Bagi para pebisnis, tidak hanya diperlukan kemampuan kreatif dalam mengemas konten YouTube. Namun, kemampuan untuk mengenal audiens juga perlu dimiliki. Pemahaman tentang audiens ini akan mudah kamu dapatkan jika secara konsisten melakukan YouTube analytics.
Di samping itu, kamu dituntut pula untuk mengetahui pertumbuhan kompetitor guna mempercepat pertumbuhan channel YouTube kamu. Semua informasi itu bisa didapatkan melalui Youtube analytics. Dalam artikel ini kamu akan mempelajari cara melakukan YouTube analytics dan mengetahui langkah strategis dalam melakukan analisis kompetitor di YouTube.
YouTube Creator Studio (atau YouTube Studio) adalah fitur bawaan yang disediakan YouTube untuk mengatur dan memantau performa video. Melalui fitur inilah, kamu dapat melacak kinerja video, memahami perilaku audiens, dan memantau pertumbuhan channel.
Selain itu, YouTube Creator Studio memungkinkan kamu untuk mengelola konten video, menanggapi komentar, dan mengkonfigurasi pengaturan monetisasi. Kamu pun dapat melakukan beberapa pengeditan dasar pada video yang telah diunggah seperti memperbarui thumbnail, judul, dan deskripsi.
Terdapat sejumlah menu di Youtube Creator Studio yang bisa kamu pilih dan gunakan sesuai informasi yang ingin diperoleh. Berikut rincian menu yang bisa membantumu dalam mengelola channel YouTube:
Jika kamu hanya ingin menganalisa performa YouTube, kamu bisa langsung memilih menu “Analytics” dalam Youtube Creator Studio. Berikut cara menggunakan Youtube Analytics Creator Studio:
Pada menu Analytics ini, kamu akan dapat melihat overview channel YouTube, engagement konten, perkembangan jumlah viewer atau subscriber, demografi viewers, serta riset video yang sering dicari oleh viewers. Kamu juga dapat melihat rata-rata waktu tonton, pelanggan channel, dan total pendapatan yang kamu dapatkan.
Namun, YouTube Analytics Studio secara teknis tidak dapat melihat YouTube analytics competitor atau channel lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan tools di luar Youtube untuk mengetahui perkembangan dan performa channel kompetitor.
Memiliki akses ke YouTube analytics competitor tentunya dapat lebih membantu kamu dalam mengembangkan channel YouTube dan bisnis. Kamu dapat mengetahui waktu terbaik untuk mempublikasikan video, cara meningkatkan keterlibatan audiens, dan minat audiens dengan melihat YouTube analytics competitor.
Dengan demikian, kamu perlu mempersiapkan beberapa langkah strategis dalam melakukan analisis kompetitor di YouTube. Di bawah ini merupakan langkah yang bisa kamu terapkan:
Mengingat banyak hal yang harus kamu analisis dalam YouTube analytics competitor, langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas kemungkinan tidak akan sanggup kamu lakukan dengan cepat. Kamu perlu mendedikasikan waktu tersendiri untuk melakukannya, terlebih jika jumlah tim terbatas. Bagaimana pun hal ini tetap perlu kamu lakukan karena akan berdampak positif bagi pertumbuhan akun YouTube bisnis kamu.
Oleh karena itu, keberadaan tools untuk melakukan YouTube analytics competitor akan sangat kamu perlukan. Matamaya sebagai tools social media monitoring dapat kamu gunakan untuk mengetahui performa kompetitor yang tidak bisa kamu dapatkan jika melalui YouTube Analytics Studio.
Matamaya menyajikan fitur “Benchmark” yang dapat langsung memantau YouTube analytics competitor secara cepat dan akurat. Sejumlah metrik penting seperti perkembangan subscribers, jumlah postingan, engagement total maupun engagement per postingan dapat kamu lihat melalui visualisasi data yang menarik.
Bahkan, kamu bisa menganalisis performa kompetitor dengan lebih rinci melalui perbandingan likes, dislikes, comments, dan video views. Kamu juga bisa mengetahui langsung video yang memperoleh engagement tertinggi di setiap metrik-nya. Melalui hal ini akan terlihat kemajuan akun YouTube antara milikmu dan kompetitor.
Apabila kamu sudah bisa menganalisisnya dengan cepat maka kamu akan lebih cepat pula untuk menyesuaikan konten YouTube bisnismu dengan minat audiens. Dengan begitu, kamu dapat mendatangkan calon konsumen lebih banyak dan tertarget melalui platform YouTube.