Matamaya

Instagram Analytics Tool yang Lengkap dan Informatif 2021

Instagram Analytics Tool yang Lengkap dan Informatif 2021
21 January 2022

Instagram untuk Pemasaran Bisnis

Sebagai social media platform yang digunakan untuk berbagi foto dan video, Instagram adalah salah satu channel pemasaran visual paling prospektif, dimana lebih dari 500 juta pengguna memposting di platform ini setiap harinya. Oleh karena itu, untuk menjangkau pelanggan potensial, kamu harus mampu memotong semua kebisingan agar akun bisnismu bisa menonjol.

Mengapa pemasaran di Instagram sangat prospektif? Berdasarkan data SocialHead, 35% pengguna  yang terdiri dari kelompok usia 18 hingga 29 tahun membeli produk/ layanan dari Instagram. Mereka menjelajah brand-brand baru melalui iklan atau endorsement dari influencers yang mereka ikuti. Berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu mempertimbangkan Instagram untuk memasarkan bisnis.

 

Pemasaran Visual Lebih Diminati Dibanding Teks

Memasarkan brandmu di Instagram adalah cara tercepat untuk mengubah audiencemu menjadi pelanggan. Hal ini karena platform ini memberikan kemudahan untuk melampirkan situs web, gambar, dan video. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hampir 40% pengguna internet lebih banyak terlibat dengan postingan visual dibandingkan teks. Untuk menjangkau target audience yang lebih besar, oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan Instagram yang merupakan platform berbasis feed gambar dan video.

 

Algortima Instagram Memudahkan Meraih Target Audience Lebih Mudah

Instagram memberikan keuntungan yang besar untuk mempromosikan produk/ layanan di feed karena platform ini memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Peluangmu untuk menemukan crowdmu disini juga sangat besar. Hal ini karena keterlibatan Instagram sangat luas. Menggunakan Instagram akan menguntungkan bisnismu terlebih jika kamu berinteraksi lebih jauh dengan audience. Kamu juga dapat membuat konten shopping yang cukup mudah untuk dipersonalisasi hanya dengan menggunakan fitur klik dan interaksi. Oleh karena itu, meskipun bisnis yang kamu lakukan adalah bisnis kecil, akan selalu ada audience yang tertarik dengan produk/ layanan bisnismu.

Lalu, bagaimana kamu mengukur keberhasilan strategi konten dan pemasaranmu? Apakah postingan yang kamu upload sudah mencapai target audience dan pasarmu? Satu-satunya cara yang dapat memastikan bahwa kamu berada di jalur yang benar adalah dengan memeriksa Instagram Analytics secara teratur.

 

Pengertian Instagram Analytics

Pengertian Instagram Analytics - Matamaya

(source : later.com)

Instagram analytics adalah fitur yang akan membantumu memahami apakah strategi pemasaran bisnismu di Instagram telah mencapai target audience dan pasar yang telah kamu tentukan atau tidak. Tidak hanya itu, kamu dapat membantu bisnismu menargetkan audience yang tepat dan menjangkau audience baru. Kamu dapat mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak dari strategi konten yang kamu jalankan untuk kemudian beralih ke bagian penyempurnaan strategi, mengubah upayamu untuk meningkatkan hasil dan meningkatkan ROI.

Pengertian Instagram Analytics - Matamaya

Source: https://nealschaffer.com/instagram-analytics

 

Instagram analytics pada dasarnya akan memberikanmu insights tentang kinerja akun bisnismu, termasuk jangkauan, engagement, followers, dan iklan Instagram. Kamu bisa memanfaatkan Instagram analytics gratis yang disediakan oleh aplikasi Instagram atau berbayar yang disediakan oleh third party yang biasanya dapat menyediakan metric lebih banyak. Namun perlu diingat, mempelajari semua metrik dan bagaimana menggunakan data ini untuk pertumbuhan bisnismu, bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, kamu membutuhkan Instagram analytics review yang lengkap dan informatif serta mampu menyajikan data-data yang memudahkanmu untuk melakukan analisis lebih lanjut.

