Matamaya

YouTube Analytics 101: Pengertian, Manfaat, Pengenalan Dashboard, dan Rekomendasi Course

YouTube Analytics 101: Pengertian, Manfaat, Pengenalan Dashboard, dan Rekomendasi Course
30 December 2022
YouTube Analytics 101: Pengertian, Manfaat, Pengenalan Dashboard, dan Rekomendasi Course - strategi sosial media marketing - Matamaya

Apa Itu YouTube Analytics?

Apa Itu YouTube Analytics?YouTube Analytics adalah alat yang disediakan YouTube untuk menganalisis performa channel dan video kamu. YouTube analytics dapat memberitahu kamu respon audiens terhadap video kamu hingga inspirasi konten yang bisa kamu coba.

Kamu bisa mulai melakukan analisis dengan menggunakan YouTube analytics basics yaitu panduan dasar tentang cara kerja YouTube Analytics dan metrik yang perlu kamu ketahui. Dengan mempelajarinya, kamu bisa membuat strategi yang tepat untuk memacu pertumbuhan channel di masa mendatang.

 

Manfaat Menggunakan YouTube Analytics

Untuk menjadi channel yang disukai oleh audiens, tidak cukup hanya membuat konten yang menarik. Kamu perlu menganalisis performanya untuk memastikan bahwa konten sesuai dengan audiens yang kamu targetkan. Berikut merupakan manfaat menganalisis performa YouTube:

  1. Memahami audiens
    Sejumlah insight yang didapat melalui YouTube analytics akan dapat membantumu dalam memahami audiens seakurat mungkin. Bukan hanya tentang demografi audiens, tapi juga konten yang diinginkan audiens.

  2. Melacak performa channel
    Dengan menggali analitik, kamu bisa mengetahui performa channel serta mengetahui penyebabnya. Misalnya, jika kamu mengalami peningkatan subscribers setiap live, maka kamu dapat lebih sering mengadakan live.

  3. Melacak tren dan pola
    Melacak tren dan pola penting dilakukan karena terdapat kemungkinan bahwa tidak selamanya strategi yang sudah berhasil di awal akan berhasil seterusnya. Kamu perlu selalu memantaunya agar bisa menyesuaikan diri dengan tren yang terus berubah dan tetap relevan untuk tahun-tahun mendatang.

 

Dashboard YouTube Analytics

Dashboard YouTube Analytics - Matamaya

Untuk mengakses YouTube analytics, kamu bisa membukanya melalui desktop dan smartphone. YouTube juga menyediakan YouTube Studio yaitu aplikasi yang bisa kamu unduh tersendiri di smartphone.

Jika kamu sudah berhasil masuk ke YouTube Studio maka akan terdapat empat tab pada dashboard yang akan menunjukkan insight berbeda. Tab tersebut meliputi Overview, Content, Audience, dan Research. 

  1. Overview
    Tab overview mampu menunjukkan ringkasan dari performa dari channel maupun video hingga periode satu tahun terakhir. Metrik utama yang bisa kamu dapatkan meliputi jumlah penayangan, waktu tonton, subscriber, dan estimasi pendapatan (jika tergabung dalam Program Partner YouTube). 

  2. Content 
    Tab Content menyajikan ringkasan tentang cara audiens menemukan konten kamu, video yang mereka tonton, dan cara mereka berinteraksi dengan konten tersebut. Konten ini meliputi postingan video, shorts, dan live stream.

  3. Audience
    Pada tab Audience, kamu dapat mempelajari demografi penonton yang menonton video kamu. Selain itu, kamu dapat mengetahui jumlah penonton baru maupun, channel lain yang ditonton oleh audiens, waktu online audiens di seluruh channel kamu dan semua konten di YouTube. 

  4. Research
    Kamu dapat menggunakan tab Riset di YouTube Analytics untuk mempelajari apa yang dicari audiens kamu dan penonton di seluruh YouTube. Insight dari tab Riset dapat membantu kamu menemukan kesenjangan konten yaitu konten yang belum pernah dibuat atau ada di YouTube. Kesenjangan konten dapat membantu kamu menemukan inspirasi video yang berpotensi untuk mendatangkan penonton.

 

Rekomendasi YouTube Analytics Course

Rekomendasi YouTube Analytics Course - Matamaya

Untuk memudahkanmu dalam melakukan analisis, kamu bisa mempelajari panduan dasarnya melalui YouTube analytics course. Kamu dapat memanfaatkan platform Skillshare dan Udemy untuk belajar tentang YouTube Analytics 101 secara daring.

Sebelum memulai pelajaran di Skillshare, buatlah channel YouTube terlebih dahulu atau bisa juga dengan memanfaatkan channel yang sudah ada sebelumnya. Kemudian, postinglah beberapa video dan mulailah menganalisisnya secara mandiri. Kamu bisa menggunakan panduan dan saran dari pengajar untuk mengoptimalkan channel tersebut.

Namun, apabila kamu memilih Udemy sebagai platform belajarmu maka kamu tidak perlu membuat channel YouTube terlebih dahulu. Pengajar akan langsung menunjukkan cara menggunakan YouTube analytics yang terdapat dalam akunnya. Kemudian, pengajar akan menjelaskan insight yang ia dapat melalui dashboard tersebut.

 

Matamaya YouTube Analytics

YouTube Analytics Tool - Matamaya

Selain menggunakan dashboard YouTube analytics dan YouTube Studio, terdapat tools lain yang bisa membantumu dalam melacak performa channel. Matamaya merupakan pilihan yang tepat jika kamu mengurus banyak channel YouTube.

Bahkan, kamu juga bisa melihat performa kompetitor di YouTube untuk memperkaya insight. Tidak butuh waktu lama dalam menganalisis karena Matamaya menyediakan fitur ‘Download’ yang akan menunjukkan data dari berbagai metrik penting di YouTube analytics. 

Kemudahan ini dapat kamu nikmati secara gratis selama 30 hari di Matamaya. Yuk, coba gratis Matamaya untuk bantu mengoptimalkan performa kamu di YouTube!

Copyright © Matamaya 2023. Allright reserved.