Matamaya

Tips Memilih Social Media Monitoring Tools yang Tepat

Tips Memilih Social Media Monitoring Tools yang Tepat
23 April 2024
Tips Memilih Social Media Monitoring Tools yang Tepat  - strategi sosial media marketing - Matamaya

Mengelola kehadiran online menjadi semakin penting bagi bisnis di era digital ini. Salah satu aspek kunci keberhasilannya adalah memilih social media monitoring tools yang tepat. Dengan begitu banyaknya pilihan yang tersedia, menemukan  tools yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dapat menjadi tantangan tersendiri. 

Namun, dengan memahami beberapa tips penting dalam memilihnya, Anda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan efektif. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dalam memilih social media monitoring tools yang tepat untuk bisnis Anda:

 

7 Tips Memilih Social Media Monitoring Tools

  1. Tentukan tujuan dan kebutuhan Anda
    Langkah pertama dalam memilih social media monitoring tools adalah dengan menetapkan tujuan dan kebutuhan bisnis Anda. Hal ini diperlukan karena tidak tools bisa menyajikan layanan yang sesuai Anda butuhkan.

    Anda mungkin bisa mengidentifikasinya dengan mulai merinci kesulitan yang kamu alami saat melakukan monitoring. Misalnya, Anda kesulitan membandingkan performa pertumbuhan akun Anda dengan kompetitor, maka Anda membutuhkan social media monitoring tools yang mampu menyajikan data tersebut secara mendalam.

  2. Tinjau fitur yang tersedia
    Setiap tools memiliki fitur-fitur yang berbeda-beda. Pelajari fitur-fitur yang tersedia melalui informasi yang dicantumkan di website maupun media sosial tiap penyedia tools. Beberapa fitur yang umumnya tersedia dalam social media monitoring tools meliputi analisis pertumbuhan akun secara periodik, analisis konten, dan analisis demografi.

  3. Perhatikan ketersediaan data
    Pastikan bahwa tools yang Anda pilih dapat mengakses dan menganalisis data dari platform media sosial yang aktif Anda gunakan. Selain itu, perhatikan juga kemampuan tools tersebut dalam mengakses data historis dan kecepatannya dalam mendapatkan data yang kini tersedia.

  4. Pertimbangkan harga

    Pertimbangkan juga faktor harga ketika memilih social media marketing app. Pastikan bahwa tools sesuai dengan budget perusahaan dan sebanding dengan kualitasnya. Anda juga bisa membandingkan harga dari berbagai tools yang ada untuk mendapatkan harga terbaik.

  5. Cari ulasan dan rekomendasi
    Sebelum membuat keputusan akhir, cari ulasan dan rekomendasi dari pengguna lain atau ahli industri tentang tools yang ingin Anda pilih. Ulasan dari pengguna lain dapat memberikan wawasan yang berharga tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tools.

  6. Ajukan demo produk
    Setelah Anda memilih beberapa pilihan, hubungi penyedia tools tersebut untuk meminta sesi demo produk. Selama sesi demo, pastikan untuk bertanya tentang fitur-fitur utama, kemampuan analisis, integrasi dengan platform media sosial lainnya, maupun customer service yang disediakan.

  7. Uji coba sebelum berlangganan
    Terakhir, sebelum membuat keputusan pembelian, pastikan untuk melakukan uji coba atau percobaan. Anda bisa mendaftar uji coba gratis untuk mengeksplor fiturnya lebih dalam. Hal ini akan membantu Anda untuk memastikan bahwa tools tersebut mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, dan memberikan hasil yang diharapkan.

 

Rekomendasi Social Media Monitoring Tools

Matamaya merupakan social media monitoring tool yang mampu menyediakan dan menganalisis data dari berbagai platform media sosial (Instagram, Facebook, TikTok, X/ Twitter, YouTube, dan LinkedIn). Lewat datanya yang lengkap dan kemudahan mendapatkan report dalam format Excel dan PowerPoint secara otomatis Matamaya juga dapat membantu Anda memantau hal-hal berikut:

  • Performa tiap content pillar untuk mengetahui perbandingan efektivitas konten berdasarkan tiap objektif bisnis
  • Perbandingan performa dengan kompetitor guna menemukan kelemahan dan kekuatan masing-masing
  • Word cloud admin dan audiens untuk memahami ketepatan komunikasi admin dengan respon audiens Anda, dan masih banyak lagi

Penasaran dengan berbagai fitur lainnya? Jadwalkan demo dengan menghubungi kami terlebih dahulu atau langsung mencobanya secara gratis dengan mendaftar menggunakan akun Google ataupun media sosial Anda.

Copyright © Matamaya 2024. Allright reserved.