Pengertian Instagram Analytics - Matamaya

Source: https://later.com/blog/instagram-analytics

 

Instagram Analytics Tool 2021

Instagram analytics online adalah cara terbaik untuk memahami siapa audiencemu saat ini, kapan mereka paling aktif, dan jenis konten apa yang diminati audiencemu. Insights ini sangat penting untuk membuat strategi konten bisnismu memperoleh hasil yang ditargetkan. Namun, menemukan metrik yang tepat untuk dilacak, serta mengetahui cara menafsirkannya, tidak dapat dilakukan oleh banyak analytics tools. Meskipun setiap brand memiliki sasaran uniknya sendiri yang berarti bahwa data metrik yang dibutuhkan antara satu brand dengan brand lain mungkin saja berbeda, kamu tetap memerlukan Instagram Analytics Tool yang tepat untuk melakukan pekerjaan ini.

 

Matamaya Menyediakan Instagram Analytics Tool yang Lengkap dan Informatif

Matamaya Instagram Analytics Tool menyediakan berbagai fitur yang penting untuk analisis bisnismu. Tidak hanya memberikan insights untuk feed post dan video, Matamaya juga menyediakan fitur Audience dan Shopping Analytics yang lengkap dan informatif. Kamu akan memperoleh semua analitik yang harus dimiliki dari Instagram analytics report dalam format yang mudah dicerna. Melalui Matamaya, kamu dapat melacak postingan dan video feed Instagram hingga 12 bulan, sehingga kamu dapat melihat postingan mana yang memiliki kinerja terbaik dan memfilternya berdasarkan data yang disediakan pada metrik utama, seperti likes, reach, comments, dan banyak lagi.

 

Audience Analytics

Audience Analytics - Matamaya

source : buffer.com

Jika tujuanmu adalah mendorong audience lebih terlibat dengan brandmu, maka memeriksa metrik engagement untuk mengetahui apakah strategi yang dijalankan berhasil, sangat perlu untuk dilakukan dan kamu dapat menelusurinya melalui Audience Analytics. Selain itu, memahami Audience Analytics merupakan cara yang bagus untuk memahami dengan siapa kamu terlibat, sehingga kamu dapat menyesuaikan strategi konten dan waktu posting yang sesuai.

Dari fitur Matamaya Audience Analytics, kamu akan dapat melihat data-data pengelompokan followersmu hingga 90 hari termasuk pertumbuhan followers secara keseluruhan termasuk mereka yang berhenti mengikuti, lokasi teratas audiencemu berasal (kota dan negara), rentang usia dan gender serta waktu paling aktif dimana audiencemu membuka aplikasi Instagram.

 

Feed Post Analytics

Feed Post Analytics - Matamaya

source : later.com

Konten yang bagus tidak berarti sama untuk semua audience. Akan lebih baik jika kamu mengetahui apa yang penting bagi followersmu sehingga mereka tetap tertarik dengan brandmu. Memiliki jumlah pengikut yang lebih tinggi tidak berarti banyak, apalagi jika jumlah yang berinteraksi dengan akunmu kurang dari seperlimanya atau 20%. Beberapa audience mungkin saja menghargai postingan yang panjang, tetapi yang lain akan mengharapkan teks yang langsung ke intinya. Kamu tidak akan tahu apa yang harus kamu posting sampai kamu memeriksa semua metrik penting tersebut.

Fitur Feed Post Analytics yang disediakan oleh Matamaya dapat menyediakan semua metrik utama, termasuk likes, comments, interactions yang meliputi kunjungan profil dan website bisnis, discovery berkaitan dengan accounts reached dan follows, serta impressions dari hashtag, home dan profil. Setiap metrik memberikanmu insights berharga dan berikut penjelasannya:

  • Metrik likes dan comments membantumu untuk mempelajari postingan yang mendorong engagements.
  • Website clicks adalah indikator yang mencerminkan bahwa followersmu berminat untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk/ layanan bisnismu.
  • Impressions menunjukkan seberapa baik kinerja postingan kamu berdasarkan algoritma Instagram, meliputi dari mana impressions berasal, waktu dan hari pengeposan, dan apakah ada tren konten tematik yang perlu diperhatikan.

 

 

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.