Terdapat banyak hal penting yang harus digital marketer perhatikan saat ingin mengembangkan akun media sosial bisnis. Salah satunya adalah kemampuan dalam memahami percakapan audiens di platform media sosial. Percakapan yang ada tersebut dapat kamu ketahui melalui aktivitas social media listening.
Social media listening ini perlu dilakukan karena akan membuat bisnis dapat mengenal target pasarnya lebih baik melalui analisis pendapat atau sentimen terhadap produk maupun layanan yang telah diberikan. Melalui aktivitas tersebut akan terlihat sejumlah informasi yang dapat kamu pelajari guna meningkatkan kinerja bisnis dan mencapai target yang diinginkan.
Untuk memudahkan prosesnya, social media listening dapat kamu lakukan dengan bantuan social media listening tools. Tools tersebut dapat bersifat open source maupun berbayar yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnismu.
Dengan pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini, muncul berbagai tools yang bisa membantumu dalam mengembangkan bisnis. Tidak sedikit digital marketer memanfaatkan open source social media listening tools sebagai alat untuk memudahkan pekerjaannya.
Open source social media listening tools merupakan tool yang dapat diakses secara publik dan mampu menganalisis interaksi maupun respon audiens terhadap brand atau bisnismu. Kamu dapat mengetahui frekuensi penyebutan brand, kata kunci yang relevan, dan umpan balik yang kamu terima melalui tag dan komentar.
Open source social media listening tools ini dapat melacak aktivitas audiens di Twitter, Facebook, Instagram, TikTok, Youtube, dan platform media sosial lainnya secara terintegrasi. Ketika kamu dapat mengintegrasikan berbagai akun media sosial tersebut, kamu akan melihat semua data yang kamu perlukan dalam satu dasbor.
Bukan sekadar menghasilkan data, open source social media listening tools mampu menyajikan sentimen media sosial. Sentimen media sosial merupakan kesan positif, negatif ataupun netral yang diperoleh dari keterlibatan audiens melalui percakapan di media sosial.
Analisis sentimen media sosial adalah bagian penting dari social media listening karena dapat membantumu dalam memahami kesan audiens terhadap brand yang kamu kelola maupun dari sisi kompetitor. Alih-alih hanya menghitung berapa kali brand disebutkan, kamu juga dapat mempelajari percakapan yang terjadi untuk mendorong hasil bisnis yang nyata.
Setiap social media listening tools memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga bisa kamu gunakan untuk mendorong kinerja bisnis. Tidak hanya itu saja, beberapa tools juga bisa memberikan informasi yang sangat berharga seperti frekuensi penyebutan brand hingga word cloud.
Untuk mempermudah kamu dalam mengetahuinya, berikut free social media listening tools 2022 yang dapat kamu gunakan untuk mengenal target pasarmu lebih dekat:
Setelah mengetahui free social media listening tools 2022, ada baiknya untuk kamu mengetahui lebih dalam manfaat dari tools tersebut. Dengan mengetahui social media tools benefit, kamu akan lebih mengenali peranan social media listening tools yang berguna bagi bisnismu.
Terdapat berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari social media listening tools. Berikut kami sajikan beberapa manfaatnya:
Demikian beberapa social media listening tools serta manfaatnya yang bisa kamu coba. Pada dasarnya semua tools dapat memberikan informasi tentang sentimen media sosial. Dengan informasi tersebut, kamu bisa mengambil upaya yang tepat untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan.
Jika kamu ingin mencari tools yang lebih bisa memahami sentimen dalam bahasa Indonesia, kamu bisa menggunakan Matamaya. Kamu bisa memperoleh sentiment analytics dan word cloud analytics yang bisa membantumu dalam memaksimalkan aktivitas social media listening.