Matamaya

3 Metrik Instagram Analytics Teratas untuk Dilacak Bisnis

3 Metrik Instagram Analytics Teratas untuk Dilacak Bisnis
25 August 2022
3 Metrik Instagram Analytics Teratas untuk Dilacak Bisnis - Target audiens - Matamaya

Menggunakan Instagram untuk pemasaran sangat penting dan ini merupakan komponen kunci dari strategi social media bisnis apa pun, terlepas dari jenis industri dan ukuran bisnis yang kamu miliki. Karena melakukan pemasaran di Instagram sangat penting, wajib bagi setiap bisnis, khususnya marketer, untuk mengetahui cara menggunakan fitur-fitur yang disediakan Instagram dengan baik. Dengan mempelajari cara menggunakan platform secara efektif dan mengukur kinerja strategi pemasaran-mu, kamu akan membuat perbedaan besar dalam mencapai tujuan pemasaran. 

Untuk mengukur kinerja strategi pemasaran, kamu harus memperhatikan sejumlah metric di dalam analytics. Analytics atau Instagram Analytics adalah alat utama yang dapat kamu gunakan untuk memantau pencapaian strategi pemasaran yang sedang kamu jalankan. 

Sayangnya, Instagram tidak membuat segalanya mudah jika kamu hanya memiliki profil personal. Kamu perlu mengubah akun Instagram ke profil bisnis, dan kamu akan dapat mulai mengakses informasi yang berguna untuk kemajuan bisnismu.

Kami sebelumnya telah menulis tentang cara beralih ke profil bisnis dan manfaat yang akan kamu peroleh dengan menggunakan profil bisnis Instagram. Salah satu manfaat terbaik adalah kamu akan mendapatkan akses ke Instagram Insights. 

Ada juga beberapa alat Instagram Analytics untuk bisnis yang tersedia di pasar, dan beberapa di antaranya ada yang gratis, serta memberikan demo sebelum beralih ke versi berbayar, salah satunya Matamaya.

Dalam panduan ini, kami akan membahas semua yang perlu kamu ketahui tentang analitik IG, termasuk cara menggunakannya, metrik teratas untuk dilacak, dan Matamaya Instagram Analytics.

 

Cara Menggunakan Instagram Analytics   

Untuk dapat menggunakan Instagram Analytics untuk bisnis, penting untuk dicatat bahwa kamu harus memiliki profil bisnis atau profil creator. Keduanya memiliki beberapa kesamaan, namun keduanya berbeda dari profil personal, dimana hanya digunakan untuk penggunaan pribadi. Profil creator dirancang untuk pembuat konten, tokoh masyarakat, dan influencer social media, sementara itu, profil bisnis dirancang untuk perusahaan dan organisasi yang bergerak di bidang komersial. 

Jika kamu ingin memantau kinerja pemasaran social media, kamu dapat memanfaatkan fitur in-app Instagram Analytics untuk mendapatkan berbagai insights, atau menggunakan platform manajemen social media sebagai alternatif yang sangat baik untuk memantau data analytics Instagram. Platform ini tidak hanya dapat menampung Instagram Analytics bisnismu, tetapi juga dapat bertindak sebagai social media analytics untuk platform yang lain. Akibatnya, kamu akan mencapai kemudahan dari sebelumnya untuk melacak metrik, menghasilkan laporan kinerja social media, dan mengoptimalkan strategi pemasaran. Banyak dari alat manajemen social media dapat menampilkan Twitter Analytics, Facebook Analytics, YouTube Analytics dan TikTok Analytics. 

 

Metrik Teratas untuk Dilacak

Metrik Teratas untuk Dilacak - Matamaya

(source : https://later.com/blog/instagram-analytics/)

Meskipun terdapat sejumlah besar metrik yang tersedia di in-app Instagram Analytics, ada beberapa metrik utama yang perlu kamu lacak untuk memastikan kesuksesan dalam strategi pemasaran di masa mendatang. Metrik teratas untuk dilacak tersebut, antara lain:

  1. Follower Growth
    Kamu dapat melihat berapa banyak pengguna yang mengikuti dan berhenti mengikuti akun bisnismu dari hari ke hari. Selain itu, kamu juga dapat memiliki akses ke pertumbuhan follower guna membantu menilai tinggi dan rendahnya jumlah follower mu saat ini. Dengan inisghts ini, kamu kemudian dapat menghubungkan tren tersebut dengan konten yang dipublikasikan. Kamu akan lebih dapat menentukan konten apa yang beresonansi dengan audience dan konten apa yang berpotensi mendorong mereka untuk berhenti mengikuti akun-mu. Dari sana, kamu dapat mengintegrasikan temuan ini ke dalam strategi pemasaran bisnismu di Instagram di masa mendatang.

