Matamaya

Fitur Terbaru YouTube Analytics untuk Memaksimalkan Konten Shorts

Fitur Terbaru YouTube Analytics untuk Memaksimalkan Konten Shorts
22 February 2023
Fitur Terbaru YouTube Analytics untuk Memaksimalkan Konten Shorts - Analisis Performa YouTube - Matamaya

Memiliki channel YouTube dan aktif membuat konten di platform tersebut merupakan salah satu kunci strategi pemasaran yang baik. Setiap strategi pemasaran video yang baik didukung oleh YouTube analytics tool yang hebat pula.

YouTube Analytics adalah alat analitik untuk mengukur performa channel dan video serta hal yang berkaitan dengan dengan aktivitas penonton channel YouTube. Dengan melacak YouTube Analytics, kamu dapat mempelajari jenis video yang benar-benar ingin ditonton audiens.

 

Fitur Terbaru di Youtube Analytics Website

Pada pertengahan Februari 2023, YouTube menambahkan beberapa metrik terbaru di YouTube analytics yaitu pada fitur ‘Shorts’ dan ‘Demography’. Metrik baru ini akan tersedia secara komprehensif di YouTube analytics website. 

  1. Metrik ‘Show in feed’
    Sejalan dengan semakin populernya konten berformat video, YouTube yang identik dengan video berdurasi panjang juga ingin memperluas penggunaan konten berdurasi singkat. Dalam update terbarunya, YouTube telah menambahkan metrik 'Shown in feed' dan 'Viewed versus swiped away' pada bagian ‘Content’ di YouTube analytics
    YouTube Analytics Website - Matamaya
    Kedua metrik tersebut dapat memberikan lebih banyak wawasan tentang cara penonton menemukan konten Shorts kamu dan cara mereka meresponsnya. Selain itu, metrik baru ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang ketertarikan audiens terhadap Short kamu.

  2. Metrik Demografi
    Sebelumnya, demografi audiens tidak dapat difilter berdasarkan format di YouTube Analytics. Hal ini menyebabkan para kreator sulit untuk memahami audiens karena format video dapat bervariasi. 

    Kini, YouTube telah menyediakan filter untuk menampilkan informasi demografi berdasarkan format video. Filter ini dapat membantu untuk memperoleh lebih banyak insight tentang siapa yang dijangkau oleh kamu dari konten Short, dibandingkan format video biasa.

Di luar fitur terbaru di YouTube analytics, YouTube juga mulai menyediakan fitur moderator role yang berguna untuk live di YouTube. Kreator kini dapat leluasa dalam mengelola moderator live yaitu orang yang dapat membantu semua aspek moderasi.

Cukup jelas dari perilisan fitur-fitur terbaru ini bahwa kamu sebaiknya memanfaatkan Shorts sebagai salah satu jenis konten untuk menjangkau audiens. Terlebih, minta audiens sekarang sudah mulai beralih mengkonsumsi konten video berdurasi pendek.

 

Cara Mengakses Shorts Analytics

Bukalah tab Konten pada YouTube Analytics Studio. Kemudian, kamu akan melihat berbagai metrik terkait seperti jumlah penayangan, engagement, dan sumber traffic Shorts kamu.

  1. Metrik utama
    Pada tampilan teratas, kamu akan melihat perubahan dari waktu ke waktu di metrik utama yang meliputi jumlah penayangan, tampil di linimasa, jumlah likes, dan subscriber yang didapatkan dari video yang diposting.

  2. Video Shorts Terpopuler
    Metrik utama - Matamaya
    Bagian ini adalah daftar video Shorts kamu yang paling populer yang diurutkan berdasarkan jumlah penayangan.

  3. Cara penonton menemukan video Shorts
    Cara penonton menemukan Shorts - Matamaya 
    Informasi ini menyoroti sumber audiens menemukan konten kamu seperti dari halaman channel, feed shorts, fitur jelajah, atau pun penelusuran YouTube.

  4. Jumlah orang yang memilih untuk menonton
    Jumlah orang yang memilih menonton - Matamaya
    Kamu dapat membandingkan persentase frekuensi penonton yang menonton video Shorts kamu dengan yang melewatinya saja melalui bagian ini.

  5. Remix teratas
    Remix teratas menunjukkan ringkasan visual dari jumlah penayangan remix, total remix, dan konten remix terpopuler. Konten remix teratas menunjukkan potensi bahwa konten kamu dapat melahirkan sebuah tren. Selain itu, remix memungkinkan kamu mengetahui konten yang berhasil menjangkau penonton di luar komunitas.

 

Matamaya YouTube Analytics

Selain menggunakan dashboard YouTube Studio untuk menganalisis YouTube analytics data, kamu dapat menggunakan Matamaya sebagai salah satu tool alternatif. Tentunya, bagi sebuah bisnis amatlah penting untuk mengetahui aktivitas channel kompetitor. Oleh karena itu, Matamaya mampu menjawab kebutuhan tersebut dengan insight dari audiens lokal yang komprehensif. 

Fitur ‘Download’ pun tersedia sehingga bisa  membantumu dalam mengidentifikasi metrik yang penting. Jika dilakukan secara konsisten, kamu dapat terus meningkatkan performa akun YouTube sebab kamu selalu mengetahui hal yang bekerja secara maupun tidak.

Yuk, coba gratis Matamaya untuk bantu mengoptimalkan performa kamu di YouTube!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.