Matamaya

Menargetkan Konsumen Melalui Facebook Analytics Tools

Menargetkan Konsumen Melalui Facebook Analytics Tools
04 March 2022
Menargetkan Konsumen Melalui Facebook Analytics Tools - Target audiens - Matamaya

Facebook merupakan platform sosial media dengan pengguna terbesar. Tidak heran platform ini menjadi pilihan utama bagi pebisnis untuk melakukan kampanye pemasaran bisnis di sosial media. Meskipun fitur Facebook analytics bawaan Facebook sudah tidak lagi tersedia, kamu masih bisa menggunakan Facebook analytics yang disediakan di pasaran. Facebook analytics memberikan informasi berharga yang dapat membantu kamu melacak dan mengukur performance strategi pemasaran dan kontenmu di Facebook sehingga kamu dapat membuat strategi yang efektif untuk menargetkan lebih banyak konsumen. Dari metrik-metrik yang dimiliki Facebook, lima metrik Facebook analytics yang penting yaitu:

  1. Reach dan engagement: metrik ini digunakan untuk menunjukkan data jumlah orang yang melihat postinganmu.
  2. Actions: metrik ini berguna untuk menampilkan aktivitas apa yang dilakukan orang di halamanmu, misalnya mengklik call-to-action dan lain sebagainya.
  3. People: metrik ini memberi kamu akses informasi demografi pengunjung.
  4. Views: metrik ini dapat kamu gunakan untuk melihat jumlah keseluruhan orang yang berkunjung ke halamanmu dan bagian apa saja yang mereka lihat.
  5. Post: metrik ini berguna untuk melihat performa post dari waktu ke waktu. Selain itu, metrik ini berguna untuk melihat postingan mana yang menarik perhatian audiens dengan membandingkan jangkauan postingan yang dimaksud dengan engagement yang diberikan oleh audiens.

Source: Matamaya.id

Semua metrik dasar ini tentunya sangat dibutuhkan oleh strategi bisnismu. Karena jika kamu tidak mengumpulkan data dan informasi dari aktivitasmu di platform Facebook untuk keperluan promosi brand, maka kamu tidak akan pernah bisa memaksimalkan dampak dari postinganmu kepada 1,62 miliar pengguna aktif harian jejaring sosial ini. Dengan melihat data dan informasi yang ada, tidak hanya sekadar menunjukkan bagaimana konten Facebookmu bisa berhasil menarik audiens, tetapi juga memberikan masukan dan pertimbangan agar kamu bisa lebih sukses dalam penerapan strategi marketing Facebook bisnismu. 

Untuk menjawab hal ini, Facebook memiliki 3 fitur penting untuk mengakses data dan informasi yang relevan terkait dengan strategi marketing-mu. Ketiga fitur yang dimaksud adalah Facebook Business Suite, Creator Studio, dan Facebook Insights. Facebook Business Suite digunakan untuk mengelola semua akun kamu yang terhubung di Facebook. Kamu bisa mengelola semua aktivitas promosi dan periklanan Facebook pada fitur ini. Selain itu, pada fitur ini kamu juga bisa melihat metrik, tren, dan laporan visual termasuk orang-orang yang memberikan komentar atau menyukai konten yang kamu unggah. Untuk mengakses Facebook Business Suite, kamu harus memenuhi persyaratan termasuk tersedianya fitur ini di wilayah kamu tinggal. Jika kamu sudah memenuhi syarat, kamu akan diarahkan untuk masuk ke Business Suite saat kamu membuka Facebook di desktop.

(https://blog.hootsuite.com/wp-content/uploads/2021/04/creator-studio-21.png.webp)

Fitur selanjutnya adalah Creator Studio. Fitur ini adalah bagian dari Facebook yang dirancang khusus untuk membuat konten, mengumpulkan semua alat untuk mengunggah, melacak, mengelola, dan monetisasi ke dalam satu tempat sehingga dapat dengan mudah kamu atur. Pada fitur ini juga dapat ditampilkan berbagai metrik untuk memberi kamu informasi tentang kinerja dan jangkauan konten, profil, dan penghasilan kamu. Dengan Creator Studio, kamu bisa mengakses data terkait pengikut baru (termasuk juga orang-orang yang meng-unfollow kamu), impression, reach, dan engagement. Selain itu kamu juga bisa mengakses secara rinci tentang audiens dan followersmu. 

