Matamaya

Social Media Listening Tools untuk Bisnis

Social Media Listening Tools untuk Bisnis
08 July 2022
Social Media Listening Tools untuk Bisnis - Target audiens - Matamaya

Salah satu kesalahan pertama yang dilakukan banyak bisnis di social media adalah menggunakannya sebagai platform periklanan satu arah. Bisnis membuat kesalahan ini sepanjang waktu, seperti muncul dan berharap memiliki keterlibatan dengan audience, namun mereka tidak berusaha untuk memahami audience mereka. Sering kali ini tidak disengaja karena bisnis tidak tahu cara berkomunikasi dan mempelajari apa yang ingin dilihat audience mereka secara online. Disinilah social listening dapat mengisi kesenjangan tersebut.

Social Media Listening Tools untuk Bisnis - Matamaya

(https://centurymedia360.com/keywords-for-social-media-marketing/)

Sederhananya, social listening adalah tindakan melalui platform sosial media untuk menemukan semua mentions atau keywords termasuk brand mentions yang tidak ditandai, keywords industri, forum, blog, dan publikasi berita. Dengan mengumpulkan semua hal ini, social listening akan memungkinkanmu untuk melakukan berbagai hal berikut:

  • Mengetahui apa yang dikatakan tentang brand secara real time.
  • Melacak sebutan di setiap platform.
  • Menganalisis metrik untuk menemukan trend.
  • Mencegah krisis yang serius.
  • Meningkatkan akuisisi customer.
  • Meningkatkan reputasi online dalam memberikan customer service yang lebih baik
  • Menghasilkan laporan untuk peningkatan bisnis internal.

Meskipun ini sangat bermanfaat bagi bisnis, tujuan utama social listening adalah mendengarkan audience dan mengenal mereka lebih baik. Hal ini karena dengan memahami audience lebih baik, kamu akan mendatangkan berbagai peluang di masa mendatang. Social listening dapat memberikan pengetahuan yang penting tentang bagaimana mempengaruhi semua keputusan bisnis. Menurut Disruptive, 76% marketer sepakat bahwa mereka perlu lebih fokus pada data agar strategi pemasaran mereka berhasil, dan 74% diantaranya sepakat bahwa social listening membantu meningkatkan pemasaran.

Lalu, bagaimana mendengarkan secara efektif dan apa yang harus disimak? Membangun keterampilan social listening yang efektif dimulai dengan membaca apa yang dikatakan audience dan menemukan pola yang menunjukkan bahwa suatu masalah harus ditangani dengan segera. Ini dapat berarti kamu harus memotong komentar individu tertentu dari mereka yang tampaknya selalu mengeluh untuk menemukan trend umum apa yang sedang berlangsung

Meskipun demikian, bisnis perlu mengingat bahwa mereka tetap harus mendengarkan komentar negatif untuk menemukan kebutuhan khusus yang ingin diperhatikan audience mereka. Hal ini karena seringkali masalah yang terdapat pada audience merupakan masalah tunggal yang mungkin diabaikan, tetapi akan mulai berkembang saat audience lain bergabung. Dengan segera mengetahui apa yang perlu ditangani, kamu dapat secara efektif mengurangi pertumbuhan trend negative dan membantu membangun brand dalam prosesnya.

Selain itu, cara yang baik bagi audience untuk mengetahui bahwa bisnismu memiliki keterampilan social listening yang baik adalah dengan menjawab kekhawatiran khusus yang kamu ketahui dengan cepat dan dengan cara yang ramah. Selama jawabannya langsung dan bermakna, kamu dapat menghentikan trend negatif sebelum menjadi isu yang berkembang.

 

Social Media Listening Tools untuk Marketing

Social Media Listening Tools untuk Marketing - Matamaya

Social listening tools yang digunakan oleh bisnis hanya melibatkan tracking percakapan di social media yang relevan dengan bisnis yang dijalankan, atau percakapan terkait brand. Untuk mulai melakukan social listening, kamu harus memiliki daftar keywords, istilah, atau hashtag yang khas untuk bisnis dan customer. Apa yang audience ketik ketika mereka mencari bisnis yang sejenis dengan bisnismu di berbagai platform pencarian online merupakan hal yang penting untuk ditelusuri. Di bawah ini kami mencontohkan cara mengidentifikasi keywords yang tepat untuk social listening.

