Matamaya

5 Jenis Influencer Berdasarkan Niche

5 Jenis Influencer Berdasarkan Niche
05 January 2024
5 Jenis Influencer Berdasarkan Niche - Influencer marketing Indonesia - Matamaya

Sedang mencari influencer untuk marketing campaign? Yuk, kenali lebih dulu jenis influencer berdasarkan niche-nya agar agar Anda dapat menemukan kolaborator yang sesuai dengan brand dan target audiens Anda. Dengan memahami kategori atau spesialisasi influencer, Anda dapat menjalankan kampanye yang lebih efektif dan mendapatkan hasil yang optimal dalam menjangkau pasar yang tepat.

  1. Beauty Influencer
    Beauty influencer adalah influencer yang memiliki pengaruh pengaruh besar di industri kecantikan. Mereka sering memberikan ulasan, tips, tutorial, dan rekomendasi terkait produk-produk kecantikan, perawatan kulit, makeup, serta tren terbaru di dunia kecantikan.

    Beauty influencer seringkali menggunakan platform seperti Instagram, TikTok, dan YouTube untuk membagikan kontennya. Bagi Anda yang memiliki bisnis kecantikan, bisa mencoba bekerja sama dengan beauty influencer untuk meningkatkan brand awareness maupun penjualan. 

    Salah satu beauty influencer yang dikenal dapat mempengaruhi opini audiens adalah Abel Cantika. Abel Cantika seringkali memberikan penilaian yang mendetail terhadap berbagai produk kecantikan yang dia gunakan.

  2. Fashion Influencer
    alt="Tantri Namirah - Matamaya"

    Tidak kalah populer dengan beauty influencer, fashion influencer memiliki pengaruh tersendiri di dunia fashion. Mulai dari tren pakaian, tips kombinasi pakaian, hingga rekomendasi produk fashion tertentu menjadi fokus utama influencer ini.

    Tidak jarang mereka bekerja sama dengan brand-brand fashion seperti menjadi brand ambassador dan merancang busana bersama. Berkat gaya berbusana yang unik dan menarik, fashion influencer mampu menarik perhatian audiens dan menjadi trend setter.

    Fashion influencer yang kerap menjadi trend setter adalah Tantri Namirah. Penampilannya yang modis dan nyentrik banyak digemari oleh audiens masa kini.

  3. Lifestyle Influencer
    Jennifer Bachdim - Matamaya

    Jenis influencer ini cenderung lebih luas cakupan topiknya, karena mereka membahas berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk makanan, perjalanan, kesehatan, hobi, dan topik lain yang berkaitan dengan gaya hidup.

    Mereka lebih sering membagikan pengalaman pribadi, pandangan, tips, dan trik mengenai bagaimana menjalani kehidupan yang lebih bermakna. Seperti halnya Jennifer Bachdim yang sering berbagi momen keluarga dan kegiatan sehari-harinya.

  4. Fitness Influencer
    Fitness Influencer - Matamaya

    Influencer ini berfokus pada kesehatan dan kebugaran, memberikan panduan latihan, rutinitas olahraga, tips nutrisi, dan motivasi dalam mencapai gaya hidup sehat. Dengan pengalaman dan pengetahuan dalam dunia kebugaran, para fitness influencer berperan penting dalam membantu orang-orang untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat dan aktif. 

    Salah satu influencer yang jadi panutan bagi audiens adalah dr. Adrian Setiaji atau lebih sering dikenal dengan Dokter Medok. Lewat keahliannya di bidang medis, dr. Adrian memberikan konten yang bermanfaat dan lebih terpercaya.

  5. Parenting Influencer
    Caca Tengker - Matamaya

    Parenting Influencer adalah influencer yang suka berbagi pengalaman dan tips terkait menjadi orang tua, membesarkan anak, pendidikan, serta produk atau layanan yang berkaitan dengan dunia parenting.

    Mereka aktif memberikan inspirasi kepada orang tua lainnya yang ingin mengalami tantangan dalam membesarkan anak-anak mereka. Misalnya, yang dilakukan oleh Caca Tengker. Psikolog klinis sekaligus influencer ini kerap menceritakan kesehariannya dalam mengasuh anak. Caca juga aktif mengadakan Q&A di Instagram-nya untuk menjawab sejumlah pertanyaan terkait parenting.

 

Dapatkan Influencer yang Tepat Untuk Brand Anda

Nah, setelah mengetahui jenis influencer berdasarkan niche, selanjutnya Anda bisa untuk menyesuaikan jenis influencer yang sesuai dengan brand ataupun klien Anda.

Anda bisa menggunakan influencer analytic dari Matamaya untuk mendapatkan influencer yang tepat tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengukur performa konten influencer serta kualitas responnya. Dalam hal performa konten, Matamaya bisa membandingkan performa konten personal influencer dengan postingan endorse. Lalu mengenai kualitas respon, tersaji pula sentimen dan word cloud yang akan membantu Anda memahami pandangan audiens terhadap influencer tersebut.

Eksplor lebih lanjut mengenai influencer analytic tool kami dengan mencobanya di sini.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.