Matamaya

Metriks Utama Instagram Profile Analytics dan Sample Analytics Report pada QSR Raksasa Brand Fast Food

Metriks Utama Instagram Profile Analytics dan Sample Analytics Report pada QSR Raksasa Brand Fast Food
20 May 2022

(https://insights.newscred.com/wp-content/uploads/2014/06/Screen-Shot-2016-08-31-at-3.40.43-PM.png)

 

Membuat konten yang bagus untuk pemasaran bisnis di Instagram, TikTok dan social media platforms lainnya tidaklah mudah, kamu perlu secara konstan meningkatkan strategi konten bisnismu untuk menjaga perhatian follower terfokus pada brand-mu. Hal ini karena dengan kedatangan brand baru setiap harinya, tentu banyak dari mereka mengandalkan platform tertentu untuk mengembangkan basis audience. Tidak terkecuali dengan competitor yang terus mencari cara untuk berkembang, ini menuntut strategi pemasaran bisnismu di social media mengungguli mereka. Satu-satunya cara yang terbukti untuk dapat memastikan bahwa kamu berada di jalur yang benar adalah dengan memeriksa analytics secara reguler. Dengan melakukannya, kamu akan mengetahui bagian mana dari strategi pemasaran-mu yang menarik bagi audience dan apa yang perlu disesuaikan. 

Dalam artikel ini, kamu akan menemukan lebih lanjut tentang metrik penting pada umumnya yang ditemukan dalam Instagram, TikTok profile analytics, atau platform lainnya, serta beberapa fitur analytics yang tersedia di Instagram.

 

Profile Analytics

Secara resmi, fitur insights di Instagram dan kebanyakan platforms lainnya hanya tersedia untuk profil bisnis. Meskipun demikian, profile Instagram apapun dapat diubah menjadi profil bisnis, sehingga apabila kamu tidak memiliki akses ke insights saat ini, kamu dapat segera melakukannya dengan cara mengubah akun personal-mu ke akun pro. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengarah ke pengaturan akun dan mengklik switch to business account serta mengikuti beberapa langkah sederhana.

Instagram profile analytics merupakan bagian yang penting dalam pemasaran bisnis. Hal ini karena analytics dapat memberitahu kapan dan seberapa sering audience berinteraksi dengan postinganmu di Instagram, melihat profile-mu, dan sejumlah faktor kunci lainnya yang akan mempengaruhi strategi pemasaran Instagram secara keseluruhan. Selanjutnya, untuk mengetahui apakah melakukan pemasaran di Instagram merupakan upaya yang tepat bagi bisnismu, kamu perlu membandingkannya dengan beberapa fakta, satu diantaranya adalah apakah karakteristik target audience-mu sesuai dengan basis audience yang dimiliki oleh Instagram. Instagram memiliki basis audience dalam rentang kelompok usia 18-29 tahun, sehingga apabila target audience-mu adalah kaum millennial, melakukan pemasaran di Instagram merupakan cara yang ideal dan sebuah keharusan. Akan tetapi, jika kamu belum yakin tentang siapa target audience yang dituju atau ingin mengetahui apakah terdapat gap antara target dan audience-mu saat ini, kamu dapat melakukan pengecekan melalui Instagram follower analytics.

 

Apa yang Dapat Kamu Pelajari dari Instagram Analytics?

Apa yang Dapat Kamu Pelajari dari Instagram Analytics? -  Matamaya

Kami telah merangkum apa yang dapat kamu pelajari dari Instagram analytics dan membaginya ke dalam tiga tab yang saat ini tersedia di Instagram Insights, yakni Activity, Content, dan Audience.

 

Instagram Insights – Activity

Tab Activity memungkinkanmu menemukan statistik utama tentang kinerja profie secara keseluruhan di Instagram. Tab ini adalah tempat dimana kamu dapat menilai apakah konten yang telah kamu buat populer atau tidak, dan sudah efektif dalam mendorong purchasing. Dari Activity insights, kamu dapat mempelajari hal-hal berikut:

  • Berapa banyak visit yang diterima profilemu dalam seminggu terakhir.
  • Jumlah total "tap" yang diterima profil-mu atau postingannya dalam seminggu terakhir.
  • Berapa banyak klik website yang kamu peroleh dari kunjungan audience ke profil-mu dalam seminggu terakhir.
  • Jumlah panggilan telepon yang dilakukan audience melalui profile Instagram bisnismu.
  • Kapan sebagian besar interaksi audience terjadi sehingga kamu dapat mengetahui waktu posting puncak atau tren yang berkaitan dengan kontenmu.
  • Reach dan impressions serta kapan waktu yang paling efektif dalam menjangkau audience.

 

Instagram Insights – Content

Ada beberapa cara untuk menyajikan konten dan cara untuk mendesain konten yang efektif di Instagram. Kualitas dan desain kontenmu dapat sangat mempengaruhi seberapa baik kinerja konten. Faktor-faktor seperti skema warna, filter, caption, dan bahkan nilai sentiment seperti seberapa jenaka sebuah teks dapat mempengaruhi keefektifan postingan tertentu. Untuk dapat membantumu mempersiapkan strategi konten yang efektif, kamu memerlukan content analytics guna memberi gambaran tentang seberapa baik kinerja konten yang telah kamu buat sebelumnya dan dapat digunakan untuk menentukan jenis posting mana yang paling terhubung dengan audience. Tab ini mencakup insights untuk postingan, story, dan ads. Saat kamu pertama kali mengklik untuk melihat semua feed post, kamu akan melihat di bagian atas bahwa kiriman tersebut diurutkan berdasarkan impressions, dimana konten dengan tayangan terbanyak ada di bagian atas. Kamu dapat melihat postingan berkinerja terbaik berdasarkan hal-hal berikut: call, komentar, email, engagement, follows, get direction, impressions, likes, profile visit, reach, saved, teks, dan website clicks.

