Matamaya

Tips Menggunakan Twitter Ads untuk Mengiklankan Bisnis di Twitter

Tips Menggunakan Twitter Ads untuk Mengiklankan Bisnis di Twitter
13 May 2022
Tips Menggunakan Twitter Ads untuk Mengiklankan Bisnis di Twitter - strategi sosial media marketing - Matamaya

Twitter dapat menjadi channel marketing yang hebat untuk mengarahkan traffic dan menghasilkan prospek di era digital saat ini. Mengapa kamu perlu mengambil langkah berikutnya untuk mengiklankan brandmu di Twitter meskipun ada Facebook dan Instagram?

Hal ini karena Twitter adalah platform yang mudah digunakan dengan basis pengguna yang cukup besar dan menawarkan iklan terjangkau untuk bisnis. Faktanya, 63% pengguna Twitter mengikuti bisnis kecil yang mereka sukai secara online. Namun, dengan ratusan juta tweet yang dikirim setiap hari, postingan kamu mungkin dapat dengan mudah kehilangan posisi dan tidak ditemukan oleh audience. Tapi inilah mengapa melakukan Twitter ads menjadi alasan yang sangat kuat. Banyaknya informasi yang tersedia di Twitter dapat membantu bisnis-mu menghasilkan brand awareness. Akan tetapi, ini hanya akan terwujud apabila kamu menggunakan metode yang tepat. Berinvestasi dalam Twitter ads dapat sangat membantu bisnismu, dimana dengan metode yang tepat, kamu akan memperoleh lebih banyak traffic serta konversi.

Dalam artikel ini, kami ingin memberimu beberapa tips tentang bagaimana kamu dapat menggunakan Twitter untuk memperoleh lebih banyak eksposur dan mengembangkan bisnis. Namun sebelum beralih ke diskusi tentang tips terkait cara menggunakan Twitter ads yang efektif, kita perlu mengenal terlebih dahulu apa itu Twitter ads.

 

Apa Itu Twitter Ads?

Apa itu Twitter Ads? - Matamaya

(https://business.twitter.com/en/advertising.html)

Twitter ads adalah iklan yang kamu jalankan di Twitter yang akan muncul di feedmu dengan tag 'Promoted Tweet' di bagian bawah tweet. Twitter ads merupakan cara untuk mempromosikan tweet individu atau campaign yang didedikasikan untuk tujuan tertentu. Untuk mempromosikan tweet, biasanya kamu dapat memilih di antara delapan tujuan berbeda, yakni: pemasangan aplikasi, follower, keterlibatan tweet, penayangan video yang dipromosikan, klik atau konversi situs web, keterlibatan kembali aplikasi, in-stream video views (per-roll), dan kesadaran.

 

Mengapa Twitter Ads?

Mengapa Twitter Ads? - Matamaya

(https://business.twitter.com/en/blog/improve-your-twitter-ads.html)

Twitter dapat memberimu peluang untuk menjangkau jutaan audience yang termasuk di dalamnya target audience brand. Ketika kamu menjangkau audience yang memenuhi syarat ini, kamu tentu akan memberikan bisnismu akses langsung ke customer potensial. Hal ini bermakna akan lebih banyak prospek dan traffic ke bisnis dan lebih banyak konversi. Selain itu, Twitter juga menawarkan beberapa fitur penargetan iklan yang sangat unik yang tidak akan kamu temukan di platform social media lain. 

Ada banyak alasan lain mengapa Twitter ads dapat menguntungkan bisnis saat ini. Alasan utama mengapa kamu perlu mempertimbangkan Twitter ads adalah biaya. Pembiayaan merupakan alasan yang paling diunggulkan oleh hampir semua bisnis ketika mempertimbangkan Twitter ads dalam strategi marketing karena pembiayaan yang ditawarkan oleh Twitter dapat membuat dampak besar pada anggaran marketing dan membuat pengeluaran iklan lebih efektif. 

Kebijakan penetapan harga yang dikeluarkan oleh Twitter ingin memastikan bahwa kamu hanya membayar untuk hasil yang mempengaruhi target marketing-mu. Hal ini tentu saja menempatkan semua bisnis dalam situasi yang tidak memberatkan karena Twitter menanggung sebagian risikonya. Namun, itu tetap menjadi tugas marketer untuk memastikan bahwa iklan yang bisnismu jalankan telah menjangkau audience yang tepat. Jika tidak, mereka tidak akan efektif dan pada dasarnya kamu akan membuang-buang anggaran iklan.

Agar iklan-mu efektif, kami akan memberikan 4 tips penting, terutama jika kamu memiliki bisnis skala kecil:

  • Membuat rencana untuk kampanye iklan Twitter
    Seperti halnya tujuan lain yang ingin kamu capai, mulailah dengan membuat rencana. Misalnya, jika kamu adalah organisasi non-profit pendidikan dan ingin mengumpulkan alamat email baru, kamu dapat membuat halaman arahan yang menawarkan PDF gratis tentang 'bagaimana mendapatkan beasiswa di universitas' yang berisi informasi berharga. Ketika audience ingin mengunduh PDF ini, kamu akan mendapat alamat email mereka, sehingga kamu dapat menargetkan ulang mereka melalui platform periklanan yang kamu gunakan.

  • Bekerja dengan strategi konten
    Kami sangat menyarankan agar strategi konten untuk tweet yang kamu bangun tidak terdengar berlebihan untuk penjualan atau memberikan kesan memaksa. Hal ini karena mayoritas tidak menikmati pemasaran mencolok di social media. Kamu akan mendapatkan lebih banyak dengan menampilkan keberagaman dalam tweetmu: beberapa tweet lucu, beberapa tweet berbasis berita, berbagi tautan atau berkomentar mengenai masalah yang menarik bagi target pasar-mu dan sebagainya.

