Matamaya

Twitter Analytics Tools for Business 2022

Twitter Analytics Tools for Business 2022
16 September 2022
Twitter Analytics Tools for Business 2022 - strategi sosial media marketing - Matamaya

Twitter analytics merupakan sebuah analytics tool yang menawarkan pengukuran data, kinerja tweet, dan profil Twitter secara keseluruhan. Data ini dapat memberikan informasi yang dapat kamu tafsirkan untuk menganalisis konten apa yang berfungsi di akun Twitter-mu, postingan seperti apa yang harus kamu upayakan, dan bagaimana kemajuan kampanye mu di social network.

Kamu dapat memperoleh insights seperti likes, follower, retweet, dan berbagai insights lainnya terkait jenis konten yang disukai audiencemu yang dapat membantu memandu dan menyesuaikan strategi pemasaran produk sehingga pada akhirnya kamu dapat mempublikasikan konten yang dapat menghasilkan output yang optimal. Twitter Analytics dapat membantumu memberikan insights tentang kinerja akun Twitter-mu baik dalam range bulanan hingga detail terperinci seputar tweet, media, dan kampanye iklan individual.

Namun ada lusinan Twitter Analytics tools di luar sana dan memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhanmu bukanlah hal yang mudah. Jika ada, kamu tentu membutuhkan waktu untuk menguji berbagai alat analitik tersebut hingga menemukan yang menurutmu layak untuk diinvestasikan.

Jika kamu ingin melihat statistik Twitter secara real time, mengetahui engagement, topik, hashtag, membuat laporan, menganalisis akun atau akun Twitter kompetitormu, kamu dapat menggunakan Twitter Analytics tool gratis. Kamu dapat mengidentifikasi area utama yang mempengaruhi jumlah follower, tingkat engagement, dan kesuksesan yang kamu miliki di Twitter. Tetapi, alat gratis ini bukan alternatif untuk perusahaan pada skala tertentu yang menginginkan analisis bisnis tingkat lanjut, seperti menemukan, menganalisis, dan memanfaatkan semua data mereka. 

Alat analitik gratis juga tidak memiliki fungsi analisis audience yang memungkinkan perusahaan untuk memberi peringkat follower berdasarkan pengaruh, melihat siapa influencer mereka, dan melihat konten yang dibagikan. Setiap alat gratis memberikan titik awal yang bagus untuk melakukan analisis dasar seperti mengetahui ringkasan dalam rentang 28 hari terkait jumlah tweet, impression, profile visit, mentions, dan follower. Kamu juga dapat mengetahui kinerja tweet yang berkinerja terbaik, menetapkan rentang tanggal untuk mengekspor data, mengetahui siapa yang mengikuti akun Twitter-mu termasuk demografi audience, perilaku konsumen dan informasi gaya hidup. 

Twitter Business Analytics - Matamaya

 

Twitter Business Analytics

Twitter Analytics tool sangat penting bagi bisnis karena sangat dapat membantu menentukan strategi Twitter terbaik. Dari sebuah riset yang dilakukan oleh Databox (2022), diperoleh bahwa terdapat 96% dari audience menggunakan Twitter untuk tujuan bisnis dan hanya 4% yang tidak menggunakan Twitter untuk bisnis. Dari 96% audience yang menggunakan Twitter untuk bisnis tersebut, diketahui bahwa terdapat 45.83% bisnis yang bergerak di bidang produk atau jasa B2C, 27.08% yang bergerak di B2B, dan sisanya bergerak di bidang agensi pemasaran, digital, atau media. Mengingat banyaknya pengguna Twitter for business, Twitter membangun analytics tool yang dapat digunakan untuk melakukan analisis dasar untuk bisnis.

Akan tetapi, native Twitter Analytics memiliki kemampuan terbatas untuk melakukan analisis bisnis tingkat lanjut. Oleh karena itu, kamu memerlukan dukungan analytics tool berbayar yang tersedia di market karena dapat memberikan metrik tingkat lanjut seperti emoji analysis, sentiment analysis dan influencer analytics. Dari 30 Twitter business analytics tools berbeda yang pernah digunakan oleh perusahaan-perusahaan tersebut, alat yang paling banyak digunakan adalah Databox dan Hootsuite. Bagi perusahaan lokal Indonesia yang ingin mengukur kinerja strategi pemasaran bisnismu apakah sudah berhasil atau membutuhkan banyak improvisasi, kamu dapat menggunakan Matamaya Twitter Analytics Tool.