Marketer harus berupaya agar nama bisnis mereka menjadi salah satu kata pencarian harian mereka. Bisnis harus mencari tahu apa yang dikatakan customer saat ini tentang brand atau produk yang mereka jual. Sering kali, audience menulis tentang brand dan lupa untuk menandai atau menyebutkannya. Melakukan social listening dapat membantumu melihat feedback yang jujur ‚Äč‚Äčtentang produk dan layanan secara percuma serta membantu menemukan testimoni yang mendukung pemasaran.

Selain mengikuti percakapan audience tentang brand dan produk, penting juga bagi bisnis untuk mencari tahu keluhan tentang pesaing. Sebagai bisnis yang serius, kamu harus tahu apa yang dikatakan dan dilakukan oleh audience dan pesaing tentang brand dan juga brand pesaing. Kamu harus memikirkan setidaknya 3 pesaing teratas, dimana mereka mungkin dapat bertindak sebagai alternatif untuk bisnismu. Kamu perlu mendengarkan apa yang dikatakan audience dan customer mereka tentang brand dan produk mereka di social media. Ini dapat berupa keluhan tentang layanan mereka, pertanyaan, atau testimoni. Setelah mendapatkan informasi tersebut, kamu dapat menyaringnya dan melaporkannya ke tim internal dan merumuskan rancangan strategi yang tepat dengan mengambil informasi yang telah dikumpulkan, sehingga bisnismu dapat selangkah lebih maju dari pesaing dan dapat mendahului apa yang dibutuhkan customer.

Kamu juga dapat mengidentifikasi jenis konten yang diinginkan oleh audience melalui social media listening tools. Kamu dapat mengumpulkan informasi yang perlu disampaikan dalam konten dengan merujuk pada pertanyaan apa yang sering masuk ke customer service terkait ulasan brand atau produk dan sebagainya. Untuk mendukung pengumpulan informasi yang beragam dan relevan, kamu dapat membuat e-brosur untuk menanyakan beberapa hal penting, dimana dengan informasi yang kamu dapatkan akan secara otomatis menarik mereka yang memiliki kebutuhan tersebut. 

 

Social Media Listening Tools Terbaik

Perusahaan bisnis tentu membutuhkan banyak sumber daya untuk menjalankan bisnis, di antaranya social listening sebagai sumber daya yang layak dan praktis. Untuk mengoptimalkan pencapaian target pemasaran, kamu perlu memilih social media listening tools yang paling sesuai dengan kebutuhan. Hal ini karena memiliki social media listening tools yang tepat dapat memudahkan bisnis untuk mendeteksi keywords dan mempelajari tentang audience serta apa yang mereka inginkan.

Social media listening tools menyediakan banyak fitur, dan hal ini tergantung pada marketer untuk mengambil keuntungan apa untuk bisnis mereka dari alat tersebut. Dengan berbagai social listening yang tersedia di pasar, menemukan social listening tools terbaik menjadi pekerjaan yang cukup sulit, namun sangat penting. Software atau platform social listening dapat mendukung pemasaran-mu dengan sempurna dan membantu dalam memenuhi tujuan bisnis yang telah ditetapkan. Salah satu social listening tool teratas yang dapat kamu gunakan untuk mendengarkan percakapan yang kamu butuhkan adalah Matamaya.

Social Media Listening Tools Terbaik - Matamaya

Matamaya adalah tool yang dirancang untuk menangani pemantauan kinerja pemasaran di social media dengan fitur analitik. Matamaya merupakan intelligence tool yang sesuai dengan bisnis apa pun untuk mengelola percakapan di social media. Dengan melakukan social listening dengan Matamaya, kamu dapat memperkuat customer relationship management, membangun pemahaman yang kuat tentang bagaimana tepatnya customer dan calon customer-mu berpendapat tentang brand-mu di semua platform social media dan media online. Kamu juga dapat mempelajari pendapat mereka tentang kompetitor melalui fitur listening analytics yang disediakan oleh Matamaya. Fitur ini adalah riset pasar luar biasa yang tersedia secara real-time.

Untuk dapat mengakses Matamaya Listening Analytics sangat mudah. Dibandingkan dengan social media listening tools untuk bisnis lainnya yang tersedia di pasaran, kamu akan dapat melacak dan mendengarkan topik dengan berbagai keywords terkait brand atau produk dalam periode waktu percakapan yang tidak terbatas. Matamaya juga dapat memberikan informasi terkait pendukungmu, dan mengidentifikasi influencer yang relevan. 

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.