  • Mengenali audience-mu luar dalam
    Dengan menggunakan social media management tool seperti Matamaya, kamu dapat mencari dan membangun audience khusus berdasarkan siapa yang diikuti oleh pengguna Twitter tertentu dan kata kunci yang terdapat dalam bio Twitter mereka. Dengan melihat dashboard daftar target audience, kamu dapat menyempurnakan piksel konversi Twitter lebih efektif. Dalam melakukan pengiklanan di Twitter dan platform social media lain, sangat ideal untuk benar-benar meneliti target demografis bisnismu dan memastikan bahwa iklan telah diarahkan sesuai preferensi mereka. Jika sebagian besar calon customer-mu saat ini tampaknya berada di wilayah tertentu, kamu bahkan dapat mengoptimalkan iklanmu untuk menerapkannya juga. Kamu dapat melihat metrik seperti jenis kelamin, lokasi geografis, dan kata kunci dengan bantuan Matamaya Twitter Analytics. Kamu juga dapat menentukan strategi penargetan yang tepat untuk tidak hanya menghasilkan prospek tetapi juga menghasilkan prospek yang berkualitas.

  • Menjadikan iklan Twitter menarik
    Iklan di Twitter terintegrasi dengan feed dan bahkan tidak terlihat seperti iklan, sehingga marketer harus memikirkan sesuatu yang benar-benar menarik perhatian. Kamu perlu menyiapkan beberapa insentif seperti memberikan sebuah cerita yang disertai video dalam iklan, karena keduanya memiliki performance terbaik. Selain menyertakan video yang menarik, kamu harus berusaha untuk memiliki beberapa tweet yang sangat menarik dalam satu kampanye. Hal ini karena dapat memberi algoritme Twitter lebih banyak opsi untuk dipilih. Kamu juga dapat membuat konten yang menarik selama 2 detik pertama dari iklan video apapun untuk dapat mendorong keterlibatan target audience-mu.

Setelah memahami 4 tips terkait bagaimana menciptakan iklan yang efektif, sekarang saatnya kamu untuk memulai. Kami telah merangkum Twitter ads tutorial cara memulai ke dalam langkah-langkah yang spesifik namun ringkas:

  1. Twitter Ads Account Setup
    Hal yang paling pertama saat kamu mengunjungi ads.twitter.com atau mengarahkan kursor ke fitur Twitter Ads adalah memilih negara asal dan time zone. Namun perlu dipahami, sebelum kamu dapat menggunakan akunmu,  Twitter akan mereviewnya terlebih dahulu apakah eligible untuk membuat ads di Twitter. Jika dinyatakan eligible, kamu akan langsung dapat mengakses fitur Ads Manager.

  2. Menambahkan Metode Pembayaran
    Kamu akan diarahkan untuk memilih metode pembayaran. Kamu tidak akan dikenakan biaya apapun sebelum campaign-mu dimulai. Satunya-satunya opsi metode pembayaran yang tersedia adalah dengan credit card. Kamu diharuskan untuk mengisi form yang menjelaskan source funding, mengisi nomor kartu kredit-mu dan Twitter akan memvalidasinya dalam hitungan detik.
     
  3. Membuat Iklan
    Ketika kamu sedang merancang iklan, kamu akan langsung ditanyakan tweet mana yang ingin kamu promosikan. Ada 2 tipe tweet yang dapat kamu promosikan, yakni tweet organik (tweet yang ada sebelumnya) dan promote-only (tweet baru untuk tujuan pengiklanan). Jika kamu ingin mempromosikan tweet organik, tidak ada langkah selanjutnya yang dibutuhkan. Namun, berbeda dengan tweet baru, kamu perlu mengatur beberapa hal terlebih dahulu.
      • Klik ikon “Compose” di sudut kanan atas Ads Manager. Kamu diberikan opsi untuk mengupload gambar atau video.
      • Pilih card type yang sesuai. Twitter Website Cards adalah jenis Twitter ad yang berfokus untuk mendapatkan audience atau visitor dari Twitter ke halaman web bisnismu. Twitter memiliki 2 tipe card, yakni website card dan app card.
      • Setelah menyelesaikan detail tentang card, kamu akan diarahkan pada campaign setup. Kamu akan ditanyakan terkait objective, dimana terdapat total 8 objectives seperti yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya. Setelah menentukan objective, kamu akan diminta untuk mengisi campaign detail dan ad group.
      • Setelah memberikan detail tentang campaign, Twitter akan mereviewnya. Jika campaign-mu dinyatakan lolos review, kamu akan langsung dapat melihat dashboard campaign performance analytics yang terdiri dari 4 metrik utama, yakni: campaign level, ad group level, ad level, dan audience level.

twitter analytics - Matamaya

 

Untuk mendukung campaign performance analytics-mu di Twitter, kamu juga dapat menggunakan Matamaya Twitter Analytics untuk melacak dan melihat metrik utama, seperti perolehan follower, impression, tingkat engagement, retweet, dan banyak lagi. Dengan menggunakan Matamaya, bisnismu akan terbantu membuat keputusan berdasarkan data tentang strategi Twitter campaign yang efektif. Berbekal advanced data dan analisis lanjutan yang tersedia, kamu dapat mengoptimalkan campaign untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih banyak follower tanpa harus menebak apakah rancangan strategi-mu akan berhasil atau tidak.

 

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.