Matamaya

Fitur Deskripsi Instagram Analytics

Fitur Deskripsi Instagram Analytics
21 July 2022

Jika kamu ingin meningkatkan audience Instagram dan memperoleh data yang mendalam disusun dengan cara yang mudah dipahami, kamu perlu menggunakan alat Instagram Analytics yang canggih secara teratur. Matamaya Instagram Analytics khusus memungkinkanmu melacak semua metrik dan KPI, menilai potensi konten, dan mendapatkan insights yang relevan untuk memandu strategi marketing Instagram bisnismu.

Kami dapat melakukan pelacakan akun Instagram Profesional (profil bisnis atau creator) dan menampilkan berbagai metrik yang kamu butuhkan termasuk impressions, video views, engagement, dan pertumbuhan followers.

Kamu juga dapat melakukan Competitor Analytics untuk membandingkan dengan akun Instagram lainnya. Konten dapat difilter dan diurutkan untuk menunjukkan kinerja kampanye konten tertentu.

Fitur paling berharga dari Matamaya adalah fungsi pelaporan. Laporan Instagram dapat dibuat dalam format berbeda termasuk XLSX dan PPTX. 

Last but not least, kami juga menyertakan Influencer Analytics untuk menggabungkan kinerja kampanye influencer. Jika kamu bekerja dengan influencer, kamu dapat menambahkan masing-masing ke Matamaya untuk melacak konten kampanye dan kinerja story mereka. Kamu juga dapat melacak konten publik influencer dan melacak kinerja influencer yang kamu rencanakan untuk bekerja sama.

 

Informasi Dashboard Instagram Analytics

Kami menawarkan demo gratis pada beberapa hari pertama. Plan and Pricing yang kami miliki dilengkapi dengan biaya bulanan yang sangat terjangkau.

Semua akun publik Instagram dapat dilacak oleh alat social media monitoring Matamaya.

Kami mampu memberikan statistik yang lebih mendalam di Instagram. Kami dapat melakukan beberapa hal seperti:

  • Memantau beberapa hashtag.
  • Membuat daftar hashtag Instagram yang paling sering digunakan.
  • Menganalisis emosi audience di sekitarmu.
  • Membuat penilaian kinerja strategi pemasaran melalui metrik-metrik berharga.
  • Melakukan competitive analytics, dan sebagainya.

Matamaya Instagram Analytics dapat menawarkan alat analisis Instagram yang tangguh. Data kami akan digunakan bersama dengan data analitik Instagram bisnismu. Sebagai bonus, kamu akan dapat dengan cepat mengatasi percakapan negatif dan menjaga hubungan dengan audience agar tidak lepas kendali.

Kami menyediakan dashboard dengan visualisasi grafik yang mudah dipahami. Instagram Analytics membagi fitur ke dalam 9 tabs:

  1. Tab Overview
    Kamu dapat melihat beberapa metrik ikhtisar yang dapat menggambarkan kinerja akun bisnismu secara keseluruhan. Ini meliputi total dan pertumbuhan follower, total dan pertumbuhan post, total dan pertumbuhan engagement, rata-rata dan pertumbuhan rata-rata engagement dalam periode waktu tertentu. 

  2. Tab Fans (followers)
    Tab ini menampilkan total dan pertumbuhan follower dengan basis harian dan bulanan.

  3. Tab Reach
    Total dan pertumbuhan reach, serta total dan pertumbuhan impressions dapat kamu lihat dalam tab ini.

  4. Tab Engagement
    Kami menampilkan metrik total dan pertumbuhan posts, engagement, most engaging users, engagement rate per post, dan video views secara berurutan.

  5. Tab Content
    Tab content menampilkan metrik total dan pertumbuhan post pada periode waktu tertentu, total dan pertumbuhan engagement, serta pertumbuhan rata-rata engagement. Selain itu, pada tab ini juga terdapat cluster content yang menunjukkan performance konten pilar.

  6. Tab Benchmark
    Kamu dapat mengetahui perkembangan kompetitor bisnis dengan menampilkan insight performance akun kompetitor, meliputi jumlah dan pertumbuhan follower, posts, engagement dan engagement per post.

  7. Tab Wordcloud
    Kami dapat melacak percakapan dominan yang berlangsung dan feedback paling banyak yang diberikan oleh followers di halaman Instagram.

