Matamaya

YouTube Analytics for Artists untuk YouTuber

YouTube Analytics for Artists untuk YouTuber
01 July 2022

YouTube selalu menjadi salah satu platform terbaik dalam hal memberi data tentang konten video. Sekarang YouTube mulai menggandakan bantuannya kepada artists khususnya musicians, dengan beberapa fitur baru YouTube Analytics for Artists. Namun, terlepas dari kemudahan tersebut, kamu perlu memahami bahwa kunci kesuksesan YouTube bukanlah clickbait, permainan algoritma YouTube, atau berharap salah satu video kamu menjadi viral. Namun, kunci sebenarnya dari kesuksesan YouTube adalah peningkatan yang konstan. Kamu perlu memahami audience luar dalam untuk dapat merencanakan konten berkualitas yang memberikan nilai nyata dan membentuk keterlibatan dengan audience secara personal.

Hal-hal ini membutuhkan pemahaman mendalam tentang audience dan niche. Untuk dapat mencapai hal tersebut, YouTube Analytics adalah alat yang dapat memberikan petunjuk tentang bagaimana kamu dapat mengoptimalkan strategi video dengan menunjukkan kepadamu apa yang membuat orang terpaku pada kontenmu dan apa yang membuat orang mengkliknya. Kamu akan mengerti mengapa orang membagikan beberapa video, tetapi tidak yang lain.

YouTube Analytics for Artists untuk YouTuber - Matamaya

Lalu bagaimana YouTube analytics dapat membantumu?

YouTube analytics dapat membantumu memahami dan menentukan bagaimana target audience merespons konten yang telah kamu buat di platform YouTube. Selain itu, alat ini juga dapat membantumu mengetahui titik lemah kontenmu yang pada gilirannya akan membantumu membuat konten yang lebih kreatif yang menyertakan karya-karyamu guna memperoleh peningkatan keterlibatan audience. Alat-alat ini mencakup beberapa fitur yang sangat membantu seperti analisis pesaing dan audience, sehingga jika kamu dapat memanfaatkan YouTube analytics dengan sebaik-baiknya, kamu akan memperoleh kumpulan statistik dan data, metrik dan sasaran pemasaran yang dibutuhkan.

 

YouTube Analytics untuk YouTuber Artists (Musicians)

YouTube Analytics untuk YouTuber Artists (Musicians) - Matamaya

YouTuber atau content creator menggunakan YouTube sebagai platform pemasaran video dan ini sangat berpotensi memperluas jangkauan ke miliaran pemirsa jika dilakukan dengan cara yang benar. Pertama, kamu perlu memahami audience dengan baik, di situlah YouTube analytics masuk. Tidak mudah bagi YouTuber yang juga merupakan seorang artist untuk mengetahui siapa sebenarnya yang menonton video yang menampilkan karya-karya mereka. Namun, dengan YouTube analytics yang dikhususkan untukmu, kamu tidak hanya dapat mengetahui siapa yang menonton video, melainkan dari mana sumber traffic itu berasal, berapa penayangan per pemirsa untuk setiap videomu, dan lainnya.

Namun, sebelum beranjak pada pengenalan fitur dan metrik Youtube Analytics for Artists, kami akan memberikan pratinjau data yang dapat diperoleh oleh YouTuber non-musicians dengan menggunakan YouTube analytics untuk YouTuber pemula atau YouTube analytics reguler seperti yang disediakan oleh in-app analytics dan platform Matamaya YouTube Analytics:

  • Analisis engagement teratas pada setiap video yang telah diupload.
  • Analisis sentimen untuk mengidentifikasi emosi di balik teks yang terdapat di channel YouTube.
  • Analisis kata melalui Wordcloud untuk mencari kata-kata dominan atau yang sering muncul di dalam semua percakapan audience di channel YouTube.
  • Analisis kompetitor melalui benchmark untuk melihat posisimu di antara kompetitor yang berada di industri sejenis dengan membandingkan performance channel YouTube bisnis vs pesaing.
  • Analisis hashtag untuk mengetahui hashtag paling populer atau paling efektif dalam menarik audience.
  • Analisis audience untuk mengetahui pertumbuhan audience termasuk subscribers serta mengetahui apakah kamu telah menarik audience yang relevan dengan konten bisnismu atau tidak. 

Dengan adanya YouTube analytics khusus yang dapat dimanfaatkan oleh YouTuber yang juga merupakan seorang artis atau musician, kamu dapat memperoleh banyak insights tentang hal-hal seperti dimana lagu kamu muncul di konten buatan audience dan meningkatkan insights tentang subscriber lebih mendalam dibandingkan YouTube analytics untuk pemula. Perbedaan yang cukup menarik perhatian adalah adanya metrik Total Reach yang menunjukkan siapa yang dijangkau musikmu tidak hanya berdasarkan video yang kamu unggah, tetapi juga berdasarkan video pihak ketiga yang menyertakan lagumu, termasuk video lirik tidak resmi yang diunggah audience lain.