 

Instagram Insights – Audience

Instagram tidak memiliki banyak informasi tentang penggunanya seperti halnya Facebook. Untuk dapat melihat metrik terperinci tentang followermu, kamu hanya dapat mengakses data yang disediakan dalam Audience analytics. Di tab ini, kamu akan dapat melacak pertumbuhan follower dan mempelajari lebih lanjut tentang audience-mu. Pertama, kamu akan dapat melihat kota mana yang memberimu follower paling banyak, usia follower, dan berapa persentase mereka berdasarkan gender. Analytics ini sangat berguna untuk brand yang bekerja dengan influencer. Brand dapat memeriksa demografi halaman Instagram mereka sendiri dan mencoba menemukan influencer yang cocok dengan demografi ini. Beberapa metrik yang dapat kamu temukan di tab Audience, yakni:

  • Jumlah follower.
  • Demografi: jenis kelamin, usia, dan lokasi teratas 
    Metrik ini akan membantumu mengembangkan prospek atau mengidentifikasi peluang kolaborasi potensial.
  • Metrik jam dan hari dari aktivitas followermu
    Metrik ini menunjukkan waktu dan hari rata-rata dalam seminggu saat followermu paling aktif. Ini akan membantumu memutuskan kapan harus memposting konten Instagram.

Untuk dapat memahami lebih mendalam tentang keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan melakukan praktik Instagram analytics, kami akan memberikan sebuah sample profile follower instagram analytics dari sebuah brand makanan cepat saji populer McDonald’s.

McDonald's adalah salah satu brand yang mendapat banyak peminat di social media, seperti halnya di offline. Brand ini memiliki berbagai profile social media yang disesuaikan untuk lokasi geografis berbeda, dimana outlet-outlet mereka berada, misalnya @McDonaldsid untuk outlet di Indonesia, dan @McDonaldsBrunei untuk mewakilkan outlet di negara Brunei. Di social media, mereka aktif memberitahu customer tentang penawaran menarik, perubahan menu dll. Tapi itu belum semuanya. Mereka juga kreatif dalam membuat konten social media yang mengambil inspirasi dari hari libur besar. Untuk mengetahui seberapa besar engagement yang mereka telah peroleh, berikut adalah beberapa metrik yang dapat membantumu memperoleh gambaran kinerja mereka di Instagram.

instagram analytics - Matamaya

Berdasarkan informasi dari unmetric.com, McDonald’s telah mendapat 4,3 juta follower di Instagram dan telah membuat sekitar 262 postingan termasuk video dan gambar selama April 2022. Namun, fokus utama brand ini adalah promosi di Instagram. McDonald’s tidak menggunakan Instagram untuk diskusi atau untuk mengatasi masalah customer. Sebagian besar konten mereka adalah video atau gambar promosi yang mempromosikan penawaran atau item baru di menu. Meskipun demikian, respon dari customer masih sangat baik dan tingkat engagementnya mengesankan. Sebagai perbandingan, salah satu competitor utamanya, Wendy’s, memiliki tingkat keterlibatan 101 dengan jumlah likes yang hanya mencapai 30% dari total likes yang diterima oleh McDonald’s pada kurun waktu yang sama. Dengan jumlah posts dan follower yang jauh lebih sedikit dibanding QSR terbesar McDonald’s, performance content Wendy’s di Instagram cukup baik dengan angka engagement tersebut. Wendy’s hanya memiliki 1 juta follower atau 25% dari total follower yang dimiliki McDonald’s dan ini menurut beberapa sumber merupakan effect dari core management yang masih membutuhkan banyak penyesuaian. Wendy’s memiliki ketergantungan yang berlebihan pada pasar barat, dimana ketergantungannya yang berlebihan merupakan kelemahan yang dapat diatasi melalui ekspansi internasional. Dari segi konten, Wendy’s lebih memfokuskan konten Instagram untuk menawarkan promosi, mengajak audience terlibat dengan menyediakan quiz, memposting memes, dan trend life hacks. Tidak heran meskipun sedikit jumlah follower yang dimiliki, Wendy’s dapat meraih engagement rata-rata yang cukup baik di platform ini.

 

Matamaya Instagram Analytics Tool

Matamaya Instagram Analytics Tool - Matamaya

Fitur Instagram analytics yang disediakan oleh Matamaya menyediakan tidak hanya metrik sosial dasar melainkan berbagai metrik dan analytics lanjutan yang dapat kamu manfaatkan ketika sedang menyusun strategi konten dan pemasaran secara keseluruhan yang berorientasi pada data-data faktual dan real time. Selain menyediakan metrik dasar, Matamaya menyediakan metrik kinerja tingkat dua yang dapat kamu gunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui performance strategi konten seperti pertumbuhan (growth), rate, dan rata-rata (average) engagement. Selain hal-hal tersebut, Matamaya juga menyediakan fitur Instagram analytics followers dan Instagram analytics influencer yang dapat memungkinkanmu memahami lebih mendalam tentang follower dan influencer untuk pemasaran brand serta sentiment analytics untuk mengidentifikasi emosi di balik conversation atau teks yang terdapat di konten atau feedback audience.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.