Matamaya

YouTube Analytics 2021 untuk Membantu Kebutuhan Analisis Bisnis

YouTube Analytics 2021 untuk Membantu Kebutuhan Analisis Bisnis
19 January 2022

YouTube untuk Bisnis

YouTube mulai diperkenalkan pada tahun 2005 dan kini berkembang menjadi sebuah platform yang efektif untuk memasarkan produk/ layanan bisnis melalui tayangan video. Video, baik yang berdurasi panjang atau pendek, dapat berdampak positif pada traffic situs web bisnis atau konversi. Menurut HubSpot, hal ini karena 72% pengguna lebih menyukai pemasaran melalui video dibandingkan membaca iklan berbasis teks dan 92% pengguna diantaranya cenderung menshare video yang ditonton ke pengguna lain.  

Jika target audiencemu adalah generasi milenial, YouTube merupakan platform media sosial yang tepat untuk menjalankan strategi pemasaran bisnismu. Tidak hanya diminati oleh generasi muda, sekarang YouTube telah banyak digunakan oleh kelompok usia senior. YouTube berkembang menjadi tempat lebih dari satu miliar pengunjung setiap bulannya dan dianggap sebagai platform yang mewakili mereka yang sangat peduli dengan kreasi, koneksi, dan komunitas.

 

Manfaat YouTube untuk Bisnis

YouTube untuk Bisnis - Matamaya

Source: https://statusbrew.com/insights/youtube-analytics/

Meskipun kamu tidak bisa mengontrol iklan yang akan dijalankan di kontenmu, YouTube memiliki manfaat yang jauh lebih besar dan hampir semua jenis bisnis dapat memperoleh manfaat dari platform ini, termasuk bisnis online, bisnis offline kecil, freelance dan konsultan yang menawarkan layanan mereka. Hal ini karena biaya untuk mengupload video di YouTube gratis. Namun sebagai gantinya, video yang kamu upload akan disertakan konten promosi yang tidak terbatas pada iklan tertentu. Ini bisa saja iklan dari produk pesaingmu atau video iklan yang tidak relevan dengan kampanye pemasaran bisnismu.

Berikut adalah 3 manfaat yang dapat diberikan YouTube untuk bisnis kamu.

  • Meningkatkan Traffic
    Video online tumbuh secara eksponensial, dan YouTube adalah mesin pencari terbesar ke-2 dan situs web ke-3 paling banyak dikunjungi setelah Google dan Facebook. Dengan lebih dari 4 miliar video dilihat setiap hari, kamu akan dapat menjangkau dengan mudah target audiencemu. 

    Meningkatkan Traffic - Matamaya

    Source: https://statusbrew.com/insights/youtube-analytics/

  • YouTube Membantu Bisnis Ditemukan di Google
    Kamu mungkin telah memperhatikan bahwa video sering muncul di hasil penelusuran Google. Hal ini menunjukkan bahwa Google menganggap video sama pentingnya dengan halaman teks. Kamu dapat memanfaatkan ini dengan menulis artikel berkualitas di situ website bisnismu dan membuat video pelengkap di YouTube. Melakukan ini akan membangun backlinks ke situs bisnis kamu, yang artinya website produk/ layanan bisnismu akan lebih sering ditemukan di Google atau berada di penelusuran teratas. Ini tentu sangat menguntungkan, karena fakta menunjukkan bahwa lebih dari 60% pengguna mengklik 3 hasil pertama di Google, dan lebih dari 90% dari semua pengguna Google mengklik 10 hasil pertama yang muncul.
  • Mengembangkan Audience di Seluruh Dunia
    Salah satu manfaat terbesar menggunakan YouTube untuk bisnis adalah menjangkau audience global. Terlebih jika kamu membuat konten video secara konsisten, ini akan membuka pintu bagi pengunjung baru yang tidak akan pernah menemukan bisnis kamu dengan cara lain. Melalui YouTube, kamu dapat menjangkau pemirsa di seluruh dunia meskipun kamu hanya berbicara satu bahasa. Jika kamu mempromosikan bisnismu dengan bahasa universal, kamu akan lebih diuntungkan lagi, menurut sebuah penelitian, kamu akan dapat menangkap pasar dengan basis bahasa universal hingga mencapai 30%. 

 

Apa Itu YouTube Analytics Tools

Apa Itu YouTube Analytics Tools - Matamaya

Ada banyak hal yang diperlukan untuk membuat video di channel YouTube bisnismu. Pertama-tama kamu harus menulis script, mendapatkan pengaturan yang tepat, menyiapkan peralatan terbaik, merekam video, mengeditnya, dan pada akhirnya mengupload. Untuk mengetahui apakah strategi konten dan pemasaran yang kamu lakukan di YouTube memberikan hasil yang diinginkan, kamu perlu menggunakan YouTube analytics untuk mengetahuinya.

