Matamaya

Fitur Terbaru Instagram: Reels Trends hingga Instagram Analytics

Fitur Terbaru Instagram: Reels Trends hingga Instagram Analytics
20 April 2023
Fitur Terbaru Instagram: Reels Trend hingga Instagram Analytics - Analisis Performa Instagram - Matamaya

Pada pertengahan April 2023, Instagram telah merilis banyak pembaruan untuk Reels. Pembaruan ini dirancang untuk memudahkan kreator mengikuti tren konten dan meningkatkan engagement dari audiens. 

Selain itu, terdapat penambahan fitur Instagram analytics serta fitur yang dapat menjadi peluang bagi kreator menghasilkan uang dari reels. Penasaran dengan fitur terbaru ini? Mari simak detailnya!

  1. Reels Trends
    Sebagai kreator pastinya kamu selalu ingin mengikuti tren terbaru agar konten selalu relevan dengan audiens. Oleh karena itu, Instagram menambahkan fitur ‘Reels Trends’ untuk memudahkan penggunanya menemukan tren baru.
    Reels Trends - Matamaya

    Dengan fitur ini, kamu dapat mengetahui audio yang sedang sering digunakan kreator lainnya. Tanpa memerlukan Instagram analytics pro, kamu sudah bisa mengetahui jumlah video yang menggunakan audio tersebut.

    Selain itu, kamu dapat melihat topik dan tagar teratas yang sedang ada di Reels. Misalnya, banyak audiens yang mulai membuat konten dan menggunakan tagar bertema Ramadan jauh sebelum Ramadan tiba. Informasi ini dapat kamu manfaatkan untuk mempersiapkan konten yang sesuai tren.

  2. Pengeditan reels lebih mudah
    Kini, Instagram telah menggabungkan pengeditan video, stiker, teks, dan trek audio, semuanya dalam satu tempat. Update terbaru ini membuat para kreator lebih mudah untuk menyelaraskan dan mengatur waktu munculnya setiap elemen ke dalam Reels.
    Fitur Terbaru Reels - Matamaya
    Fitur pengeditan terbaru ini sudah tersedia secara global di perangkat iOS dan Android. Kedepannya, bisa saja pengguna tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk mengedit Reels karena Instagram akan terus mengembangkan fitur ini.

  3. Reels Instagram analytics
    Pada update kali ini, Instagram telah menambahkan button “View Insight” pada reels. Button ini dapat pengguna gunakan untuk melihat reels Instagram analytics secara langsung, tanpa harus memilih dashboard profesional terlebih dahulu.

    Selain itu, Instagram menambahkan dua metrik baru yaitu total waktu tonton dan rata-rata waktu tayang. Total waktu tayang adalah keseluruhan waktu yang dihabiskan untuk menonton reels, termasuk pemutaran ulang reels tersebut.
    Fitur Terbaru Instagram Analytics - Mayamaya
    Sementara itu, rata-rata waktu tonton adalah rata-rata waktu yang dihabiskan untuk memutar reels kamu yang didapatkan dengan cara membagi waktu tonton dengan jumlah total pemutaran. Misalnya jika terdapat tulisan bahwa rata-rata waktu tonton adalah 17 detik berarti rata-rata waktu yang dihabiskan audiens untuk menonton videomu adalah selama 17 detik. 

    Tentunya, insight ini akan semakin membantumu agar lebih memahami sejauh mana audiens tertarik menonton reels dan strategi konten kedepannya agar audiens menonton lebih lama. Insight ini juga bisa kamu masukkan ke dalam Instagram analytics report agar dapat dilihat perkembangannya dari waktu ke waktu.

  4. Penambahan followers dari reels
    Selain melihat performa reels dari segi waktu tonton, sekarang kamu juga sudah bisa melihat jumlah penambahan followers dari reels yang kamu unggah.  Sayangnya, insight ini masih berupa notifikasi dan belum tercantum dalam reels insight di Instagram analytics.
    Fitur Terbaru Instagram - Matamaya

  5. Hadiah pada reels
    Terakhir, Instagram baru-baru ini meluncurkan fitur pemberian hadiah atau biasa disebut ‘Gift’ agar penggemar dapat menunjukkan apresiasi mereka atas konten yang telah dibuat oleh kreator. Fans terlebih dahulu harus membeli ‘Stars’ agar dapat memberikan gift.
    Reels Gifts - Instagram
    Dari segi kreator, mereka bisa menghasilkan uang dengan membuat reels. Kreator juga bisa membangun koneksi dengan para penggemarnya melalui fitur ini. Pasalnya, kreator dapat melihat dan mengenali penggemar yang sudah memberikannya gift.

    Fitur gift ini baru tersedia di Australia, Kanada, Prancis, Meksiko, Selandia Baru, dan Inggris Raya. Namun, Instagram terus berkomitmen untuk mengembangkan fitur reels mereka dari segala hal, termasuk reels Instagram analytics.

 

Ingin Memaksimalkan Reels dengan Instagram Analytics?

Dengan berbagai pembaruan fitur reels yang dilakukan Instagram ini, sayang sekali jika kamu tidak memanfaatkannya. Hal ini karena Instagram benar-benar telah memfasilitasi para kreator untuk menciptakan reels yang lebih relevan dan diminati audiens.

Salah satunya, kamu dapat mempelajari lebih dalam lagi mengenai Instagram analytics agar reels yang kamu buat sesuai dengan minat dan kebiasaan target audiens. Terlebih jika menggunakan tools pendukung seperti Instagram analytics platform.

Kamu dapat mempertimbangkan untuk memilih Matamaya yang sudah dirancang untuk memantau performa Instagram. Tools ini memungkinkanmu untuk mengetahui kategori reels yang berforma baik maupun tidak. Selain itu, bisa digunakan pula untuk membandingkan performa reels dengan kompetitor. 

Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Matamaya sekarang!

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.