YouTube analytics untuk pemula. - Matamaya

Fitur ini membantu artists mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang siapa yang sebenarnya mendengarkan karya musik mereka. Selain itu, YouTube juga dapat mengidentifikasi hingga 1.000 artists teratas di YouTube yang memenuhi syarat untuk tangga lagu. YouTube Analytics for Artists juga memperkenalkan fitur "Song Detail" yang bertujuan untuk menunjukkan keterlibatan tambahan dengan lagu di platform YouTube. 

YouTube analytics untuk pemula. - Matamaya

Secara lebih detail, beberapa hal yang dapat kamu harapkan dari Analytics For Artists adalah sebagai berikut:

  • Membantu Memahami Audience
    Fitur Total Reach yang baru memberi artists gambaran paling komprehensif tentang bagaimana musik mereka menjangkau audience di seluruh YouTube. Ini termasuk video yang diunggah ke channel resmi mereka selain yang dibuat dan dibagikan oleh audience lain, dan kolaborator yang berisi sebagian besar rekaman artists.

  • Mengetahui Bagaimana Karya Musikmu Menginspirasi Kreasi Audience
    Fitur Song Detail memudahkan artists untuk melihat semua video yang telah dibuat untuk lagu tertentu dalam katalog mereka dan berisi sebagian besar rekaman lagu mereka. Konten yang dibuat oleh audience lain akan menguntungkan artists dari semua ukuran, mulai dari unggahan resmi hingga video lirik, cover, video dance, dan lainnya yang dibuat oleh audience lain. 

  • Data Komprehensif dan Dapat Ditindaklanjuti
    Analytics for Artists  rumah bagi kumpulan audience dan insights kinerja paling kuat yang tidak dapat kamu temukan di tempat lain. Kamu akan dapat memahami bagaimana katalogmu didistribusikan di seluruh YouTube dan bagaimana audience terlibat dengannya: tayangan, klik, demografi, retensi, dan data keterlibatan, semuanya ada di sini dan sekarang secara real-time.

  • Akses Mudah ke Real-Time Insights
    Selain desktop, artists kini dapat dengan mudah mengakses insight baru ini di aplikasi YouTube Studio mobile, memungkinkan mereka untuk mendapatkan pembaruan data dan notifikasi secara real-time, baik mereka sedang dalam perjalanan atau di studio. 

Akses Mudah ke Real-Time Insights - matamaya

Dan berikut fitur dan metrik yang terdapat dalam YouTube Analytics for Artist:

  1. Overview waktu tonton, durasi tonton rata-rata, 10 video teratas dan lainnya. Waktu tonton adalah metrik utama YouTube yang mengacu pada jumlah menit yang dihabiskan audience untuk menonton video YouTubemu. Video dengan waktu tonton yang lebih tinggi biasanya muncul lebih tinggi di hasil penelusuran. YouTube analytics memiliki laporan waktu tonton yang menunjukkan jumlah total yang dihabiskan untuk menonton videomu.
  2. Video dengan performance terbaik dan terburuk. Metrik ini membantumu mengetahui video dengan performance terbaik dan terburuk dalam hal penayangan.
  3. Mengetahui dimana audiencemu berada dan berapa usia mereka. YouTube analytics memiliki metrik yang menunjukkan lokasi audiencemu di seluruh dunia, termasuk usia sebenarnya. Metrik YouTube ini mengelompokkan audience berdasarkan usia, jenis kelamin, dan geografi.
  4. Penayangan subscribers. Tidak perlu dikatakan lagi bahwa subscriber adalah audience setiamu. Laporan subscribers YouTube menunjukkan kepadamu video dengan penayangan subscriber tertinggi.
  5. Di platform mana videomu dilihat. Kamu mungkin telah mengunggah video YouTube di berbagai platform, seperti situs web atau social media platform. Metrik ini membantumu mengetahui platform tempat video YouTube kamu dilihat.
  6. Jumlah subscriber yang diperoleh dan yang hilang. Laporan subscriber YouTube ini dapat memberitahumu kapan kamu mendapatkan dan kehilangan subscriber.
  7. Berapa banyak videomu yang ditambahkan atau dihapus dari daftar putar. Laporan daftar putar YouTube tidak hanya menunjukkan waktu dan penayangan rata-rata per daftar putar, tetapi juga menunjukkan video yang ditambahkan atau dihapus dari daftar putar.
  8. Berapa banyak komentar, share, suka, dan tidak suka untuk videomu.
Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.