YouTube analytics adalah fitur yang dapat menentukan aspek mana dari strategi video YouTube yang kamu jalankan perlu mendapat perhatian lebih dan aspek mana yang sudah berjalan dengan baik. YouTube analytics dilakukan untuk memeriksa kinerja video melalui pengukuran metrik dan hasil temuan dari analisis itu dapat kamu terapkan ke dalam strategi bisnismu.

YouTube Analytics 2021 Terbaik di Indonesia

YouTube Analytics 2021 Terbaik di Indonesia - Matamaya

(source : whatagraph.com)

Jika kamu benar-benar ingin menguasai strategi pemasaran YouTube, kamu harus menggunakan seperangkat YouTube Analytics Tool yang tepat. YouTube Analytics Tool dapat membantu kamu memahami bagaimana pelanggan dan target audience merespons konten video yang telah kamu upload di akun YouTube bisnismu. Dengan memaksimalkan YouTube analytics, kamu akan memperoleh kumpulan data dan metrik yang tepat, serta strategi yang sesuai untuk meningkatkan konten guna mencapai tujuan pemasaran bisnismu di YouTube. Tools ini dapat memberikan kamu data-data tentang semua titik lemah dalam konten videomu dan tentunya ini akan berguna sebagai masukan untuk membuat video yang lebih baik di masa mendatang.

Ada beberapa YouTube Analytics Tools yang direkomendasikan karena menyertakan fitur tambahan yang lebih lengkap dibandingkan fitur analytics (in-app) yang disediakan oleh YouTube. YouTube menyediakan 5 fitur dalam analyticsnya, antara lain Overview, Reach, Engagement, Audience, dan Revenue.

 

Matamaya YouTube Analytics Tool

Matamaya YouTube Analytics Tool - Matamaya

Matamaya YouTube Analytics Tool merupakan platform YouTube analytics Indonesia terbaik yang dapat mengoptimalkan channel YouTube bisnis kamu karena menyediakan fitur yang lengkap. YouTube Analytics Tool yang dimiliki oleh Matamaya dapat digunakan untuk menganalisis strategi digital yang dijalankan oleh brand-brand dari seluruh industri, agensi pemasaran, dan kepentingan personal. Fitur-fitur yang disediakan tool ini telah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis, dimana menyediakan data metrik dasar hingga analisis lanjutan seperti analisis pesaing. Secara lebih detail, platform ini menawarkan tiga key features, yakni analisis media sosial (monitoring dan listening), competition tracking, dan analisis pemasaran influencer. Dengan bantuan Matamaya, kamu akan dapat memeriksa demografi audiensmu, mendapatkan data pelanggan, memeriksa metrik video, card impressions, interactions, share video, data influencers, serta data pesaing bisnismu. Kamu juga dapat menemukan waktu terbaik untuk mempublikasikan video di channel YouTube bisnismu dengan bantuan platform ini. 

 

Analisis Pesaing

Salah satu key feature dari Matamaya YouTube Analytics Tool, yakni kamu dapat melakukan competitor analysis (analisis pesaing) yang dapat membantumu membandingkan kinerja YouTube bisnismu dengan pesaing di bidang industri sejenis. Analisis competitor ini memungkinkan kamu untuk memeriksa postingan yang memiliki kinerja terbaik yang bersumber dari channel pesaing, bagaimana pengguna YouTube bereaksi terhadap video tersebut, dan fitur lanjutan untuk melacak setiap postingan dan channel menggunakan keywords.

Tidak hanya itu, dengan Matamaya YouTube Analytics Tool, kamu juga dapat melacak tren, menyusun konten yang sesuai dan menelusuri apakah kamu menarik audiens yang relevan dengan konten bisnismu atau tidak. Hal ini karena tentunya niche memiliki basis audiens spesifik, dan kamu perlu mengetahui apakah strategi kontenmu sudah tepat untuk target audiencemu. Meskipun kontenmu mungkin mendapatkan banyak engagement, tetapi itu tidak mencerminkan ROI. Inilah saatnya bagimu untuk memeriksa kembali audiensmu saat ini dan dengan memantau pesaingmu melalui YouTube analytics, kamu akan dapat mengetahui apakah kamu telah menjangkau audience yang tepat.

Copyright © Matamaya 2022. Allright reserved.