Matamaya

3 Cara Menentukan Target Audiens untuk Personal Branding

3 Cara Menentukan Target Audiens untuk Personal Branding
13 October 2023
3 Cara Menentukan Target Audiens untuk Personal Branding - Analisis Personal Branding - Matamaya

Salah satu hal dasar dalam branding adalah dengan memahami audiens yang akan kita sasar. Tidak hanya memastikan siapa mereka, tetapi juga hal yang menarik buat mereka dan mengukur tingkat keterlibatannya di Personal Branding Analytics.

Hal ini berlaku juga untuk personal branding maka tidak ada salahnya memposisikan diri sebagai sebuah brand. Dengan begitu, Anda bisa lebih dalam menentukan profil target audiens, keinginan, dan solusi yang mereka butuhkan.

 

Apa Itu Target Audiens?

Target audiens adalah kelompok orang yang menjadi sasaran dalam personal branding Anda. Mereka adalah orang-orang yang berpotensi untuk tertarik dengan yang Anda sampaikan atau tawarkan.

Misalnya, Anda adalah pemilik bisnis yang menyediakan berbagai brand sneakers maka Anda dapat menargetkan audiens yang gemar mengoleksi berbagai brand. Anda dapat membahas tentang ulasan sneakers, perbandingan tiap brand, maupun tips menyimpan sneakers.

Dengan memiliki target audiens yang jelas, Anda dapat mengembangkan personal branding yang relevan dan menarik bagi mereka, sehingga membangun kepercayaan dan kesetiaan pelanggan dalam bisnis Anda. Pada akhirnya, tujuan personal branding Anda bisa tercapai.

 

Keuntungan Memiliki Target Audiens yang Jelas

Ada sejumlah keuntungan yang bisa Anda rasakan apabila memiliki target audiens yang jelas untuk personal branding, yaitu: 

  1. Penyebaran pesan lebih efektif
    Dengan memiliki target audiens, Anda dapat mengkomunikasikan pesan personal branding dengan lebih relevan karena Anda tahu kepada siapa pesan tersebut ditujukan. Anda pun bisa langsung fokus pada aspek-aspek yang dibutuhkan dan diminati mereka sehingga pesan tersebut lebih mudah diterima dan diapresiasi oleh audiens.

  2. Persona lebih mudah diingat
    Memiliki target audiens yang jelas membantu dalam membangun citra dan reputasi yang konsisten. Oleh karena itu, audiens audiens akan lebih mudah mengenal dan mengingat Anda sebagai seseorang yang memiliki kompetensi.
    Keuntungan Personal Branding - Matamaya

  3. Peluang pertumbuhan bisnis yang lebih baik
    Dengan menyasar audiens yang spesifik, personal branding yang Anda lakukan juga bisa berdampak positif bagi bisnis. Hal ini karena dengan citra dan reputasi yang baik membuat orang lebih mudah percaya dengan produk/layanan yang Anda tawarkan sehingga bisa menarik pelanggan potensial.

  4. Pengukuran keberhasilan yang lebih akurat
    Ketika memiliki target audiens yang jelas, Anda bisa menggunakan metrik yang lebih spesifik dan relevan sehingga dapat terukur dengan pasti di Personal Branding Analytics.

    Misalnya, jika menargetkan peminat sneakers, maka Anda perlu melihat kualitas audiens yang berinteraksi dengan Anda. Apakah mereka benar peminat sneakers atau masih didominasi oleh orang-orang terdekat saja?

 

Cara Menentukan Target Audiens untuk Personal Branding

Setelah mengetahui berbagai keuntungan dari personal branding itu apa, yuk ketahui pula cara menentukan target audiens yang tepat.

  1. Mulai dari kelebihan Anda
    Sebelum menentukan target audiens, kenali terlebih dahulu kelebihan Anda. Apa pengetahuan, pengalaman, dan skill yang Anda miliki yang bisa Anda bagikan ke orang lain? 

    Misalnya, Anda mengerti seluk-beluk mengenai sneakers mulai dari perbandingan model bahan, hingga harga. Sementara, di luar sana banyak audiens yang ingin memiliki sneakers berkualitas tinggi walaupun dengan budget terbatas.  Anda pun bisa membantu mereka mengatasi masalah tersebut dengan pengetahuan yang Anda miliki.

    Setelah mengenali kelebihan serta masalah di sekitar Anda, maka langkah kedua adalah memetakan profil audiens yang membutuhkan solusi dari Anda. Identifikasi usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan lokasi geografis dari target audiens Anda.

    Selain itu, identifikasi juga minat, hobi, dan perilaku mereka. Menganalisis keresahan serta keinginan target audiens juga dapat membantu Anda menentukan pesan yang akan ada sampaikan.
    Cara Mennetukan Target Audiens untuk Personal Branding - Matamaya

  2. Analisis audiens kompetitor
    Apabila Anda masih kesulitan untuk menentukan target audiens, cara lainnya adalah dengan menganalisis audiens kompetitor atau orang yang memiliki fokus di pembahasan yang sama dengan Anda. Anda dapat memperhatikan audiens yang biasa berinteraksi dengan kompetitor untuk mendapatkan gambaran tentang audiens yang akan tertarik juga dengan personal branding Anda.

  3. Analisis pengikut yang Anda miliki saat ini
    Analisis pengikut saat ini dapat membantu Anda mengidentifikasi calon pengikut yang memiliki karakteristik serupa. Anda dapat mencari audiens yang memiliki minat dan demografi yang mirip dengan pengikut Anda saat ini, sehingga dapat memperluas jangkauan dengan lebih efisien.

 

Analisis Target Audiens Anda melalui Personal Branding Analytics Matamaya

Matamaya adalah salah satu tools yang bisa menganalisis personal branding Anda. Melalui fitur Personal Branding Analytics, Anda dapat mengetahui siapa saja yang aktif terlibat, seberapa besar jangkauan yang Anda capai, dan seberapa efektif personal branding Anda di media sosial dan media. 

Dalam personal branding di era digital, menentukan target audiens yang jelas dan spesifik menjadi hal yang sangat penting. Dengan mengikuti cara-cara di atas dan menggunakan tools seperti Matamaya, Anda dapat dapat meningkatkan efektivitas personal branding Anda dan membangun reputasi yang lebih baik.

Tools Personal Branding - Matamaya

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.