 

Best Twitter Analytics Tools 2022

Best Twitter Analytics Tools 2022 - Matamaya

Kamu akan melihat bahwa beberapa alat memiliki fungsi yang overlapping. Banyak dari alat-alat ini terhubung ke beberapa sumber data yang sama. Salah satu alat intelijen bisnis yang lebih mahal mungkin dapat menyelesaikan semua kebutuhan perusahaanmu, namun tidak ada alat yang murah dan mudah digunakan untuk menangani setiap kasus penggunaan.

Jadi, kami sarankan untuk memilih alat yang berfokus pada penyelesaian kasus penggunaan spesifikmu. Dengan kata lain, jika kamu seorang manajer produk, pilih alat yang dirancang untuk manajemen produk dan lain sebagainya. Berikut kami uraikan 3 Twitter analytics tools terbaik versi kami yang dapat kamu gunakan sebagai referensi untuk mengukur kinerja akun Twitter bisnismu:

 

Databox

Databox adalah platform analytics dan pelaporan bisnis yang memungkinkanmu melacak data lebih dari 50 layanan secara real-time melalui dashboard yang dibuat khusus. Databox memiliki integrasi untuk membuat setiap bisnis, baik skala kecil dan besar, tetap berada di puncak Twitter channel penjualan dan pemasaran.

Databox dilengkapi Galeri Template sehingga kamu dapat menggunakan metrik yang sama dengan yang digunakan perusahaan digital terkemuka. Perusahaan terkemuka membagikan laporan yang mereka gunakan secara internal sehingga siapa pun dapat menduplikasi laporan mereka.

Tool ini menjadi salah satu tool yang paling banyak diminati karena dapat memberitahu marketer dengan cepat jika ada yang tidak beres dengan data pemasaran. Selain itu, kamu dapat efisiensi waktu untuk copypaste data ke spreadsheet dan Powerpoint. 

 

Hootsuite

Jika fokusmu adalah meningkatkan tingkat konversi situs web, Hootsuite adalah alat yang solid. Fitur utama termasuk survei, profil pengunjung, conversation, dan konversi untuk beberapa akun. Ini memungkinkan kamu untuk memahami apa yang dilakukan pengguna di situs web-mu.

Hootsuite merupakan salah satu analytics tool terfavorit karena setiap akun dapat menggunakan paket gratis jika memiliki kurang dari lima profil sosial untuk dikelola. Hal ini memungkinkan tim untuk secara kolaboratif menjalankan kampanye di berbagai social media platform dari satu dashboard. Mereka menawarkan demo 30 hari dan menyediakan beberapa opsi untuk paket yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, mulai dari $49 per bulan.

Dengan menggunakan Hootsuite, kamu dapat membuat kampanye pemasaran dan mengawasinya secara real time, menjadwalkan postingan, membuat laporan Twitter khusus, melacak hashtag, mentions, dan banyak lagi.

 

Matamaya

Matamaya - Matamaya

Ketika kamu baru memulai dan tidak memiliki banyak penjualan, maka kamu bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan dari analitik default Matamaya. Kamu akan dapat melihat data penjualan dan inventaris dasar.

Matamaya merupakan Twitter Analytics tool yang cukup komprehensif yang dapat kamu gunakan untuk menganalisis akun Twitter apa pun. Untuk mulai menggunakan alat ini, kamu cukup menyambungkan ke akun twitter bisnismu lalu memasukkan akun Twitter kompetitormu. Matamaya diantara Twitter Analytics tool lokal lainnya, memudahkan kamu untuk melacak kinerja tweet, memperhatikan bagaimana followermu tumbuh, impressiones, reach, engagement, dan banyak lagi. Kamu juga dapat mengunduh laporan ke format PPT dan Excel untuk analisis lebih lanjut. 

Manfaat menggunakan analytics dengan Matamaya untuk bisnis eCommerce antara lain memahami bagaimana dapat melayani customer dengan baik dengan memahami apa yang mereka cari ketika mereka datang ke toko online. Matamaya dirancang selain dapat menyediakan data untuk membantu penjualan, dapat memberikan pemahaman yang efektif tentang analisis data yang difasilitasi untuk memandu keputusan tentang mengembangkan produk yang memenuhi kebutuhan customer.

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.