Matamaya

Facebook Analytics Benchmark: Pengertian, Jenis, dan Caranya

Facebook Analytics Benchmark: Pengertian, Jenis, dan Caranya
28 July 2023
Facebook Analytics Benchmark: Pengertian, Jenis, dan Caranya - Analisis Performa Facebook - Matamaya

Bagaimana kamu mengetahui bahwa strategi Facebook yang ada sudah berhasil? Di sini lah pentingnya Facebook analytics benchmark dilakukan agar bisa mengetahui jawaban pertanyaan tersebut.

Sebetulnya, apa pengertian dari hal ini? Mengapa penting dilakukan? Bagaimana melakukannya? Semua pertanyaanmu akan terjawab di artikel berikut. Yuk, simak!

Apa Itu Facebook Analytics Benchmark?

Facebook analytics benchmark adalah tolak ukur yang dapat digunakan bisnis saat membandingkan performa konten atau halaman Facebook mereka dengan kompetitor serta industri yang relevan. Benchmarking juga dapat digunakan pemilik bisnis maupun marketer untuk mengerti positioning mereka sekarang.

Selain membandingkan dengan kompetitor, kamu juga dapat melakukan benchmarking dengan performa Facebook kamu di periode sebelumnya. Hasilnya dapat mencerminkan sejauh mana keberhasilan strategi yang telah diterapkan. 

Mengapa Facebook Analytics Benchmark Itu Penting Bagi Bisnis?

Memahami insight kompetitor sangatlah penting untuk bisa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan strategi Facebook yang telah ada. Selanjutnya, bisnis dapat menjangkau audiens lebih banyak serta berpotensi meningkatkan penjualan.

Adapun untuk waktunya, kamu dapat melakukannya per 3 bulan atau tahunan. Secara lebih detail, benchmark dapat membantumu untuk:

  • Memperbaiki strategi konten agar lebih relevan dan beresonansi dengan target audiens kamu.
  • Melakukan penyesuaian cara berkomunikasi yang tepat agar dapat meningkatkan interaksi.
  • Menggali strategi Facebook kompetitor kamu.
  • Mengetahui tren terbaru seputar industri kamu.
  • Mendapatkan perencanaan anggaran yang lebih baik.

Apa Saja Jenis  Facebook Analytics Benchmark?

  1. Process benchmarking
    Jenis ini dapat kamu praktikkan saat ingin mengetahui aspek customer service kompetitor. Contohnya, seberapa cepat mereka merespon komentar audiens? Apakah mereka menanggapi komentar negatif atau justru menyembunyikannya?

    Melalui benchmark ini, kamu bisa mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi target audiens. Informasi tersebut tidak hanya bisa kamu manfaatkan untuk ide konten, tapi juga pengembangan produk.
    Jenis Facebook Analytics Benchmark Process - Matamaya
  2. Performance benchmarking
    Pada benchmark ini, kamu akan lebih fokus untuk mengukur dan membandingkan performa berdasarkan metrik. Metrik yang bisa kamu gunakan adalah jumlah followers, engagement halaman Facebook, dan engagement setiap postingan. 

    Data yang akurat ini, bisa kamu peroleh melalui Facebook Insight maupun Facebook analytics alternative. Di bawah ini merupakan salah satu contoh gambaran benchmark menggunakan Matamaya:
    Jenis Facebook Analytics Benchmark Performance - Matamaya
  3. Strategic benchmarking
    Selanjutnya, benchmark yang akan membantu kamu dalam menggali strategi marketing kompetitor lebih dalam. Dengan memantau akun media sosial mereka, kamu dapat melihat gambaran objektif, strategi konten, dan cara mereka menjaring audiens.
    Jenis Facebook Analytics Benchmark Strategic - Matamaya

    Berikut hal yang perlu kamu fokuskan ketika melakukan benchmark ini:
    -Brand positioning: Cek bagaimana kompetitor kamu memposisikan diri media melalui cara komunikasi mereka. Beberapa aspek yang bisa kamu perhatikan meliputi tone of voice, visual branding, dan brand message yang mereka sampaikan.
    -Content marketing: Perhatikan strategi content marketing yang mereka lakukan. Contohnya, topik konten, tipe konten, dan channel distribusinya.
    -Influencer marketing: Identifikasi siapa saja influencer atau KOL yang bekerja sama dengan kompetitor. Tidak hanya berhenti di situ, kamu perlu tahu pula periode mereka bekerja sama serta upaya marketing yang dilakukan.

Apa Hal Dasar untuk Melakukan Facebook Analytics Benchmark?

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, kamu bisa menyiapkan poin berikut ini sebelum lebih dalam melakukan benchmarking.

  1. Identifikasi kebutuhanmu 
    Hal fundamental yang perlu kamu lakukan pertama adalah mengidentifikasi kebutuhanmu saat ini. Kamu bisa mengawalinya dengan menggali alasan kamu melakukan benchmark. Berikut beberapa pertanyaan yang bisa membantumu mengidentifikasi kebutuhan:
    a. Apakah kamu ingin melihat progres selama 3/ 6/ 12 bulan terakhir?
    b. Apakah karena ingin melihat posisi kamu saat ini dibandingkan kompetitor?
    c. Apakah ingin membandingkan performa media sosial kamu dengan seluruh industri?d. Apakah kamu membutuhkan strategi konten terbaru?

  2. Identifikasi kompetitor
    Langkah selanjutnya yaitu mencari akun Facebook yang lain yang lingkup bisnisnya mirip denganmu. Misalnya, jika bisnismu memproduksi makanan sehat, kamu juga bisa memasukkan kompetitor yang menawarkan makanan diet. Pilihlah setidaknya 5-10 akun kompetitor yang paling aktif dan jumlah pengikut teratas.
    Performa Kompetitor - Matamaya

  3. Tentukan metrik
    Menentukan metrik Facebook analytics sangat krusial, terutama saat melakukan performance benchmark. Metrik ini akan mempermudahmu untuk mendapatkan insight terbaru berdasarkan data. Inilah metrik yang bisa kamu gunakan sebagai tolak ukur:
    a. Total engagement
    b. Average engagement
    c. Reach/ impressions
    d. Growth fans/followers
    e. Post types distribution
    f. Posting frequency
    g. Top performing posts
    h. Video views

Nah, demikianlah penjelasan mengenai seluk-beluk Facebook analytics benchmark. Harapannya kamu bisa semakin memahami cara membandingkan performa Facebook dengan kompetitor dan bisa mempelajarinya lebih lanjut.

Jika kamu ingin mengetahui hasilnya lebih dalam, kamu dapat mencoba Facebook analytics Power BI. Melalui tool tersebut kamu dapat bekerja secara real time dan terintegrasi dengan tim kamu. 

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.