Di era digital yang serba terhubung ini, suara konsumen bagaikan harta karun bagi para pelaku bisnis. Setiap komentar, ulasan, dan ungkapan di media sosial, dan pemberitaan di media online menjadi jendela untuk memahami sentimen publik terhadap produk, layanan, dan brand Anda.
Analisis sentimen hadir sebagai solusi inovatif untuk mengubah suara konsumen menjadi data yang berharga. Teknik ini memungkinkan Anda untuk memahami opini dan perasaan konsumen secara otomatis, membuka peluang baru untuk meningkatkan kepuasan konsumen, dan mengembangkan strategi bisnis yang lebih efektif.
Analisis sentimen adalah proses otomatis untuk mengekstrak sebuah teks menjadi kategori sentimen untuk lebih memahami opini atau perasaan yang konsumen ungkapkan. Dalam konteks bisnis, analisis sentimen membantu Anda untuk:
Misalkan sebuah brand parfum mendapatkan komentar di media sosial sebagai berikut:
"Baru juga first sniff mama langsung bilang "Kak, wangi". Berarti ini wangi sangat dicintai mamahku."
"Suka banget wanginya mencerminkan anak muda yang ceria banget!!!"
Dari ulasan tersebut, dapat dilakukan analisis sentimen terkait kata-kata yang digunakan. Dalam contoh ini, algoritma analisis sentimen kemungkinan akan mengklasifikasikan ulasan tersebut sebagai positif karena adanya kata-kata positif seperti "wangi", "dicintai", “suka”, dan “ceria”.
Analisis ini memberikan wawasan berharga bagi brand parfum tersebut untuk memahami feedback dan menilai kepuasan konsumen. Dengan data tersebut, pihak brand dapat mengidentifikasi kelebihan bisnis mereka dan merencanakan strategi pemasaran yang lebih efektif atau solusi perbaikan jika diperlukan.
Analisis sentimen menawarkan berbagai manfaat bagi bisnis, di antaranya:
Terdapat beberapa jenis analisis sentimen yang dapat digunakan untuk bisnis, di antaranya:
Analisis sentimen dapat diterapkan di berbagai bidang dalam bisnis, di antaranya:
Ternyata, analisis ini bisa membawa keuntungan dan dampak positif bagi bisnis, ya! Tidak hanya untuk kepentingan memahami keinginan audiens, tapi juga meningkatkan reputasi bisnis Anda.
Sudah tidak sabar untuk mendapatkan keuntungan ini, ‘kan? Pertama-tama, Anda perlu memilih social listening tools yang tepat untuk bisnis Anda. Tool yang dapat Anda coba adalah Matamaya.
Matamaya merupakan social listening tool yang dapat memahami percakapan audiens lokal dengan mendalam. Dengan mendaftarkan akun atau keyword yang berhubungan dengan bisnis Anda di Matamaya, Anda bisa mengetahui perkembangan sentimen audiens setiap harinya, persentase tiap sentimen, hingga detail percakapannya. Selain itu, Anda bisa mengidentifikasi topik yang sering dibicarakan konsumen, platform percakapan tersebut berasal, serta detail engagement-nya.
Tertarik untuk mencobanya? Yuk, konsultasikan detail kebutuhan Anda dengan menghubungi kami di sini!