  2. Most Active Time
    Salah satu metrik yang paling penting untuk dilacak adalah waktu paling aktif, dimana kamu dapat melihat kapan audience-mu paling aktif di aplikasi, baik hari dalam seminggu maupun waktu dalam sehari. Dengan informasi berharga ini, kamu dapat memposting konten secara strategis pada saat-saat aktif tersebut untuk meningkatkan engagement.

  3. Reach
    Reach adalah metrik yang sangat kuat karena memberimu insights berharga tentang tingkat brand awareness yang tengah kamu kembangkan. Dengan menilai secara teratur berapa banyak akun yang telah dijangkau kontenmu, kamu akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang siapa yang menerima brand messagemu.

    Selain itu, jika ditemukan terdapat konten tertentu yang memiliki angka reach yang tinggi, kamu dapat menganalisisnya dan menggunakan kinerja ini sebagai dasar untuk menyusun strategi konten yang efektif di masa mendatang. Misalnya, jika postingan organik mencapai tingkat reach yang tinggi, hal ini dapat menandakan bahwa kamu harus menggunakan kembali elemen tertentu dari konten tersebut, seperti hashtag, CTA, atau jenis gambar yang digunakan.

Matamaya Instagram Analytics

Matamaya Instagram Analytics - Matamaya

Matamaya Instagram Analytics adalah contoh sempurna manajemen social media yang sangat nyaman dan mudah digunakan oleh marketer. Untuk melihat-lihat Instagram Analytics bisnismu di akun Matamaya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

  1. Log in menggunakan email dan password mu yang telah didaftarkan ke akun Matamaya.
  2. Kamu akan langsung diarahkan ke halaman Account Setting, jika data profil mu sudah benar, maka kamu dapat langsung mengklik save.
  3. Klik ikon garis tiga di pojok kanan atas, pilih dashboard, dan kamu akan melihat 8 fitur manajemen social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, TikTok, Influencer, Activity, dan Benchmark.

 

Cara Melihat Instagram Analytics untuk Bisnis di Matamaya

Cara Melihat Instagram Analytics untuk Bisnis di Matamaya - Matamaya

Kamu akan melihat gambaran umum tentang analitik data Instagram setelah mengklik ikon Instagram di halaman dashboard Matamaya, termasuk fitur-fitur di bawah ini:

  1. Tab overview: total dan pertumbuhan follower, total dan pertumbuhan post, total dan pertumbuhan engagement, rata-rata dan pertumbuhan rata-rata engagement.
  2. Tab fans (followers)
  3. Tab reach 
  4. Tab engagement 
  5. Tab content: jumlah post, hashtag populer, cluster content, dan filter post. 
  6. Tab benchmark: berisikan insights terkait jumlah fans, posts, engagement, engagement per post, jumlah likes, jumlah comments, jumlah video views dan insights penting lainnya yang dimiliki oleh kompetitor.
  7. Tab wordcloud: percakapan dominan dan enable/ disable words.
  8. Tab demografi: usia, gender, negara, bahasa, dan 10 kota teratas.

Kamu juga dapat memeriksa metrik social media yang lebih spesifik, seperti postingan organik, Instagram engagement, video views, dan sentiment analytics. 

Di Matamaya, kamu bahkan dapat memfilter konten dengan berbagai cara, termasuk menurut jenis konten (misalnya foto, video, reel, dan all types), konten organik atau berbayar, tanggal, jumlah suka, reach, komen, engagement, impression, dan lainnya.

Selain melacak metrik Instagram dan social media platform lainnya, Matamaya juga memungkinkan pengguna untuk membuat laporan analytics dalam berbagai format, termasuk PPT dan Excel.

 

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.