Matamaya

Matamaya: Social Media Management

Matamaya: Social Media Management
18 January 2022
Matamaya: Social Media Management - strategi sosial media marketing - Matamaya

Apa itu Matamaya?

 

Media sosial adalah tambang emas virtual dari data personal pelanggan dan pengalaman pengguna. Cerita dan percakapan pengalaman pelanggan dapat membantu bisnis mempromosikan brand dan membangun kepercayaan guna meningkatkan penjualan dan pendapatan berkali-kali lipat. Matamaya adalah aplikasi web yang dikembangkan oleh Limestone, yang menyediakan insights secara real time kepada bisnis tentang bagaimana kinerja brand di media sosial terhadap sejumlah metrik dan dibandingkan dengan pesaing terdekat.

Di antara sosial media tools lainnya, Matamaya adalah satu-satunya social media management yang dibangun dengan fokus pada industri customer service. Matamaya memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi dan menggunakan feedback media sosial, memberi bisnis insights termasuk sentimen, waktu respons terbaik, dan analisis customer journey.

Matamaya sebagai alat analisis teks dan berbagai format berbasis AI, dapat mengumpulkan dan menganalisis data media sosial dalam jumlah besar dengan akurasi tinggi. Sosial media management ini menjadi solusi monitoring dan analytics yang memberikan pemahaman mendalam karena dapat mengumpulkan dan menyusun singkatan yang kompleks, hashtag, slang, dan teks tata bahasa yang buruk ke dalam data terstruktur. Bisnis dapat menganalisis lebih lanjut data media sosial yang kompleks untuk mendapatkan insights berharga terkait produk, brand, perusahaan, atau layanan yang kamu sediakan.

 

Fitur Matamaya Social Media Monitoring dan Listening

Fitur Matamaya social media monitoring dan listening - Matamaya

source : Forbes

Secara umum, strategi social media monitoring dan listening yang sukses akan membantu merampingkan semua mentions dan pencarian brand bisnis. Pendekatan monitoring dan analytics yang disediakan oleh Matamaya dimulai dengan me-listing semua keywords dan semua hal yang ingin dilacak oleh brand serta bagaimana aplikasi ini akan menanggapi pesan dan feedback yang diberikan oleh audience.

Tujuan Matamaya social media monitoring dan listening adalah untuk memahami cara mengakses overview yang jelas tentang kinerja brand, dan cara memanfaatkan insights berbasis data untuk mendapatkan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan paling mendasar bagi kesuksesan marketing campaign strategy. Dengan mengukur brand content performance, kamu dapat mengoptimalkan strategi pemasaran untuk meningkatkan profitabilitas.

Fitur-fitur Matamaya dikelompokkan ke dalam dua kategori umum, yakni social media monitoring dan social media listening. Social media monitoring atau social media analytics meliputi activity analytics dan 5 social media platforms analytics. Kelima social media platforms tersebut antara lain Twitter, Instagram, TikTok, YouTube, dan Facebook. Sementara itu, Matamaya social media listening meliputi proses tracking percakapan frase, tagline, atau kata-kata yang berhubungan dengan brand atau produk/ layanan bisnis serta analisis terkait influencers.

Matamaya

Source: https://www.salesforce.com/

 

Social Media Monitoring

Matamaya dapat membantu memperoleh insight dari konsumen (pelanggan) dan memantau performa campaign. Kamu dapat mengembangkan strategi media sosial dan menemukan data aktual melalui Matamaya social media monitoring. Akan tetapi perlu diketahui bahwa seluruh social media monitoring tools, tidak terkecuali Matamaya, hanya diizinkan untuk tracking data yang tersedia untuk umum. Oleh karena itu, semua konten yang dilihat dalam tools adalah bersifat publik, dan tools tidak dapat mengakses ke halaman akun dengan pengaturan privasi yang disetel pribadi, tweet yang dilindungi, pesan pribadi di social media platforms, pesan pribadi di forum, dan sebagainya. Setelah mengumpulkan data tersebut, monitoring tools kemudian akan melakukan berbagai macam analisis yang mengarah pada peningkatan performa marketing campaign.

Apa yang dapat dilakukan dari satu alat ke alat lainnya akan berbeda. Matamaya memiliki fitur monitoring yang komprehensif termasuk menyediakan metadata terkait aktivitas social media platforms/ situs (activity analytics), authors, charts yang menggambarkan volume dari waktu ke waktu, analisis sentimen, analisis topik, membandingkan queries, dan sebagainya. Data tersebut dapat digunakan untuk berbagai manfaat, termasuk pelaporan, penelitian, pengambilan keputusan atau untuk kepentingan lainnya tergantung pada kebutuhan perusahaan.

