Matamaya

TikTok Analytics Tools for Business 2022

TikTok Analytics Tools for Business 2022
22 September 2022
TikTok Analytics Tools for Business 2022 - strategi sosial media marketing - Matamaya

TikTok sangat dikenal sebagai aplikasi yang didominasi oleh Gen Z dan kini telah menjadi social media platform yang sangat populer. Mengingat TikTok dapat digunakan secara luas, TikTok telah menjadi platform yang sangat baik bagi bisnis, influencer, dan untuk menjangkau customer di seluruh dunia. 

Sebuah riset mengatakan bahwa penggunaan TikTok di seluruh dunia meningkat 30% sejak orang-orang stay at home dan mencari hiburan cepat. Selain itu, ada peningkatan 18% dalam download. Aplikasi ini juga mengalami peningkatan sebesar 27% sejak 1 Maret hingga 23 Maret 2022 dibandingkan dengan bulan sebelumnya dengan total 6.2 juta download. Penelitian oleh Influencer Marketing Hub di 100.000 profil pengguna menunjukkan TikTok juga memiliki tingkat engagement tertinggi dengan rata-rata 7.7% dibandingkan dengan Facebook dan Instagram.

Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif di TikTok, kekuatan platform ini sebagai marketing channel tidak dapat diragukan. TikTok juga memiliki algoritme yang unik sehingga memberikan setiap video peluang yang sama untuk menjadi viral setelah video tersebut dipublikasikan. Untuk dapat mencapai tersebut, ada beberapa tool yang dapat kamu gunakan bersama dengan TikTok guna meningkatkan kinerja akunmu, yakni TikTok Analytics tools.

 

Apa itu TikTok Analytics

Apa itu TikTok Analytics - Matamaya

TikTok analytics adalah fitur yang memungkinkan kamu mengukur audience, follower, dan data penting lainnya yang mempengaruhi popularitas profilmu. Alat analitik akun TikTok sangat penting untuk strategi pemasaran TikTok yang sukses dan menyediakan cara melihat analitik TikTok. Berikut adalah beberapa manfaat penting dari TikTok Analytics Tools:

  1. TikTok analytics membantu kamu memahami kinerja konten TikTok.
  2. TikTok analytics memungkinkan kamu mengidentifikasi jenis konten yang akan disukai audiencemu.
  3. TikTok analytics akan memungkinkan kamu mengetahui waktu terbaik untuk memposting untuk memperoleh keterlibatan maksimum.

TikTok Analytics for Business

Semakin banyak brand populer memutuskan untuk meningkatkan budget marketing ads di TikTok pada tahun 2022 dan mengarahkan tim internal mereka untuk menyaksikan perubahan signifikan terhadap TikTok ads. Apa yang membuat marketer memindahkan budget ads mereka ke TikTok? 

Menurut beberapa sumber, hal ini karena TikTok dapat memberikan peningkatan audience dan kualitas engagement kampanye yang pada akhirnya mengarah pada pembelian atau konversi. TikTok tidak hanya fokus menghadirkan konten yang paling relevan ke Page for You, namun, dapat membantu marketer dalam memanfaatkan kampanye TikTok ads mereka.

Seperti yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya, algoritma TikTok sangat efektif untuk konten organik dan berbayar. Hal ini karena content curation TikTok mengacu pada tujuan platform, yakni kemampuan untuk ditemukan, originalitas, dan koneksi. Karena jumlah platform user dan waktu yang dihabiskan untuk TikTok meningkat, maka algoritma TikTok menjadi inovatif dalam merekomendasikan dan mendistribusikan kampanye ads. Itulah mengapa menggunakan TikTok merupakan salah satu cara efektif untuk ads marketing.

Berikut kami telah menyusun beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh dengan TikTok Ads Analytics, antara lain:

  • Penargetan Lokasi TikTok

TikTok Analytics memungkinkanmu untuk mengirimkan kampanye ke audience di area tertentu seperti kota, negara, wilayah, kabupaten, distrik, negara bagian, hingga komunitas perkotaan. 

  • Penargetan Interest

TikTok Ads Analytics dapat membantu brand dalam menemukan audience yang tepat melalui Interest Targeting. Jenis penargetan TikTok Ads ini menekankan perilaku users saat terlibat dengan berbagai jenis konten. Hal ini karena algoritme TikTok dapat memahami interest jangka panjang users dan aktivitas platform yang konsisten sehingga membuat penargetan TikTok dapat menjangkau audience yang relevan. 

 

Manfaat Menggunakan TikTok Analytics

Manfaat Menggunakan TikTok Analytics - Matamaya

TikTok Analytics tool dapat membantu menjawab bagaimana kamu memastikan apakah strategi yang kamu terapkan benar-benar diarahkan pada target audience. Dengan melacak metrik dan indikator kinerja utama di seluruh konten TikTok, kamu tidak hanya akan dapat menjawab pertanyaan di atas, tetapi juga akan mengetahui apakah kamu sudah berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan ads dengan TikTok.

