Matamaya

Kelebihan dan Kekurangan Twitter Marketing Bagi Brand

Kelebihan dan Kekurangan Twitter Marketing Bagi Brand
12 January 2024
Kelebihan dan Kekurangan Twitter Marketing Bagi Brand - Analisis Performa Twitter - Matamaya

Twitter (bisa disebut juga dengan X) merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Dengan lebih dari 300 juta pengguna aktif setiap bulannya, Twitter menjadi tempat yang potensial untuk melakukan marketing bagi brand. Sebelum aktif menjalankan Twitter marketing for business, ada baiknya Anda mengetahui tentang kelebihan dan kekurangannya untuk membantu Anda merencanakan strategi yang tepat. 

 

Kelebihan Twitter Marketing

  1. Interaksi dengan audiens lebih dekat
    Pengguna Twitter dikenal sangat aktif dalam sebuah percakapan. Mereka lebih tidak segan untuk menanggapi postingan Anda. Selain itu, Twitter sering dijadikan sebagai tempat aduan bila terjadi masalah terkait produk dan layanan.

    Sebab itu, aktif di Twitter sangatlah bermanfaat bagi brand agar dapat merespons pertanyaan, keluhan, atau komentar konsumen dengan cepat dan efisien. Disamping itu, Anda pun bisa menggunakan Twitter untuk menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan audiens.

  2. Meningkatkan brand awareness
    Dengan menggunakan Twitter, brand memiliki kesempatan untuk meningkatkan brand awareness di platform tersebut. Bagi brand yang belum memiliki banyak followers tetap berkesempatan menjangkau audiens secara luas di Twitter.

    Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan hashtag dan keyword yang relevan untuk meningkatkan jangkauan dan visibilitas tweet Anda. Kombinasi antara konten yang sesuai dengan minat audiens serta fitur-fitur yang tersedia bisa menjadi Twitter marketing strategy untuk menciptakan kesadaran dan pengenalan brand yang lebih luas.

  3. Lebih mudah berpartisipasi dalam tren
    Twitter seringkali menjadi tempat di mana tren dan topik-topik hangat dibicarakan. Ini merupakan kesempatan bagi brand untuk menjadi lebih relevan dengan audiens.

    Dengan berpartisipasi secara aktif dalam tren, brand bisa lebih menarik perhatian audiens. Bahkan, tweet-tweet Anda berpotensi mendapatkan jangkauan yang relatif besar karena saat itu rasa penasaran audiens juga tinggi. Pada akhirnya, mereka mencari tweet yang membahas topik yang sedang populer tersebut dan mereka bisa terpapar tweet Anda.

 

Kekurangan Twitter Marketing

Kekurangan Twitter Marketing - Matamaya

Namun, meskipun memiliki berbagai kelebihan, Twitter marketing juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh brand:

  1. Umur konten relatif singkat
    Konten yang diposting di Twitter memiliki umur yang relatif singkat dibandingkan dengan platform lainnya. Hal ini karena Twitter menampilkan tweet dalam urutan kronologis sehingga tweet baru akan terus menggantikan tweet lama. 

    Selain itu, Twitter juga dikenal sangat dinamis dengan kemampuan menampilkan banyak tweet dalam waktu singkat, sehingga membuat konten sebelumnya cepat tenggelam dan sulit ditemukan. Untuk mengatasinya, Anda perlu lebih aktif lagi dalam memperbarui konten agar tetap relevan di tengah laju informasi yang cepat di Twitter.

  2. Karakter terbatas
    Keterbatasan jumlah karakter dalam setiap tweet dapat menjadi hambatan dalam menyampaikan pesan secara lengkap dan detail. Brand perlu lebih kreatif dalam menyampaikan pesan agar tetap informatif namun tetap singkat dan menarik.

    Setidaknya, ada 2 cara untuk mengatasi keterbatasan karakter di Twitter. Pertama, membagi pesan yang panjang menjadi serangkaian tweet dalam satu thread. Kedua, berlangganan Twitter Blue yang bisa membuat tweet dengan maksimal 25.000 karakter.

  3. Risiko terlibat kontroversi
    Twitter seringkali menjadi tempat di mana kontroversi muncul dengan cepat. Terlebih, basis audiensnya lebih bervariasi dari segi umur dan latar belakang, sehingga banyak perbedaan pendapat lebih mudah ditemukan di sana.

    Audiens Twitter juga kerap menunjukkan identitas sebagai anonim, jadi mereka lebih bebas berbicara. Dalam hal ini, Anda perlu lebih berhati-hati dalam menyampaikan pesan dan konten agar tidak menimbulkan kontroversi yang dapat merugikan brand.

 

Rekomendasi Twitter Analytic untuk Menunjang Twitter Marketing Anda

Rekomendasi Twitter Analytic - Matamaya

Kekurangan-kekurangan di atas semestinya bukanlah menjadi hambatan Anda dalam menjalankan Twitter marketing, karena kekurangan tersebut bisa diatasi.

Salah satunya risiko terlibat kontroversi. Kontroversi atau isu yang mungkin muncul bisa dipantau dengan Twitter analytics tool dari Matamaya. Matamaya mampu menunjukkan perbandingan sentimen positif, negatif, dan netral setiap harinya serta detail percakapannya sekaligus.

Temukan pula engagement dari setiap tweet Anda di Matamaya untuk mengetahui tweet yang disukai audiens dan efektif untuk Twitter marketing. Barangkali audiens Anda lebih menyukai tweet yang singkat daripada disajikan dalam thread yang panjang, atau justru sebaliknya.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.