akan muncul pada timeline masing-masing audience dan audience dipersilahkan untuk memberikan jawaban pada kolom komentar yang disediakan atau di masing-masing timeline pribadi mereka.  Secara singkat, fitur ini merupakan “a way” yang dapat kamu manfaatkan untuk mengukur segala hal berkaitan dengan produk atau layanan yang diberikan brandmu. Kamu dapat memonitor laporan submission dan jumlah participants yang terlibat dalam pengisian “kuis” dan ini merupakan insights yang cukup penting bagi marketer untuk mengetahui gambaran keterlibatan loyal audience dalam niche-mu. Kamu dapat menemukan hal yang perlu kamu improve pada strategi pemasaran, konten, dan juga produk dengan memperoleh laporan monitoring dari fitur ini.

 

Matamaya Plan & Pricing

Harga merupakan salah satu aspek yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih sosial media management tool untuk mengukur kinerja kampanye brand-mu. Ada banyak tools di pasaran dan beberapa diantaranya memiliki skema gratis dan/atau berbayar. Sebagian besar tools, termasuk Matamaya, bekerja pada model premium, dimana calon customers dapat mengajukan request demo yang bersifat gratis sebelum mendaftar langganan berbayar. 

Pada bagian sebelumnya, kami telah menjelaskan apa yang ditawarkan pada versi gratis. Pada versi demo, Matamaya dapat menunjukkan performance dari berbagai platforms pada waktu terbatas dengan mengambil beberapa post terakhir, dimana jumlahnya disesuaikan dengan regulasi dari tiap platforms. Selain menyediakan versi demo dan gratis, Matamaya memiliki versi berbayar. Tentunya fitur-fitur yang disediakan pada versi berbayar memiliki analisis yang lebih mendalam dan lebih komprehensif.

Price plan yang ditawarkan oleh Matamaya versi berbayar sangat terjangkau dan bersifat fleksibel, dimana kamu dapat melakukan subscribe untuk periode waktu yang dapat dinegosiasikan. Matamaya memiliki basic package untuk dapat memiliki akses sosial management terhadap 3 akun. Jika kamu membutuhkan tambahan kuota akun, kuota data, kuota activity, influencer, dan benchmark tool, kamu dapat langsung memilihnya sesuai kebutuhan. Jika ada kebutuhan tambahan yang ingin di-custom, kamu dapat melakukan request dengan mengontak tim marketing Matamaya melalui link contact us yang tersedia dalam tab pricing & plan. Kamu akan segera login setelah konfirmasi pembayaran dilakukan.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.