Matamaya

Pengertian Buyer Persona & Cara Menentukannya dengan Social Listening

Pengertian Buyer Persona & Cara Menentukannya dengan Social Listening
22 February 2024
Pengertian Buyer Persona & Cara Menentukannya dengan Social Listening - Target audiens - Matamaya

Pernahkah Anda merasa seperti menembakkan anak panah dalam kegelapan saat memasarkan produk Anda? Tidak mengetahui pasti siapa target audiens Anda sebenarnya atau apa yang mereka inginkan?

Jika ya, Anda tidak sendirian. Banyak bisnis berjuang untuk memahami pelanggan ideal mereka, yang dapat menyebabkan strategi marketing yang tidak efektif. Di sinilah buyer persona berperan. Simak artikel berikut untuk mengetahui arti buyer persona, fungsinya, dan lain-lain.

 

Pengertian Buyer Persona

Buyer persona adalah gambaran dari target audiens yang ideal untuk suatu bisnis  yang didapatkan melalui proses riset. Hal ini mencakup informasi demografis, perilaku, kebutuhan, motivasi serta harapan target audiens ketika membeli produk atau layanan.

Adanya buyer persona dapat membantu Anda dalam menentukan cara berkomunikasi, jenis konten yang perlu Anda buat, platform media sosial yang perlu Anda manfaatkan, dan bahkan menentukan jenis promosi yang mungkin menarik bagi mereka.

 

Bagaimana Cara Mengetahui Buyer Persona?

Tidak perlu bingung lagi dalam mengetahui buyer persona Anda. Melalui social listening, informasi tentang perilaku, preferensi, dan kebutuhan target audiens dapat terkumpul secara mudah serta tidak memerlukan waktu lama untuk mendapatkan datanya.

Social listening adalah proses memantau dan menganalisis percakapan yang terjadi di media sosial dan platform online lainnya. Anda dapat melihat apa yang mereka bicarakan, bagaimana mereka merespons produk atau layanan yang serupa dengan milik Anda, dan bahkan masalah atau kebutuhan yang mereka hadapi.

 

Cara Menentukan Buyer Persona dengan Menggunakan Social Listening 

Cara Menentukan Buyer Persona - Matamaya

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan alat social listening dalam menentukan buyer persona:

  1. Pilih social listening tool yang tepat
    Pertama, pilihlah social listening tool yang memiliki fitur-fitur sesuai dengan tujuan Anda. Misalnya, apakah tool tersebut dapat memantau platform-platform sosial media yang relevan dengan audiens target Anda? Apakah ia menyediakan analisis sentimen, percakapan terbanyak yang dibicarakan audiens, data perkembangan jumlah percakapan audiens, dan lainnya?

  2. Tentukan kata kunci yang relevan
    Buat daftar kata kunci yang relevan dengan produk, layanan, dan industri Anda. Kata kunci ini juga harus mencakup istilah-istilah yang sering digunakan oleh target audiens Anda dalam percakapan online.

    Misalnya, bisnis Anda memfasilitasi konsultasi dokter secara online, maka Anda bisa menggunakan kata kunci seperti “konsultasi dokter”, “booking dokter”, dan “chat dokter”. Selain itu, bisa dengan memantau kata kunci yang berkaitan dengan kompetitor agar data lebih komprehensif.

  3. Pantau hasil kata kunci di social listening tool
    Gunakan social listening tool yang telah Anda pilih untuk memantau kata kunci yang telah Anda tentukan di tahap sebelumnya. Pastikan juga untuk mengatur filter yang tersedia, seperti jumlah data dan periode data yang Anda butuhkan.

  4. Analisis data yang diperoleh
    Selanjutnya, analisis data yang sudah Anda dapatkan. Identifikasi pola-pola umum dan cari insight yang relevan tentang perilaku, preferensi, dan kebutuhan target audiens Anda. Perhatikan profil audiens yang berbicara tersebut, minat, masalah yang dihadapi, dan preferensi produk yang muncul dari data social listening.

  5. Buat profil buyer persona
    Kemudian, gunakan informasi yang Anda kumpulkan dari social listening untuk membuat profil buyer persona yang mendalam dan akurat. Sertakan detail seperti demografi, minat, kebutuhan, tantangan, preferensi komunikasi, dan lain-lain.

    Agar lebih terbayang seperti apa buyer persona itu, Anda bisa melihat contoh buyer persona berikut:
    Contoh Buyer Persona - Matamaya

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menggunakan social listening tool dengan efektif untuk menentukan buyer persona yang lebih akurat dan relevan bagi bisnis Anda.

 

Rekomendasi Social Listening Tool untuk Menentukan Buyer Persona 

Matamaya merupakan salah satu social listening tool yang dapat Anda manfaatkan untuk menentukan buyer persona ataupun memvalidasi analisis buyer persona yang sudah Anda lakukan sebelumnya . 

Beberapa fitur Matamaya yang dapat membantu memahami target audiens Anda adalah:

  • Word cloud untuk memahami cara komunikasi dan topik percakapan audiens. 
  • Sentimen untuk mengetahui kebutuhan, permasalahan, dan bahkan preferensi audiens terhadap produk atau layanan yang serupa dengan Anda.
  • Top Post untuk mengetahui konten yang disenangi audiens di industri Anda.
  • Source untuk memperoleh informasi tentang platform media sosial yang aktif digunakan target audiens.

Coba dan nikmati fitur bermanfaat Matamaya lainnya secara gratis di sini.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.