Pada Ramadan 2023, semua lapisan masyarakat kembali bersemangat menjalani Ramadan seperti saat sebelum pandemi. Dengan meningkatnya antusiasme ini, berbagai brand besar maupun UMKM bersaing memenangkan hati audiens.
Antusiasme ini bisa terlihat dari tingginya percakapan di media sosial tentang Ramadan dari 2 minggu sebelum bulan suci itu tiba. Berikut ini beberapa insight audiens yang kami temui di Ramadan dan Lebaran 2023:
Topik percakapan terus berubah menjelang Ramadan sampai setelah Lebaran
Sejak menjelang Ramadan, audiens ramai membicarakan momen sahur dan tips puasa. Namun, saat mendekati Lebaran, mereka lebih fokus membicarakan perlengkapan Lebaran. Selanjutnya setelah Lebaran, mereka seakan bernostalgia dengan menceritakan pengalaman menarik saat puasa maupun Lebaran.
Audiens lebih banyak berinteraksi dengan industri gadget
Adanya giveaway membuat audiens semakin tertarik berinteraksi dengan brand pada industri gadget. Ketertarikan ini dipengaruhi keinginan mereka menggunakan smartphone baru di momen Lebaran.
Audiens menyukai strategi komunikasi beberapa brand yang disajikan melalui iklan
Diketahui dari percakapan audiens, iklan yang paling menarik perhatian audiens adalah iklan dari Bank BCA, Marjan, dan IM3. Audiens merasa lebih terkoneksi dengan brand melalui alur cerita iklan yang relevan.
Penasaran dengan insight selengkapnya? Cari tahu jawabannya dengan klik download di bawah ini
Isi data diri untuk mendapatkan insight menarik