Selain fitur monitoring yang komprehensif, Matamaya memiliki fungsi pelaporan manajemen krisis yang dapat dikirimkan secara langsung ke email serta memiliki fasilitas manajemen tim yang sangat baik, dimana sangat berguna untuk bisnis yang memiliki admin media sosial lebih dari satu orang.

Secara khusus, social media monitoring yang disediakan oleh Matamaya memiliki keunggulan yang beragam, diantaranya untuk mengetahui hal-hal berikut:

  • Dimana gap dalam strategi pemasaran media sosial?
  • Platform mana yang harus diinvestasikan?
  • Bagaimana kinerja marketing dan content strategies pesaing?
  • Jenis konten apa yang paling menarik audiens dan kapan waktu terbaik untuk mempostingnya?
  • Apakah basis audiens tumbuh pada tingkat yang dapat diterima/ di atas rata-rata berdasarkan industri/ pesaing?

 

Social Media Listening

Matamaya social media listening melihat kebutuhan mendengarkan percakapan di media sosial sangat penting untuk mendukung pertumbuhan setiap bisnis di era digital saat ini. Keunggulan Matamaya social media listening lebih beragam dibandingkan listening tools lainnya. Fitur ini dapat melakukan berbagai analisis percakapan dan feedback pelanggan serta membantu dalam monitor strategi pemasaran influencer yang kamu gunakan dan menentukan influencer yang tepat untuk kampanye pemasaran bisnis berdasarkan analisis konten. Untuk memilih influencer yang tepat untuk kepentingan strategi pemasaran, kamu dapat memanfaatkan fitur social listening yang disediakan oleh Matamaya, dan melakukan pemantauan hasil kampanye melalui fitur influencer analytics dalam social media monitoring. 

Dengan menggunakan social media listening tools Matamaya, kamu dapat mengelola interaksi dan engagement sehari-hari. Selain itu, fitur di Matamaya dapat menargetkan audiens tertentu menggunakan database yang akan membantumu lebih memahami apa arti audience bagi bisnismu. Fitur social media listening yang ditawarkan Matamaya, antara lain:

  • Penggunaan satu dashboard untuk semua kebutuhan pengelolaan media sosial (misalnya, social listening, engagement, reporting, dan audience data management).
  • Dikelola oleh multi-admin, dimana akun master dapat menambahkan member dan menentukan hak akses (viewer/editor) dari setiap member.
  • Notifikasi manajemen krisis dapat dikirimkan secara langsung ke emailmu dengan format email yang dapat didesain sesuai kebutuhan.

Social media listening

Source: https://podorder.io/social-listening-tools/

 

Price Plan

Plan pricing - Matamaya

Ada banyak social media management tools di pasaran dan beberapa diantaranya memiliki skema gratis dan/atau berbayar. Sebagian besar tools, termasuk Matamaya, bekerja pada model premium, dimana calon customers dapat mengajukan request demo yang bersifat gratis sebelum mendaftar langganan berbayar. Matamaya demo dapat menunjukkan performance dari berbagai social media platforms dengan mengambil beberapa post terakhir, dimana jumlahnya disesuaikan dengan regulasi dari tiap platforms. Selain menyediakan demo, Matamaya memiliki versi gratis, dimana tentunya versi gratis dan berbayar Matamaya memiliki fitur yang berbeda, dan fitur-fitur yang disediakan pada tools berbayar Matamaya dapat menyediakan analisis yang lebih mendalam dan lebih komprehensif dibandingkan versi gratis.

Matamaya versi gratis menyediakan setidaknya 7 layanan meliputi pendataan 1 akun social media platform, activity analytics, pencarian 1 keyword percakapan dan 2 brand kompetitor, melakukan penyimpanan performa marketing campaign di 1 media sosial, penyimpanan data pada range waktu terbatas dan pengunduhan report dalam format terbatas. Sementara itu, pada versi berbayar, monitoring (analytics) dan listening dapat dilakukan pada multi platforms, pada keywords yang tidak terbatas, lebih dari 3 akun kompetitor, dan penyimpanan data hingga 3 tahun terakhir.

Price plan yang ditawarkan oleh Matamaya versi berbayar sangat terjangkau dan bersifat fleksibel, dimana kamu dapat melakukan subscribe pada versi berbayar untuk rentan waktu yang dapat dinegosiasikan, meskipun Matamaya memiliki plan and pricing dengan berbagai pilihan rentang waktu dan benefits yang menarik. Matamaya memiliki basic package dimana kamu dapat memiliki akses social media management untuk 3 akun. Jika ingin menambahkan kuota akun, activity, influencer & benchmark tool, kamu dapat menambahkan sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. Kamu hanya perlu mengontak tim marketing Matamaya dengan meng-klik link contact us” yang tersedia dalam tab plan and pricing, dan tim akan menghubungimu sesegera mungkin.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.