  8. Tab Demography
    Untuk mengetahui informasi terkait audience, kamu dapat melacak metrik yang menjelaskan demografi pada tab ini meliputi usia yang dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin, perbandingan jenis kelamin, likes berdasarkan negara, likes berdasarkan bahasa, dan 10 kota teratas basis follower berasal.

  9. Tab General Reports
    Kamu dapat mengunduh laporan hasil kinerja konten Instagram ke dalam format XLSX dan PPTX.

 

Contoh Analisis 1 Instagram Analytics – Content, Reach dan Engagement

Contoh Analisis 1 Instagram Analytics – Content, Reach dan Engagement - Matamaya

Gunakan content insight untuk mendengarkan apa yang audiencemu coba sampaikan. Jika mereka tidak terlibat dengan konten yang kamu publish, maka mereka tidak melihatnya atau tidak menyukainya.

Untuk dapat mengetahui apakah mereka tidak melihatnya atau simply tidak menyukainya, kamu dapat melihat content reach pada tab reach.

Jadi, penting untuk mengikuti jejak engagement dan membuat lebih banyak jenis konten yang ingin dilihat audience berdasarkan insights yang tersedia.

 

Contoh Analisis 2 Instagram Analytics – Overview

Contoh Analisis 2 Instagram Analytics – Overview - Matamaya

Gunakan overview untuk mempelajari dari mana pertumbuhan bisnismu berasal, dan investasikan lebih banyak ke dalam upaya tersebut.

Kamu dapat memantau postingan, story, atau reel dan mengetahui dari mana pertumbuhan follower dan engagement berasal. 

Beberapa bisnis mungkin saja mendedikasikan waktu dan upaya untuk membuat reels lebih banyak, karena jenis konten tersebut mendorong jangkauanyang lebih luas. Dan bisnis lainnya, lebih memilih membuat story atau membuat postingan lebih intense.

Perhatikan apa yang mendorong pertumbuhanmu dengan Instagram Analytics. Entah itu interaktif atau sesuatu yang lain, lihat ke dalamnya, dan buat lebih banyak konten itu.

 

Kenapa Pilih Matamaya Fitur Instagram Analytics

Kenapa Pilih Matamaya Fitur Instagram Analytics - Matamaya

  1. Kenali Audiens
    Matamaya dapat membantu memecahkan faktor-faktor berdasarkan demografi. Kamu dapat menggunakan data yang terkait dengan usia, jenis kelamin, lokasi, dan metrik lainnya untuk menyusun strategi lebih lanjut. Semakin detail informasi yang kamu dapatkan dan tafsiran yang benar, semakin baik kamu dapat memahami audience yang kamu targetkan.

    Kami dapat membantu menggali tentang minat, suka, tidak suka, kebiasaan membeli followermu, kecenderungan terhadap produk tertentu, dan hal-hal seperti itu. Ini akan membantu menyesuaikan konten untuk audience yang kamu targetkan guna mendorong penjualan.

  2. Tampil untuk Mengalahkan Kompetitor
    Dengan Matamaya, kamu memiliki akses ke data berharga. Kami akan menginformasikan konten mana yang paling disukai followermu, waktu terbaik untuk memposting, dan beberapa hal lainnya. Kamu dapat menggunakan informasi tersebut untuk menjangkau lebih banyak prospek yang dapat berubah menjadi customer setia. Optimalkan kontenmu yang paling disukai oleh audience dan jalankan kampanye untuk keuntungan bisnismu berdasarkan metrik yang kami sediakan.

  3. Menganalisis Hashtag
    Hashtag bisa menjadi cara yang fantastis untuk meningkatkan eksposurmu di Instagram dan menghasilkan lebih banyak engagement dengan konten. Tetapi pada saat yang sama, terlalu mudah untuk menjadi penyalahguna hashtag, atau terlalu sering bergantung pada hashtag untuk menyampaikan pesan brand.

    Saat kamu ingin menambahkan sesuatu yang istimewa ke kampanye Instagram, hashtag bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan brand, tetapi pastikan kamu mengingat aturan penggunaan hashtag.

    Matamaya dapat membantu menemukan hashtag yang efektif untuk digunakan, memberikan peluang konten yang kamu publish menjangkau target audience bisnis. 
Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.