Satu hal yang pasti, TikTok Analytics tools sudah sangat banyak tersedia di pasar dan setiap tools memiliki keunggulan masing-masing. Setiap tools tentu saja akan meneriakkan “peluang” bagi marketer yang ingin brandnya dapat menarik basis pengguna TikTok yang didominasi gen Z. Jika kamu ingin mendapatkan insights tingkat lanjut, kamu dapat coba menggunakan analytics eksternal. Ada beberapa platform yang menyediakan advanced TikTok Analytics, salah satu nya adalah Matamaya. Matamaya TikTok Analytics tools dapat menyediakan insights dan analytics lebih lanjut terkait hashtag, influencer, competitor, content performance, dan wordcloud.

Dalam TikTok Analytics Tools, kamu akan dapat memperoleh data-data dasar yang berharga untuk menjalankan iklanmu di TikTok. Namun perlu diingat, kualitas data yang kamu kumpulkan akan mempengaruhi kualitas dan reliabilitas data TikTok yang kamu dapatkan saat menggunakan TikTok yang pada akhirnya mempengaruhi penilaian kinerja kampanye. 

TikTok analytics yang disediakan oleh platform TikTok dibagi menjadi empat kategori utama, yakni overview, content, follower, dan live. Berikut penjabaran singkatnya:

  • Overview Analytics
    Di tab overview, kamu akan melihat analitik bulan, minggu, atau dua bulan terakhir, atau kamu dapat memilih jangka waktu tanggal yang disesuaikan. 
  • Content Analytics
    Tab ini menampilkan video mana yang telah kamu upload yang paling populer untuk jangka waktu tertentu. Tab ini juga menawarkan informasi tentang setiap postingan, termasuk statistik seperti view, komentar, likes, dan share.
  • Follower Analytics
    Tab follower dapat memberimu informasi tentang follower, seperti analisis gender dan wilayah yang mereka lihat. Tab ini juga dapat memberi tahu kamu follower mana yang paling aktif di aplikasi.
  • Live Analytics
    Tab ini memberikan insights tentang video streaming langsung yang kamu lakukan dalam sebulan atau seminggu terakhir (7 atau 28 hari). Statistik ini mencakup jumlah follower, jumlah waktu kamu aktif dalam seminggu terakhir, dan jumlah diamonds yang kamu terima.

 

Sources Utama TikTok

Sources Utama TikTok - Matamaya

Untuk menggunakan TikTok Analytics Tool secara efektif, maka penting bagimu untuk memahami sources apa yang dapat kamu gunakan untuk mengumpulkan data. Secara umum ada tiga sources yang dapat memberi kamu data yang dibutuhkan:

  • Dashboard Analytics
    TikTok Analytics Tool pada umumnya menyediakan dashboard analytics yang dapat mengumpulkan berbagai insights basic seperti jumlah follower yang dimiliki channelmu, jumlah likes dan shares, jumlah view, dan banyak lagi.
  • Komentar dan Hashtag Analytics
    Untuk data yang lebih kaya terkait customer experience analysis yang lebih rinci saat menggunakan TikTok, kamu membutuhkan insights yang ditemukan dalam komentar dan hashtag. TikTok Analytics Tools-mu dapat menganalisisnya menggunakan analisis teks.
  • Video Analytics
    Karena TikTok adalah platform berbagi video, dapat dipahami bahwa insights paling berharga akan datang dari konten video. Di sini, TikTok Analytics Tool akan menggunakan analisis konten video untuk mengekstrak insights ini dan menginformasikan strategi yang kamu gunakan untuk meningkatkan pengalaman customer.

Untuk menggunakan TikTok Analytics Tool secara efektif, maka penting bagimu untuk memahami sources apa yang dapat kamu gunakan untuk mengumpulkan data. Secara umum ada tiga sources yang dapat memberi kamu data yang dibutuhkan: Dashboard Analytics TikTok Analytics Tool pada umumnya menyediakan dashboard analytics yang dapat mengumpulkan berbagai insights basic seperti jumlah follower yang dimiliki channelmu, jumlah likes dan shares, jumlah view, dan banyak lagi. Komentar dan Hashtag Analytics Untuk data yang lebih kaya terkait customer experience analysis yang lebih rinci saat menggunakan TikTok, kamu membutuhkan insights yang ditemukan dalam komentar dan hashtag. TikTok Analytics Tools-mu dapat menganalisisnya menggunakan analisis teks. Video Analytics Karena TikTok adalah platform berbagi video, dapat dipahami bahwa insights paling berharga akan datang dari konten video. Di sini, TikTok Analytics Tool akan menggunakan analisis konten video untuk mengekstrak insights ini dan menginformasikan strategi yang kamu gunakan untuk meningkatkan pengalaman customer.

Copyright © Matamaya 2021. Allright reserved.