Matamaya

7 Rekomendasi TikTok Analytics Tools untuk Bisnis

7 Rekomendasi TikTok Analytics Tools untuk Bisnis
03 February 2023
7 Rekomendasi TikTok Analytics Tools untuk Bisnis - Analisis Performa TikTok - Matamaya

Dari perspektif digital marketer, TikTok merupakan platform media sosial yang bisa mendatangkan keuntungan besar. TikTok dapat memberikan peluang brand awareness serta engagement yang tinggi. 

Berbagai campaign dapat kamu jalankan di TikTok seperti hashtag challenge, remix challenge, dan filter challenge. Sebagai langkah pertama dalam meluncurkan campaign adalah menetapkan tujuan. 

Untuk mengukur apakah pada akhirnya mencapai KPI campaign, kamu membutuhkan TikTok analytics tools. Tools ini dapat mengumpulkan semua data yang kamu butuhkan dari semua konten yang telah kamu buat.

Lantas, apa saja tools yang bisa kamu gunakan? Berikut rekomendasi TikTok analytics tools yang bisa kamu gunakan untuk memantau pertumbuhan akunmu.

 

TikTok Analytics Tools Terbaik

  1. Analisa.io

    Analisa merupakan TikTok analytics video yang didukung dengan teknologi AI. Tools ini bisa digunakan oleh influencer, brand marketer, agensi, dan instansi mana pun. 

    Cara menggunakannya sangat mudah sekali pun kamu belum mendaftarkan akun di Analisa. Dengan memanfaatkan fiturnya yang bersifat open access, kamu akan mendapatkan analisis dari metrik-metrik utama seperti total views, total likes, total comments, engagement rate, share rate, dan lainnya. Jika ingin mengetahui performa tiap video, kamu perlu berlangganan mulai $109 per bulan.

  2. Exolyt

    TikTok analytics tools yang satu ini khusus dirancang untuk menganalisis performa akun TikTok. Fitur utamanya meliputi pemantauan dan pelacakan akun TikTok, analitik video TikTok, dan pemantauan hashtag.

    Bahkan apabila kamu seorang musisi atau pemilik label rekaman, kamu bisa melacak jumlah orang sudah menggunakan musikmu di video mereka. Selain itu, kamu bisa mencari dan melihat konten yang menggunakan musikmu atau pun musik orang lain.

  3. TikBuddy

    Platform ini menawarkan analisis dan manajemen konten, pencarian influencer, analisis campaign, serta ekstensi browser gratis yang terintegrasi langsung ke TikTok untuk membantu menjalankan TikTok analytics dengan mudah.

    Bagi seorang KOL Specialist, fitur pemeringkatan influencer di TikBuddy dapat membantu dalam memilih influencer yang tepat. TikBuddy menyajikan analisis performa akun influencer seperti post trend, rank trend, fans trend, dan engagement trend hingga 90 hari terakhir.

  4. Socialinsider

    Socialinsider dapat memberitahukan waktu terbaik untuk memposting video berdasarkan engagement, total tayangan, dan lainnya. Selain itu, tools ini dapat kamu gunakan untuk menganalisis performa akun dan campaign yang dijalankan oleh kompetitor.

    Jika kamu ingin membandingkannya dengan tools lainnya, kamu bisa memanfaatkan fitur TikTok analytics free selama 14 hari. Selanjutnya, fitur-fitur tersebut dapat kamu nikmati dengan berlangganan mulai $99 per bulan.

  5. Sproutsocial

    Sproutsocial merupakan official TikTok Marketing Partner yang dapat membantu dalam membuat langkah strategis melalui TikTok analytics. Performa suatu video TikTok pun dapat kamu bandingkan dengan performanya apabila diposting di media sosial lain melalui laporan lintas platform.

    Selain fitur analitik, Sproutsocial dapat kamu gunakan untuk menjadwalkan dan mempublikasikan konten TikTok. Dengan begitu, kamu tidak akan tertinggal jadwal posting konten. Kamu dapat mencoba fitur-fitur Sproutsocial tersebut selama 30 hari secara gratis.

  6. Keyhole

    Salah satu fitur unik dari TikTok adalah tersedianya berbagai filter dan efek yang bisa digunakan dalam konten secara gratis. Tidak mau ketinggalan, Keyhole menyediakan TikTok analytics video yang disertai informasi efek yang disukai ataupun tidak disukai oleh audiens. Informasi ini berguna untuk menentukan efek yang perlu digunakan untuk memperluas jangkauan video.

    Penggunaan hashtag juga dapat dipantau melalui Keyhole. Kamu bisa melacak tagar teratas berdasarkan engagement dan jumlah optimal untuk digunakan di pos kamu berikutnya.

  7. Matamaya 

    Matamaya merupakan TikTok analytics tools yang cocok digunakan oleh individu maupun instansi seperti influencers, brand, agensi, dan lainnya. Matamaya menyediakan fitur yang dapat kamu kustomisasi sendiri sehingga memudahkanmu dalam fokus ke metrik yang ingin dilihat saja.

    Bukan hanya untuk media monitoring, Matamaya dapat kamu gunakan sebagai listening tools yang bermanfaat untuk memahami audiens. Kata kunci yang terdapat komentar-komentar audiens akan dikelompokkan menjadi sebuah word cloud. Melalui word cloud, kamu akan mengetahui percakapan atau tanggapan audiens mengenai postingan atau bisnis yang sedang kamu jalankan.

    Keunggulan lainnya, Matamaya dapat membandingkan performa content pillars secara bersamaan dan dapat langsung mengkategorikan menjadi konten teratas serta terendah berdasarkan metrik utama. Untuk kamu yang tertarik, kamu bisa menikmati TikTok analytics free dari Matamaya selama 30 hari. Yuk, segera daftarkan dirimu di Matamaya!
Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.