(https://blog.thoughtlabs.com/images/facebook-insights.png)

Facebook Insights dapat digunakan untuk mendapatkan gambaran secara jelas tentang siapa saja yang mengikuti, menonton, dan menyukai kontenmu. Fitur ini dapat membantu mendalami audiens-mu, sehingga kamu dapat mempelajari iklan Facebook dan konten organik kamu secara efektif. Lebih jauh, Facebook Insights dapat membantu kamu melihat dan memilih segmentasi pasar dari produk-mu. Selain memilah secara demografi, kamu juga dapat memilah berdasarkan behavior (perilaku) dan psikografis dari audiens sehingga kamu dapat menentukan jenis promosi yang tepat bagi brand atau produk-mu.

Dari Facebook Audience Insights, kamu juga dapat menggali lebih dalam insights tentang hal-hal apa saja yang dirasakan penting bagi target audiens-mu. Caranya dengan melihat kategori page apa saja yang diikuti dan disukai oleh target audiens kamu yang dapat dilihat dalam Top Categories. Perkembangan teknologi memang memungkinkan platform digital seperti Facebook menangkap berbagai sinyal yang kemudian digunakan menyusun profil audiens untuk keperluan promosi brand kamu. Namun tantangannya adalah, dari sekian banyak data audiens, yang mana target audiens yang akan kamu jangkau terlebih dahulu, dengan biaya yang seefisien mungkin. Hal inilah yang kemudian harus kamu perhatikan agar promosi kamu tetap sasaran. 

Selain itu, saat menggunakan Facebook untuk kepentingan bisnis, penting untuk kamu mengambil pendekatan terstruktur yang menghubungkan promosi pada sosial media dengan tujuan bisnis yang nyata. Facebook analytics memberikan banyak data dan informasi berharga yang dapat membantu kamu melacak dan mengukur hasil performance postingan-mu sehingga kamu dapat menyempurnakan strategi marketing bisnis. Lebih luas lagi, memahami bagaimana dan kapan orang berinteraksi dengan konten postingan yang kamu unggah di Facebook juga merupakan salah satu cara penting untuk memastikan algoritme akun Facebook memang cocok untuk promosi kamu, bukan untuk dampak sebaliknya. Inilah pentingnya Facebook analytics. Selain itu, Facebook analytics penting dilakukan untuk memahami kinerja akun Facebook, pelaporan, memahami audiens-mu, mengoptimalisasi halaman Facebook, dan mengunggah konten di Facebook di waktu yang tepat.

Namun jika kamu berpikir bahwa fitur-fitur di atas tidak efisien dan membuang waktu, kamu dapat menggunakan Facebook analytics tools yang disediakan third party seperti Matamaya. Matamaya akan membantu brand-mu diperbincangkan di Facebook dan menciptakan value bagi laman sosial mediamu. Matamaya Facebook Analytics juga dapat merekam percakapan audiens sehingga memberikan data yang akurat dan terpercaya untuk membantumu mengoptimalkan kinerja Facebook. Matamaya dapat membantu kamu untuk bersaing dengan kompetitor kamu tanpa ribet. Matamaya juga akan membantu kamu untuk membuat laporan yang akan disajikan dalam bentuk laporan otomatis yang dapat kamu unduh dengan format XLS atau PPT. Dengan bantuan Matamaya kamu dapat menghemat waktu dan mempermudah pekerjaanmu membangun strategi marketing yang terukur. Promosi yang kamu lakukan semakin lancar, dan bisnis semakin berkembang. Berikut fitur-fitur Facebook analytics yang disediakan oleh Matamaya:

  1. Overview menampilkan metrik-metrik utama yang meliputi pertumbuhan fans, post, dan engagement dalam periode waktu tertentu. 
  2. Fans tidak hanya menampilkan pertumbuhan fans, melainkan juga pertumbuhan fans baru dan fans yang berhenti menyukai halaman Facebook-mu.
  3. Reach meliputi pertumbuhan rata-rata reach, organic reach, paid reach, pertumbuhan impressions, organic impressions, dan paid impressions pada periode waktu tertentu.
  4. Engagement meliputi metrik pertumbuhan engagement, engagement rate per post, share rate, video views, engagement time dan analisis sentimen pada komentar yang diberikan audience di halaman Facebookmu.
  5. Content menampilkan metrik pertumbuhan post pada periode waktu tertentu. Selain itu, pada tab ini juga terdapat cluster content yang menunjukkan performance konten pilar, baik yang organik maupun berbayar.
  6. Benchmark digunakan untuk mengetahui perkembangan kompetitor bisnis.
  7. Wordcloud yang dapat digunakan untuk mendeteksi kata-kata dominan di seluruh percakapan yang terjadi di halaman Facebook-mu.
  8. Demografi meliputi metrik yang menjelaskan demografi fans berdasarkan kelompok usia dan gender, likes by country, likes by language, dan daftar 10 kota fans terbanyak berasal.
Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.